Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Kacer Petarung

Ciri Kacer Petarung

Ciri Kacer Petarung – Kacer adalah salah satu burung kicauan yang kini banyak diminati para kicau mania. Tak lain dan tak bukan, Kacer tersebut untuk dijadikan burung Lomba.

Karena, burung tersebut memiliki karakter petarung yang cukup baik, tetapi tidak semua burung kacer memiliki tipe yang sama atau agresif. Sehingga, kita harus pandai untuk memilihnya.

Kebanyakan burung kacer memiliki mental yang kurang bagus, untuk selanjutnya di olah kembali dengan cara perawatan dari pemilik. Mulai dari bagaimana cara pemasteran, yang berguna untuk menambah materi lagunya.

Kemudian, ternyata burung kacer tipe petarung ini tampak lebih tenang dalam kesehariannya. Namun, jika bertemu lawan yang sebanding maka burung akan bertingkah beringas dan gacor.

Ciri Kacer Petarung

Jika kalian menginginkan burung Kacer dengan kualitas bagus, maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa ciri fisik burung tersebut. Kalian bisa simak baik-baik pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Jenis Kelamin Kacer Petarung

Jenis Kelamin Kacer Petarung

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan pemilihan jenis kelamin burung kacer. Karena, setiap burung memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kacer Jantan

Mengapa memilih Kacer dengan jenis kelamin jantan? Karena, burung tersebut memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi dan memiliki vokal suara yang lebih keras, jika dibandingkan dengan Kacer betina.

Selain itu, penggunaan Kacer jantan sebagai burung Lomba yang memiliki karakter petarung ini juga memerlukan perawatan tepat. Sehingga, burung lebih mudah untuk tampi dengan prima pada saat dilombakan.

Kacer Jantan memiliki karakter atau tipikal teritorial yang cukup baik. Sedangkan, betina lebih suka untuk berdiam diri atau cuek terhadap musuhnya.

Ciri Fisik Kacer Petarung

Ciri Fisik Kacer Petarung

Jika kalian sudah memilih burung Kacer dengan jenis kelamin yang tepat, kalian bisa simak ciri-cirinya. Ciri fisik Kacer petarung diantaranya adalah sebagai berikut.

Kepala Kotak atau Cepak

Kacer berkualitas biasanya terlihat memiliki kepala dengan bentuk kotak serta cepak. Atau bisa dikatakan kepalanya mirip seperti kepala ular.

Lubang Hidung Besar

Kebanyakan pecinta burung kicau melihat kualitas burung melalui bagian kepalanya terlebih dahulu. Kemudian, jika burung tersebut memiliki hidung dengan lubang yang lebar dan besar, biasanya burung tersebut termasuk Kacer prospek.

Mata Melotot

Kacer dengan kualitas bagus biasanya memiliki bola mata dengan posisi melotot. Sehingga, burung nampak lebih garang dan sangar.

Dada Membusung

Dada membusung juga bisa dijadikan sarana supaya kita mengetahui jika burung tersebut memiliki kualitas bagus.

Tubuh Membungkuk

Burung Kacer dengan kualitas bagus biasanya memiliki tubuh bungkuk. Namun, saat bertemu dengan lawan burung tersebut akan membusungkan dada, sehingga burung terlihat lebih gagah.

Sayap Tebal dan Lebar

Sayapnya berbulu tebal serta memiliki rentang sayap lebar juga menandakan bahwa burung tersebut berkualitas.

Kaki Pendek Tapi Kuat

Memiliki kaki pendek, tetapi dengan cengekeraman yang kuat.

Paruh Hitam dan Pangkal Lebar

Paruhnya berwarna hitam pekat, serta pangkap paruh berukuran sedikit lebar. Hal tersebut memungkinkan burung tersebut memiliki vokal suara nyaring.

Warna Bulu Mengkilap

Burung Kacer berkualitas memiliki kontur bulu lembut, serta terlihat bersih dan mengkilap.

Sering Buka Ekor

Jika burung sudah gacor, biasanya akan sering berkicau dibarengi dengan membuka ekornya.

Ciri-ciri Kacer di atas tidak sepenuhnya menjadi penentu karakter burung tersebut. Tetapi, hanya dijadikan sebagai refrensi saja dalam MEMILIH KACER OMBYOKAN.

Kualitas baik atau tidaknya burung Kacer ini lebih baik ditentukan dari garis keturunannya atau gen indukan. Karena, biasanya jika indukan tersebut berkualitas, maka anakannya juga akan memiliki kualitas yang baik pula.

Karakter Kacer Berkualitas

Karakter Berkualitas

Pada saat kalian ingin membeli atau memelihara burun kacer, alangkah baiknya kalian melihat terlebih dulu karakternya. Biasanya Kacer akan mengeluarkan beberapa tipikal liarnya seperti berikut ini.

Menjaga Teritorial

Seperti di alam liar, burung tersebut akan menjaga daerah kekuasaanya. Apabila burung tersebut bertemu dengan sesama jenis dalam satu tempat, maka yang terjadi adalah burung akan menarung dengan suara-suara ocehan khasnya.

Giras atau Agresif

Burung Kacer tipe aktif dan lincah ini merupakan karakter bawaan. Namun, perilaku tersebut biasanya terjadi pada burung yang masih berusia anakan atau trotolan. Karena, pada usia tersebut burung masih suka bermain-main.

Mudah Kepo

Burung akan lebih mudah penasaran pada tempat atau lingkungan yang baru. Jadi, biasakan posisi gantang burung dibeberapa tempat yang berbeda. Supaya burung bisa terlepas dari karakter alaminya.

Emosional

Burung Kacer yang berkualitas biasanya akan mudah marah jika bertemu dengan sesama jenis. Bahkan burung bisa emosi terhadap pemilik, karena perawatan yang diberikan tidak sesuai apa yang burung tersebut inginkan.

Tanda Kacer Prospek

Tanda Burung Prospek

Ada pula beberapa tanda burung Kacer prospek, yang memiliki kemungkinan besar akan menjadi juara di kemudian hari. Kalian bisa langsung simak ulasanya seperti berikut ini.

Vokal Suara Keras

Beberapa tanda burung Kacer yang memiliki suara kicauan yang bagus dan keras. Suara yang dihasilkan burung tersebut bisa sangat nyaring dan merdu, apalagi dengan mengeluarkan variasi lagu pastinya akan terdengar enak di telinga.

Kualitas Kicau Bagus

Kualitas kicauan yang bagus itu merupakan salah satu tanda burung Kacer prospek. Hal tersebut biasanya karena burung Kacer sering melakukan terapi umbaran, sehingga dapat berkicau dengan durasi yang cukup panjang.

Irama Lagu Bervariasi

Kemudian, tanda Kacer prospek yang terakhir ini adalah memiliki irama lagu yang cukup bervariasi. Karena burung tersebut dapat merekam suara masteran ataupun suara burung yang ada di alam bebas atau habitat aslinya. Dengan begitu, burung Kacer tersebut akan mendapatkan nilai tambahan bagi juri, ketika burung dilombakan.

Akhir Kata

Demikain yang dapat birdsny.com sajikan mengenai beberapa hal mengenai ciri burung Kacer petarung. Lengkap dengan beberapa hal terkait lainnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *