Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Memikat Burung Dengan Pulut

Cara Memikat Burung dengan Pulut

Cara Memikat Burung Dengan Pulut – Cara memikat burung di alam liar bukanlah menjadi hal mudah. Untuk melakukannya perlu ketlatenan beserta dengan tingkat kesabaran yang cukup.

Biasanya para pemikat di alam liar lebih menyukai burung berjenis pleci, kolibri, trucukan, dan lain sebagainya. Dengan alasan, beberapa jenis tersebut bisa diperoleh secara mudah.

Setelah mendapatkan hasil tangkapan, mereka langsung menjualnya di pasar burung tradisional. Itulah kegiatan sehari-hari pemikat burung kicauan di lingkungan rumahnya.

Selain memerlukan kesabaran saat memikat, mereka juga harus konsisten dengan melakukan misinya yaitu menangkap burung. Jika tidak, maka tahapan memikat bisa gagal.

Bahan dan Perlengkapan

Cara Memikat Burung dengan Pulut 
 Ini Bahan dan Perlengkapannya

Sebelum memikat burung, tentukan terlebih dahulu menggunakan bahan apa untuk dijadikan alat pikat. Misalnya pulut atau bahan lainnya, silahkan persiapkan terlebih dahulu.

Pulut

Cara Memikat Burung dengan Pulut Menyiapkan Pulut

Langkah pertama yaitu dengan mempersiapkan terlebih dahulu pulut yang akan digunakan. Siapkan secukupnya saja, jangan terlalu banyak agar tidak sia-sia.

Pulut tersebut dipastikan sudah mendapatkan tahapan pengolahan sebelumnya. Sehingga pulut bisa lebih lengket dan tidak mudah melepaskan cengkeraman burung.

Bilah

Cara Memikat Burung dengan Pulut 
 Menyiapkan Bilah

Untuk memudahkan kalian dalam menempatkan pulut, silahkan bisa menyiapkan bilah terlebih dahulu. Alat tersebut berupa kayu atau tiang lentur untuk mempermudah penempatan pulut.

Wadah

Cara Memikat Burung dengan Pulut 
 Menyiapkan Wadah

Siapkan wadah pula sebelum melakukan penangkapan di alam bebas. Sebab, nantinya kalian akan memerlukan tempat untuk hasil yang kalian dapatkan.

Itulah beberapa peralatan serta bahan yang perlu kalian persiapkan ketika ingin memikat di alam bebas dengan menggunakan pulut. Lakukan pemikatan dengan kesabaran, sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal.

Cara Memikat Burung Dengan Pulut

Cara Memikat Burung dengan Pulut

Setelah mempersiapkan bahan serta alat pikat, langkah selanjutnya yaitu untuk mengetahui bagaimana cara memikat dengan menggunakan pulut. Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Pilih Tempat yang Sesuai

Cara Memikat Burung dengan Pulut 
 Pertama Yaitu Pilih Tempat yang Sesuai

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah memilih atau menentukan tempat. Dengan memastikan bahwa tempat tersebut merupakan sarang atau area yang banyak disinggahi burung.

Biasanya memiliki suasana tenang, dekat dengan air terjun, serta pepohonan rindang. Itulah situasi tempat yang sering dihuni oleh kawanan atau sekelompok burung.

2. Persiapkan Alat Pikat

Cara Memikat Burung dengan Pulut 
 Yaitu Persiapkan Alat Pikat

Langkah kedua yaitu dengan mempersiapkan peralatan pikat, seperti yang sudah singgung diatas. Diantaranya yaitu pulut, bilah, dan wadah untuk menempatkan hasil pikatan.

3. Pasang Alat Pikat

Cara Memikat Burung dengan Pulut 
 Selanjutnya Memasang Alat Pikat

Jika peralatan serta tempat sudah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya yaitu dengan memasang alat pikat tersebut. Pemasangan bisa dilakukan pada beberapa titik-titik tertentu.

Cara ini bertujuan agar burung bisa terperangkap dengan jumlah lebih dari satu. Lebih banyak alat pikat terpasang, maka akan semaking banyak pula kesempatan mendapatkan hasil pikat.

4. Tunggu Hingga Berhasil

Tunggu Hingga Berhasil

Setelah alat pikat berhasil dipasangkan, maka selanjutnya kalian hanya tinggal menunggu hasilnya. Jika sudah terdapat burung yang terkena jeratan pulut, langsung saja kalian bisa ambil dan memasukan ke wadah.

Itulah beberapa tahapan dalam memikat burung dengan pulut. Ikuti setiap tahapan diatas supaya bisa mendapatkan hasil maksimal, serta tidak terdapat kendala.

Cara Memasang Pulut Yang Benar

Cara Memasang Pulut yang Benar

Pemasangan pulut pada bilang saat akan memikat juga harus dilakukan dengan benar. Tahukah kalian bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya silahkan langsung simak ulasannya berikut ini.

1. Siapkan Bilah

Siapkan Bilah Untuk Memikat Burung Dengan Pulut

Cara pertama yaitu dengan menyiapkan bilah lentur, biasanya berbahan dasar dari bambu muda. Bentuklah seperti lidi dengan panjang minimal 30 hingga 50 cm saja.

Penggunaan bambu muda yaitu untuk menjaga agar lebih kuat dan lentur. Dengan begitu, saat nanti mendapatkan burung berukuran besar pastikan tidak mudah patah.

2. Siapkan Pulut

Memikat Burung Dengan Mulut Lalu Siapkan Pulut

Setelah menyiapkan bilah, maka selanjutnya kalian bisa mengambil pulut. Pulut sendiri diharuskan melalui tahapan pengolahan terlebih dahulu, sehingga bisa memiliki daya kelengketan cukup bagus.

3. Basahi Bilah Menggunakan Air

Basahi Bilang Menggunakan Air

Sebelum membaluti dengan pulut, lebih baik dibasahi menggunakan air bersih. Sehingga nantinya saat sudah kering atau mulai lengket tidak susah saat menangkatnya.

4. Lilitkan Pulut ke Bilah

Lilitkan Pulut ke Bilah

Kemudian, silahkan kalian bisa lilitkan pulut pada bilah dengan cara memutar. Apabila nantinya sudah ada burung yang menempel, maka dapat dipastikan tidak akan kembali terlepas.

5. Pastikan Bilah Terlapisi

Cara Memikat dengan Pulut 
 Memastikan Bilah Terlapisi

Perhatikan kembali apakah lilitan sudah benar-benar merata atau belum dengan alat pikat. Pastikan seluruh bagian terbalut dengan pulut, agar bisa memperkuat daya tarik dari pulut tersebut.

Itulah tata cara yang baik saat kalian ingin memasang pulut pada bilah saat akan memikat dialam liar. Jika pemasangan pulut tersebut dilakukan dengan baik-baik, maka bisa dipastikan akan dapat menghasilkan kualitas alat pikat yang lebih bagus.

Waktu Yang Tepat Memikat Burung Pakai Pulut

Waktu yang Tepat Memikat Burung dengan Pulut

Cara memikat dengan pulut tentunya memiliki waktu paling tepat, serta batasannya. Diantaranya yaitu pagi hari, sore hari, dan juga pada malam hari, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini.

Pagi Hari

Cara Memikat dengan Pulut 
 Pagi Hari

Memikat dengan pulut pada waktu pagi hari lebih baik dilakukan pada jam 07.00 hingga 10.00 saja. Saat tersebut posisi matahari belum terlelu panas sehingga lebih tepat untuk kelengketan pulut.

Dengan waktu tersebut masih banyak burung mencari makan serta berterbangan. Karena, suasananya masih sejuk atau tidak terlalu panas untuk terbang kesana kemari.

Jika pemikatan dilakukan pada pukul 12.00, maka terik matahari sudah terlalu panas, sehingga dapat menyebabkan mengeringnya pulut dan tidak bisa digunakan untuk memikat.

Sore Hari

Cara Memikat dengan Pulut 
 Sore Hari

Kemudian, jika kalian memikat pada waktu sore hari lebih baik dilakukan pada jam 3 hingga 5 sore. Sebab, saat tersebut burung kembali mencari makan, banyak hinggap di ranting pepohonan.

Cara pemilihan waktu tersebut juga bisa diartikan dengan terik matahari sudah tidak terlalu panas. Sehingga pulut bisa tetap lengket dan tidak mengeras atau kering.

Malam Hari

Cara Memikat dengan Pulut Malam Hari

MEMIKAT BURUNG MALAM HARI juga bisa dijadikan refrensi kalian. Sebab, pada malam hari burung sudah bertengger di tempat tidurnya untuk beristirahat dengan santai.

Tidak perlu repot mencari-cari dan mengejar, pastinya dapat dengan mudah untuk menangkapnya. Hanya dengan menyodorkan alat yang sudah di beri pulut padanya, sehingga bisa langsung menempel.

Itulah beberapa waktu paling tepat untuk memikat dengan menggunakan pulut. Hal terpentingnya adalah suhu panas tidak terlalu tinggi, agar tidak menyebabkan mengeringnya pulut tersebut.

Akhir Kata

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai cara memikat burung dengan pulut. Lengkap beserta bahan peralatan, tips memikat, langkah memasang pulut, hingga waktu yang tepat untuk memikat burung dengan menggunakan pulut. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Anis Merah Bunyi Crit

Hidayat
3 min read

Cara Membuat Kacer Teler

Hidayat
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *