Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Menangkap Burung Perkutut Malam Hari

Cara Menangkap Burung Perkutut Malam Hari

Cara Menangkap Burung Perkutut Malam Hari – Perkutut adalah salah satu jenis burung peliharaan yang masih digemari hingga saat ini. Selain perawatannya mudah, suaranya anggun merdu menjadi daya tarik tersendiri.

Burung tersebut memiliki sisi mistis cukup kental, banyak dipercayai orang jaman dahulu atau tertua. Kepercayaan mengenai adanya tuah seperti dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya.

Kemudian, untuk harganya sendiri ternyata masih bisa dibilang cukup murah. Karena, banyaknya pemikat perkutut di alam liar, bisa menghasilkan dengan jumlah banyak setiap harinya.

Apa saja perlengkapan untuk memikat burung perkutut? Pastinya yaitu alat untuk memikat, baik itu menggunakan sangkar jebak, pulut, atau pun menggunakan peralatan lainnya.

Perlengkapan Yang Dibutuhkan

Perlengkapan yang Dibutuhkan

Berbicara mengenai perlengkapan atau peratalan yang dibutuhkan, pastinya memerlukan alat penjebakan. Untuk mengetahui perlengkapan apa saja yang digunakan untuk memikat di malam hari, silahkan langsung simak pembahasan seperti berikut ini :

1. Persiapkan Jaring

Persiapkan Jarin

Cara menangkap pertama biasanya memerlukan jaring berukuran memanjang. Hal tersebut biasa dilakukan para pemikat di alam liar, terutama pada malam hari.

Penggunaannya juga cukup mudah, caranya hanya dengan mengaitkan jaring ke tiang dan ditancapkan di kedua sisi tempat penjebakan. Kemudian, biarkan ia terbang dan terperangkap dengan sendirinya di jaring penjebakan saat terbang di malam hari.

2. Pulut atau Getah

Pulut atau Getah

Peralatan untuk menangkap selanjutnya yaitu seperti pulut atau getah yang sudah melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Sehingga pulut mampu menahan perkutut saat terperangkap dengan baik.

Cara menangkap di malam hari sendiri dapat dibilang cukup mudah, yaitu hanya dengan melilitkan pilit ke bilah lentur. Kemudian, letakan bilah tersebut ditempat penjebakan.

Saat terbang dan hinggap di bilah tersebut, maka akan bisa dipastikan dapat menempel dengan kuat pada pulut. Cara ini sering digunakan sebagai alat menangkap tradisional.

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa menangkap dengan cara ini dapat menimbulkan kerusakan pada bulunya. Itulah salah satu kelemahan menangkap burung dengan cara satu ini.

3. Kandang Pikat

Cara Menangkap Burung Perkutut Malam Hari Pertama dengan Kandang Pikat

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam menangkap perkutut, terutama di malam hari yaitu bisa menggunakan kandang pikat. Kandang pikat sendiri memiliki manfaat tersendiri untuk mempermudah cara menangkap perkutut di malam hari.

Saat menggunakan kandang jebak untuk menangkap perkutut, biasanya juga memerlukan pejantan gacor dan juga betina untuk menarik perhatian perkutut liar. Sehingga, bisa langsung mendekati dan terperangkap dengan baik.

Kelebihan menggunakan cara ini yaitu pemikat bisa memilih, dengan memantau terlebih dahulu SUARA BURUNG PERKUTUT. Sedangkan untuk kekuranganya yaitu hanya bisa menangkap satu ekor saja dalam satu kali penjebakan.

4. Senter Untuk Pencahayaan

Senter Untuk Pencahayaan

Jika waktu penangkapan dilakukan di malam hari, maka senter juga dibutuhkan untuk media pencahayaan. Cara ini bertujuan untuk memudahkan dalam melihat saat perkutut berhasil terperangkap.

Itulah beberapa peralatan saat akan memikat di malam hari. Siapkan alat-alat tersebut sebelum memulai penangkapan, untuk bisa mendapatkan hasil maksimal.

Cara Menangkap Burung Perkutut Malam Hari

Cara Menangkap Perkutut di Malam Hari

Terdapat beberapa tips yang perlu sobat tahu dalam menangkap di malam hari. Saat itu, bukan perkutut menghampiri sobat, tapi kalian yang harus menghampirinya.

Cara ini dapat dibilang cukup ampuh digunakan menangkap burung di malam hari, sebab malam hari pastinya waktunya tertidur pulas. Sehingga sobat bisa menangkap dengan mudah.

1. Mencari Tempat yang Tepat

Mencari Tempat yang Tepat

Cara menangkap pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari tempat penangkapan terlebih dahulu. Tempat diimana terdapat banyak yang bertengger dan berterbangan di sana.

Biasanya lebih menyukai di tempat dengan pepohonan rimbun serta memiliki hawa lembab. Namun, perlu kejelian dalam melakukan pemantauan tempat tidurnya.

2. Pantau Sejak Pukul 17.30

Pantau Sejak Sore Hari

Namun, jika kalian masih belum yakin bahwa tempat tersebut bukanlah tempat tidurnya, maka lebih baik mata-matai terlebih dahulu tempat tersebut sebelum melakukan penangkapan.

Lebih tepatnya pemantauan dilakukan sekitar pada pukul lima sore. Perhatikan secara diam-diam pepohonan disekitar kalian. Jangan sampai mereka melihat kalian, sebab akan membuatnya pergi.

Lihatlah ketika ada yang melintas dan ikuti, sehingga tau dimana letak atau tempat tidurnya berada. Untuk nantinya dilakukan penangkapan pada saat malam hari.

3. Persiapkan Alat Jebak

Cara Menangkap Perkutut MalamHari Selanjutnya adalah Siapkan Alat Penangkapan

Sebelum berangkat menangkap di malam hari, persiapkan terlebih dahulu peralatannya. Jika sobat menggunakan pulut, maka lilitka ke bilah lentur atau pun tongkat panjang.

Dengan cara membalutkan pulut ke setiap bagian bilah tersebut hingga merata. Tujuannya yaitu agar bisa memberikan efek lengket secara keseluruhan pada bagian bilah atau media penjebakan.

Persiapkan sesuai kebutuhan saja, jangan terlalu banyak. Secara umum dilakukan supaya bisa tetap lestari dan tidak mudah punah. Cara ini berlaku bukan hanya untuk sobat, akan tetapi untuk semua pemikat di alam bebas.

4. Penangkapan Pukul 20.00

Cara Penangkapan Burung Perkutut Malam Hari

Setelah menyiapkan peralatan menangkap, maka selanjutnya adalah melakukan pemburuan ke lokasi. Sembari melihat-lihat apakah sudah tidur atau belum.

Waktu paling tepat menangkap perkutut adalah pukul delapan malam. Sebab, saat itu pastinya sudah mulai bertengger di dahan pohon dan beristirahat.

5. Mencari Keberadaan dan Tangkap

Cara Menangkap Burung Perkutut Malam Hari Seperti Mencari Keberadaan dan Tangkap

Tetaplah konsisten untuk mencari keberadaannya, gunakan senter supaya memberikan cahaya. Biasanya terlihat di baik dedaunan rumpun serta gelap mereka tertidur.

Jika sudah menemukan lokasi perkutut beristirahat, maka kalian bisa langsung menangkapnya dengan cara menggunakan pulut serta peralatan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Caranya yaitu mendekati perkutut yang sudah tertidur pulas dengan hati-hati saat menangkap dan jangan sampai membuatnya terkejut. Jika sudah dapat, lepaskan bagian menempel ke pulut secara pelan.

Cara ini dilakukan supaya tidak terjadi kerusakan atau tercabutnya bulu secara paksa. Hal tersebut tidak baik baginya, lalu masukannya ke wadah dengan cara memegang bagian tubuhnya.

Simpan burung didalam sangkar yang sudah disiapkan sebelumnya, tidak lupa untuk menyiapkan makanan serta minum, supaya bisa kembali sehat dan tidak mengalami stress sewaktu menangkapnya.

Itulah beberapa cara menangkap di malam hari agar dapat berjalan lancar, serta bisa mendapatkan hasil maksimal. Lakukan secara hati-hati saat penangkapan supaya perkutut tidak terkejut dan kabur.

Akhir Kata

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai cara menangkap burung perkutut malam hari. Lengkap beserta sejumlah peralatan dibutuhkan hingga tahapan penangkapan yang baik dan benar. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Anis Merah Bunyi Crit

Hidayat
3 min read

Cara Membuat Kacer Teler

Hidayat
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *