Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Cara Merawat Prenjak Tangkapan Agar Tidak Mati & Cepat Gacor!!

Cara Merawat Prenjak Tangkapan

Cara Merawat Prenjak Tangkapan – Sebagaimana diketahui, Prenjak merupakan salah satu jenis burung mungil yang kerap beterbangan di sekitar rumah. Biasanya mereka saling bersahut-sahutan dengan suara yang sangat merdu, nyaring dan terdengar kompak bersama pasangannya.

Memang benar jika saat ini kelas lomba Prenjak belum banyak dibuka disetiap latber ataupun latpres. Meskipun demikian, seiring berjalannya waktu peminat Prenjak terus meningkat. Bahkan beberapa orang sering menangkap burung tersebut dari alam liar untuk dirawat.

Berbicara mengenai tangkapan Prenjak dari alam liar, tentunya pemiliknya juga perlu mengetahui bagaimana tata cara perawatannya dengan benar. Dimana perawatan ini diperlukan supaya nantinya Prenjak bisa mengeluarkan suara yang merdu sehingga bisa dilombakan.

Perlu diketahui, merawat Prenjak hasil tangkapan dari alam liar sebenarnya membutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sedikit penjelasan mengenai cara merawat Prenjak tangkapan agar tidak mati dan mau buka paruh lagi.

Habitat Burung Prenjak

Habitat Burung Prenjak

Sebelum pembahasan utama mengenai cara merawat Prenjak tangkapan berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai sekilas ulasan habitat aslinya. Biasanya Prenjak lebih suka bertengger pada ranting-ranting pohon di alam sekitar.

Prenjak biasa ditemukan di area semak-semak belukar, padang ilalang, kebun, pekarangan, tepi sawah, tepi rawa ataupun tepi hutan. Secara garis besar, Prenjak liar seringkali tampak tidak peduli dengan aktivitas sekitar sehingga seperti tidak takut orang.

Makanan Burung Prenjak

Makanan Burung Prenjak

Jenis makanan Prenjak di alam bebas sebenarnya sama antara Prenjak betina ataupun jantan. Makanan Prenjak di alam bebas sendiri yaitu seperti ulat, belalang, capung ataupun serangga kecil lainnya. Jika kalian belum mengerti apa perbedaan Prenjak betina dan jantan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana CARA MEMBEDAKAN PRENJAK JANTAN DAN BETINA.

Cara Merawat Prenjak Tangkapan

Seperti dijelaskan sebelumnya, merawat prenjak tangkapan dari alam liar memang membutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara merawat Prenjak tangkapan supaya tidak mati dan mau buka paruh lagi.

1. Gantung Prenjak di Tempat Sepi

Gantung Prenjak di Tempat Sepi

Cara pertama dalam merawat Prenjak tangkapan yaitu gantung sangkar di tempat yang nyaman dan sepi serta terhindar dari gangguan binatang predator lain. Dimana penggantungan sangkar di tempat sepi ini bertujuan supaya Prenjak merasa nyaman sehingga bisa segera beradaptasi dengan lingkungan barunya.

2. Kandang Full Kerodong

Kandang Full Kerodong

Dalam 3 sampai 4 hari pertama penangkapan Prenjak, usahakan sangkar dalam keadaan full kerodong. Cara ini bertujuan supaya Prenjak tidak mudah kaget sehingga dapat merasa nyaman serta cepat beradaptasi. Pasalnya, Prenjak tangkapan umumnya kelabakan serta loncat-loncat di salam sangkar ketika melihat manusia.

3. Suplai Makanan Prenjak

Suplai Makanan Prenjak

Makanan burung Prenjak di alam bebas ialah serangga-serangga kecil. Oleh sebab itu, berilah Prenjak makanan serangga kecil seperti ulat kandang, ulat hongkong, jangkrik kecil, kroto dan lain sebagainya secara rutin selama masa full kerodong.

4. Biarkan Prenjak Mandi Sendiri

Biarkan Prenjak Mandi Sendiri

Cara merawat Prenjak hasil tangkapan selanjutnya yaitu membiarkannya untuk mandi sendiri. Hal ini perlu dilakukan karena Prenjak masih dalam kondisi stres. Jadi, kalian hanya perlu menyediakan makan dan minum saja di dalam kandang. Untuk tempat air minumnya sebaiknya gunakan cepuk yang lumayan besar supaya bisa digunakan untuk mandi Prenjak.

5. Latih Prenjak Makan Pakan Konsentrat

Latih Prenjak Makan Pakan Konsentrat Cara Merawat

Jika Prenjak tangkapan sudah berada di dalam sangkar selama 4 sampai 4 hari, cara merawat selanjutnya yaitu dengan mengajarinya makan pakan konsentrat (fur). Tata cara pemberiannya yaitu campurkan makanan seperti serangga kecil dengan pakan konsentrat.

Sebaiknya tambah porsi pakan konsentrat sedikit demi sedikit setiap harinya sampai Prenjak mau makan pakan konsentrat secara total. Perlu diingat bahwa meskipun Prenjak sudah mau makan pakan konsentrat secara total, kalian juga tetap harus memberinya makan serangga sebagai makanan utamannya.

6. Perawatan Harian Prenjak

Merawat Harian Prenjak

Setelah semua cara perawatan Prenjak tangkapan di atas sudah dilakukan, tahap selanjutnya yaitu tinggal melakukan perawatan harian. Kalian bisa melakukan perawatan dengan cara memperdengarkan SUARA BURUNG PRENJAK supaya bisa mengeluarkan kicauan sesuai keinginan.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa langkah-langkah merawat Prenjak tangkapan dari alam liar membutuhkan adanya ketelatenan serta kesabaran. Hal ini perlu dilakukan supaya Prenjak mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya, dalam hal ini yaitu di dalam sangkar atau kandang.

Itulah sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar cara merawat Prenjak tangkapan dari alam liar supaya tidak mati dan mau buka paruh kembali. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan perawatan Prenjak dari hasil tangkapan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *