Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Memilih Anakan Cendet Jantan

TIPS CARA MEMILIH ANAKAN CENDET JANTAN

Cara Memilih Anakan Cendet Jantan – Burung Cendet berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur,  Blora dan Jawa Barat. Cendet hidup di daerah yang memiliki suhu panas, dan sangat suka berjemur dibawah terik sinar matahari secara langsung.

Burung Cendet merupakan burung yang bisa di bilang mudah birahi. dan sangat mudah bereaksi, seperti ketika melihat lawan jenis burung ini akan seperti ingin mengawininya. Dan apabila bertemu dengan sesama jenis, biasanya burung ini akan mengajak burung itu bertarung. Dikarenakan burung ini adalah burung yang hidup sendiri-sendiri atau tidak bergerombol seperti burung koloni.

Burung Cendet adalah burung yang sering kita sebut dengan burung Pentet (toet). Dan burung ini adalah salah satu burung predator bagi burung serta hewan kecil lainnya seperti tikus, ulat, katak dan lainnya. Sobat kicau tau tentang cara memilih anakan burung Cendet yang bagus dan berkualitas? Dibawah ini akan ada beberapa cara memilih anakan Cendet jantan.

Cendet adalah burung yang memiliki jiwa petarung serta tingkat kecerdasan yang tinggi. bahkan burung ini dapat menirukan berbagai macam suara burung, hewan bahkan menirukan benda disekitarnya.

Cara Memilih Anakan Cendet Jantan Bagus dan Berkualitas

Kembali lagi pada pokok pembahasan tentang cara memilih anakan Cendet jantan yang memiliki kualitas bagus. Dimana membedakan anakan Cendet jantan dan betina jauh lebih sulit dibandingkan dengan cara membedakan Cendet Jantan dan betina yang sudah dewasa.

Cara Memilih Cendet Jantan

Cara memilih Cendet anakan yang berjenis kelamin jantan, kalian perlu memperhatikan dari beberapa hal di bawah ini.

1. Sayap

Sayap Cendet anakan

Pilihlah burung cendet yang memiliki slip yang berwrna putih bersih pada kedua sayapnya. Dan posisi sayapnya mengapit rapat atau tidak nglempeh. Hal itu merupakan ciri anakan Cendet yang sudah pasti berjenis kelamin jantan. Jika sayap tidak mengapit rapat atau nglempeh itu biasanya berjenis kelamin betina.

2. Mata

Mata Cendet Anakan dengan Jenis Kelamin Jantan

Cara memilih anakan Cendet selanjutnya yaitu pilihlah anakan Cendet yang memiliki mata besar serta terlihat melotot. Dari hal tersebut merupakan ciri khas anakan Cendet dengan kualitas yang bagus.

3. Postur Tubuh

Postur Tubuh Cendet anakan

Pilihlah anakan burung Cendet yang memiliki body atau postur badan besar dan panjang serta terlihat gagah. Jika, postur badannya kecil dan terlihat tidak gagah itu mendandakan burung tersebut berjenis kelamin betina.

4. Alis atau Topeng

Anakan Cendet Jantan jika dilihat dari bentuk alis atau topengnya

Anakan burung Cendet yang memiliki alis hitam pekat dan tebal di sekeliling matanya merupakan sebagian dari ciri khas Cendet jantan. Karena, anakan Cendet betina pada umumnya memiliki alis yang berwarna kusam.

5. Warna Bulu

Warna Bulu Cendet Anakan Berjenis Kelamin Jantan

Kamudian, yang perlu kalian lihat adalah anakan Cendet jantan biasanya memiliki warna bulu kotras dan mencolok. Memiliki warna kontras antara coklat, hitam, dan juga putih. Jangan memilih anakan Cendet yang bulunya berwarna kusam itu merupakan ciri anakan Cendet betina.

6. Kepala

Bentuk Kepala Cendet Jantan

Cara memilih anakan Cendet selanjutnya adalah, diharuskan kalian pilih anakan Cendet yang memiliki bentuk kepala agak cepak, besar dan tebal. Hal ini menunjukan bahwa, anakan Cendet tersebut memiliki kualitas yang bagus.

7. Ekor

Ekor Cendet anakan Berwarna Hitam pekat

Anakan Cendet jantan memiliki ekor berwarna hitam pekat. Jangan pilih anakan Cendet yang memiliki warna bulu kusam. Karena, jika bulunya memiliki warna yang memudar itu menunjukan sebagian dari ciri-ciri Cendet anakan dengan jenis kelamin betina.

8. Kesehatan

Kesehatan Cendet Anakan

Pilihlah anakan burung Cendet yang gerakannya lincah, serta memiliki nafsu makan yang tinggi. Karena, ini memandakan burung yang sehat serta memiliki mental yang baik.

9. Kaki

Kaki Cendet Anakan

Pilih anakan burung Cendet yang memiliki cengkraman kaki kuat. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap mental yang baik saat usianya beranjak dewasa.

10. Cara Bertengger

Cara Bertengger

Anakan burung Cendet jantan memiliki cara bertengger yang tegak dan terlihat gagah. dikarenakan jika dibandingkan dengan burung Cendet betina biasanya memiliki cara bertengger yang cenderung ngebebek atau setengah duduk.

Akhir Kata

Diatas ini adalah cara memilih anakan cendet jantan yang sehat dan juga prospek. Pada dasarnya burung Cendet jantan adalah burung yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan yang berjenis kelamin betina.

Maka dari itu sobat kicau perlu memilih anakan cendet jantan, karena burung tersebut memiliki mental bertarung yang baik. Demikian yang dapat birdsny.com sampaikan mengenai cara memilih anakan Cendet jantan. Terimaksih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *