Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

20 Cara Mengatasi Cendet Kelabakan (Stres, Giras & Salto)

Cara Mengatasi Cendet Kelabakan

Cara Mengatasi Cendet Kelabakan – Sebagaimana diketahui, menirukan suara burung lain merupakan salah satu kelebihan dari burung Cendet atau Pentet. Akan tetapi, dibalik kelebihannya tersebut terdapat beberapa masalah yang kerap muncul sehingga membuat sebagian besar penghobi Cendet frustasi.

Dimana masalah-masalah yang ditimbulkan Cendet sebenarnya bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Adapun beberapa faktor-faktor penyebab permasalahan tersebut diantaranya yaitu seperti karena kurangnya perawatan ataupun karena faktor usia Cendet itu sendiri.

Jika tata cara perawatannya dilakukan kurang tepat, maka kemungkinan besar burung Cendet akan berperilaku tidak baik, salah satunya seperti kelabakan di dalam sangkar. Jika Cendet sering kelabakan di dalam kandang, saran kami sebaiknya segera atasi permasalahan tersebut.

Sebenarnya langkah-langkah mengatasi Cendet kelabakan seperti salto atau loncat-loncat ini cukup mudah untuk dilakukan. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi Cendet kelabakan dilengkapi penyebab permasalahannya.

Penyebab Cendet Kelabakan

Penyebab Cendet Kelabakan

Sebagai salah satu JENIS BURUNG PELIHARAAN, Cendet tentunya membutuhkan beberapa perawatan khusus secara berkala oleh pemiliknya. Dimana perawatan khusus tersebut dilakukan untuk menghindarkan Cendet mengalami permasalahan seperti perilaku kelabakan di dalam sangkar.

Seperti dijelaskan sebelumnya, Cendet berperilaku kelabakan di dalam sangkar tentunya bisa disebabkan oleh sejumlah hal, baik itu karena faktor teknis ataupun karena kelalaian pemiliknya. Sebelum membahas cara mengatasi Cendet kelabakan lebih lanjut, berikut akan kami berikan beberapa faktor penyebab permasalahannya.

  • Cendet masih beradaptasi dengan lingkungan baru.
  • Sangkar burung Cendet jatuh.
  • Cendet kaget mendengar suara kencang dan mendadak.
  • Dikerodong.
  • Penggantian voer.
  • Penggantian pola makan Cendet.
  • Cendet takut karena didekati atau diserang hewan predator seperti kucing, anjing dan lain sebagainya.
  • Cendet menempuh perjalanan jauh.
  • Cara perawatan Cendet salah.
  • Cendet pernah terlepas kemudian tertangkap kembali.

Dampak Negatif Cendet Kelabakan

Dampak Negatif Cendet Kelabakan

Jika aktivitas Cendet kelabakan di dalam sangkar dibiarkan begitu saja, maka lama-kelamaan akan berdampak buruk pada burung tersebut. Adapun beberapa dampak buruk atau negatif Cendet berperilaku kelabakan di dalam kandang tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini

  • Bulu Cendet rusak.
  • Menimbulkan sebuah luka baru.
  • Cendet menjadi jarang berkicau.
  • Membuat harga jual Cendet turun.

Cara Mengatasi Cendet Kelabakan

Perlu diketahui, setiap permasalahan yang dialami oleh Cendet pastinya terdapat sebuah solusi untuk mengatasinya, termasuk masalah kelabakan. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan beberapa cara mengatasi Cendet berperilaku kelabakan di dalam sangkar.

1. Membawa Cendet ke Tempat Ramai

Membawa Cendet ke Tempat Ramai

Cara mengatasi Cendet kelabakan pertama yaitu dengan menggantungkannya di area yang ramai. Kalian bisa membawa Cendet ke tempat ramai seperti di sekitar area rumah ataupun membawanya ke perlombaan burung untuk sekedar digantung di tengah-tengah keramaian.

2. Berikan Terapi Full Kerodong

Berikan Terapi Full Kerodong

Cara selanjutnya untuk mengatasi Cendet berperilaku kelabakan yaitu melakukan terapi full kerodong. Namun ketika melakukan cara ini, kalian juga perlu memberi pakan Cendet dengan porsi lebih banyak. Jika cara ini dilakukan dengan benar, maka lama-kelamaan Cendet bisa bersikap miyik atau manja.

3. Lakukan Terapi Lapar

Lakukan Terapi Lapar

Sebagian besar penghobi Cendet mungkin menganggap bahwa cara ini terbilang cukup ekstrem. Sebab, nantinya Cendet tidak akan diberi makan beberapa waktu sampai merasa kelaparan. Tata cara melakukannya sendiri yaitu jemur Cendet di bawah terik sinar matahari tanpa makan serta minum.

Apabila sudah merasa kelaparan, maka secara otomatis Cendet akan memakan pakan yang diberikan langsung dari tangan. Melalui cara terapi lapar ini, burung Cendet dapat terbiasa dengan makan di tangan pemiliknya dan tidak akan kelabakan lagi.

4. Mandikan Cendet

Mandikan Cendet

Memandikan sampai basah kuyup juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi ketika Cendet berperilaku kelabakan di dalam kandang. Caranya yaitu mandikan Cendet sampai basah kuyup kemudian usaplah punggungnya secara perlahan. Mungkin awalnya Cendet akan merasa ketakutan, tetapi lama-kelamaan Cendet akan diam dan menganggap usapan tersebut sebagai rasa sayang.

5. Terapi Suara Alam

Terapi Suara Alam

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab mengapa Cendet berperilaku kelabakan yaitu karena mengalami stres. Jika memang benar karena stres, cobalah untuk memutar suara alam dan suara air sehingga stres burung Cendet bisa berkurang atau bahkan hilang. Perlu diketahui, cara ini juga bisa dilakukan apabila kalian ingin MERAWAT ANAKAN CENDET AGAR CEPAT BUNYI.

6. Letakkan Cendet di Dalam Sangkar Kecil

Letakkan Cendet di Dalam Sangkar Kecil

Cara mengatasi Cendet kelabakan selanjutnya yaitu meletakkannya di dalam kandang atau sangkar kecil. Cara ini terbilang cukup efektif karena pergerakan Cendet di dalam sangkar akan terbatas. Setelah beberapa hari, silahkan pindahkan Cendet ke sangkar lebih besar seperti semula.

7. Terapi Mandi Sauna

Terapi Mandi Sauna

Melakukan terapi mandi sauna bisa menjadi salah satu cara mengatasi Cendet berperilaku kelabakan di dalam kandang. Tata cara melakukannya yaitu mandikan Cendet, namun tidak sampai basah kuyup. Kalian hanya perlu menyemprotkan air sedikit saja dengan menggunakan penyemprot ataupun sprayer. Setelah dilakukan pemandian sauna, silahkan masukkan kembali Cendet ke dalam sangkar dan kerodong.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa perilaku burung Cendet yang tidak biasa tersebut bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Meskipun demikian, jangan khawatir karena terdapat cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan asalkan dilakukan dengan benar.

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Cendet kelabakan di dalam sangkar dilengkapi dengan penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi burung Cendet berperilaku kelabakan di dalam kandang.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *