Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

18 Cara Mengatasi Burung Cendet Over Birahi : Ciri & Penyebab!!

Cara Mengatasi Burung Cendet Over Birahi

Cara Mengatasi Burung Cendet Over Birahi – Seperti diketahui, merawat burung kicauan seperti Cendet atau Pentet merupakan salah satu kegiatan yang tergolong gampang-gampang susah. Terlebih lagi jika burung peliharaan tersebut sedang mengalami masalah atau gangguan, maka pastinya dibutuhkan adanya perawatan ekstra dari pemiliknya.

Salah satu jenis masalah burung Cendet yang bisa dikatakan cukup merepotkan dan mungkin hampir dialami oleh pada pemiliknya yaitu over birahi atau juga disebut dengan OB. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya burung Cendet over birahi perilakunya mendadak jadi buruk dan tampak gelisah sehingga tidak bagus untuk perlombaan.

Secara garis besar, perilaku over birahi pada burung Cendet dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu dari segi faktor internal maupun eksternal. Apabila diantara kalian mengalami permasalahan burung Cendet over birahi, jangan khawatir karena sebenarnya saat ini masih ada beberapa solusi untuk mengatasinya.

Akan tetapi, masih ada sebagian penggemar burung Cendet khususnya bagi pemula di luar sana mengeluhkan bahwa mereka bingung dalam mengatasi masalah tersebut. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas bagaimana cara mengatasi burung Cendet over birahi.

Ciri-Ciri Burung Cendet Over Birahi

Ciri Burung Cendet Over Birahi

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengatasi burung Cendet over birahi berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja ciri-cirinya. Adapun sejumlah tanda atau ciri-ciri burung Cendet mengalami over birahi tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Cendet jarang bunyi atau macet bunyi.
  • Cendet berperilaku galak serta giras ketika digoda.
  • Cendet terlihat lebih agresif, terutama ketika di dekatkan dengan burung lain.
  • Cendet kerap menjulurkan lidahnya.
  • Cendet sering mbalon atau terlihat mengembangkan bulu-bulunya.
  • Jika over birahi Cendet sudah cukup parah, maka umumnya mereka akan ciak bulu atau mencabuti bulu tubuhnya.
  • Cendet lebih sering ngeriwik serta dan jarang ngeplong atau gacor.

Penyebab Burung Cendet Over Birahi

Seperti dijelaskan sebelumnya, perilaku burung Cendet over birahi dapat disebabkan oleh sejumlah hal, baik itu dari segi internal maupun eksternal. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya masalah ini tidak hanya dialami oleh burung Cendet saja, namun juga kerap dialami oleh jenis burung peliharaan lainnya seperti Kacer, Pleci, Murai Batu dan lain sebagainya.

Daripada penasaran, tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak baik-baik beberapa penyebab burung Cendet mengalami over birahi berikut ini.

  • Kandungan protein dalam pemberian pakan yang dikonsumsi oleh Cendet terlalu tinggi atau berlebihan.
  • Perawatan Cendet tidak tepat atau kurang teratur.
  • Cendet jantan terlalu sering digantang dengan betina.
  • Porsi pengumbaran burung Cendet kurang.
  • Cendet terlalu berlebihan dalam melakukan terapi full kerodong.
  • Porsi penjemuran Cendet terlalu lama.

Cara Mengatasi Burung Cendet Over Birahi

Cara Mengatasi Cendet Over Birahi

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri hingga penyebab burung Cendet over birahi, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara mengatasinya. Namun perlu diingat bahwa langkah-langkah mengatasi Cendet over birahi tersebut harus mengacu pada faktor penyebab permasalahannya.

Selain itu, solusi dalam mengatasi Cendet over birahi juga tentunya membutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemiliknya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah sejumlah cara untuk mengatasi burung Cendet over birahi, baik itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

1. Tambah Frekuensi Pemandian Burung Cendet

Cara mengatasi burung Cendet over birahi pertama yaitu dengan menambah intensitas atau frekuensi pemandiannya, namun harus dilakukan pada saat cuaca mendukung dengan artian tidak sedang dalam musim hujan. Apabila biasanya Cendet dimandikan sehari sekali, maka tambahlah menjadi 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

2. Jemur Burung Cendet di Kandang Umbaran

Setelah selesai memandikan burung Cendet, cara mengatasi masalah over birahi selanjutnya yaitu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Akan tetapi, saran kami sebaiknya lakukan penjemuran burung Cendet dilakukan di dalam kandang atau sangkar umbaran.

Kalian bisa menjemur burung Cendet di bawah sinar matahari pada kandang umbaran kurang lebih sekitar satu jam. Tujuan penjemuran Cendet di dalam kandang umbaran yaitu supaya burung bisa bergerak bebas sekaligus berolahraga untuk menetralkan atau menurunkan birahinya.

3. Berikan Burung Cendet Pakan Tambahan

Tidak hanya dari segi pola perawatan hariannya saja, pemberian pakan yang benar juga bisa dilakukan sebagai salah satu upaya dalam mengatasi Cendet mengalami over birahi. Sebenarnya cara ini juga sangat kami rekomendasikan apabila kalian ingin mengatasi Cendet cabut ekor.

Cobalah berikan burung Cendet pakan tambahan seperti cacing sebanyak 2 ekor selama 2 kali dalam seminggu. Atau kalian juga bisa memberikan burung Cendet pakan tambahan lainnya seperti ulat bambu sebanyak 2 ekor selama 3 kali dalam seminggu secara rutin sampai birahinya benar-benar stabil.

4. Lakukan Terapi Full Kerodong

Pada pembahasan sebelumnya sudah kami jelaskan bahwa terapi full kerodong bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi Cendet kelabakan. Nah, ternyata terapi full kerodong tersebut juga dapat digunakan untuk mengatasi burung Cendet yang sedang over birahi.

Tata cara melakukannya sendiri yaitu pertama-tama mandikan burung Cendet pada sore hari. Atau jika cuacanya sedang memungkinkan, kalian juga diperbolehkan untuk memandikan burung Cendet saat malam hari. Setelah selesai dimandikan, silahkan kembalikan ke dalam sangkar dan lakukan terapi full kerodong semalam penuh.

5. Biarkan Burung Cendet Melampiaskan Birahi

Kemudian cara mengatasi Cendet over birahi terakhir yaitu dengan membiarkannya melepaskan birahi, seperti memberikan kebebasan burung untuk kawin dengan pasangannya. Jika tidak memiliki Cendet betina, solusi lainnya untuk mengatasi permasalahan over birahi tersebut yaitu dengan membiarkan tangan kalian untuk dijadikan sebagai objek gigitan pelampiasan Cendet.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi burung Cendet over birahi memang dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan. Saran kami sebaiknya lakukan beberapa tips diatas berulang kali sampai birahi burung Cendet benar-benar kembali normal.

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi burung Cendet over birahi dari segi pola perawatan harian hingga pemberian pakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi masalah over birahi pada Cendet.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.