Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Cara Mengatasi Murai Batu Galak & Ngelowo Agar Cepat Pulih!!

Cara Mengatasi Murai Batu Galak

Cara Mengatasi Murai Batu Galak – Sebagaimana diketahui, salah satu perilaku buruk burung Murai Batu yaitu kerap mendadak menjadi galak, entah itu pada pemiliknya ataupun hewan lain. Hal ini tentunya sangat merugikan, sebab perilaku tersebut dapat membuat Murai Batu kurang gacor, atau bahkan lebih banyak ngeriwik ketimbang ngeplong.

Dimana permasalahan Murai Batu galak ini sebenarnya dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu karena faktor internal dari burung ataupun faktor eksternal seperti kesalahan perawatan. Biasanya perilaku tidak ramah ini ditunjukkan dengan tanda seperti bulu Murai Batu menjadi mengkorok, ngelowo, sering berkelahi atau terkadang diam begitu saja di dalam sangkar.

Apabila diantara kalian mengalami permasalahan serupa terkait Murai Batu galak, jangan khawatir karena sebenarnya masih ada beberapa solusi untuk mengatasinya. Meskipun demikian, masih ada sebagian besar penggemar Murai Batu di luar sana khususnya bagi pemula yang masih merasa kebingungan bagaimana tahapan-tahapan mengatasinya.

Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasi burung Murai Batu galak dan ngelowo, entah itu dari segi perawatan harian ataupun pemberian pakannya. Selain itu, di bawah ini juga akan dijelaskan apa saja penyebab serta bagaimana ciri-ciri perilaku Murai Batu galak.

Tingkah Laku Murai Galak

Tingkah Laku Murai Galak

Sebelum pembahasan utama mengenai cara mengatasi Murai Batu galak berlanjut, perlu diketahui bahwa Murai Galak mempunyai definisi yang berbeda dengan Murai over birahi. Sebab, banyak orang di luar sana yang salah mengartikan kedua kondisi burung Murai batu tersebut.

Karena beberapa perbedaan tersebut membuat cara perawatan serta terapi Murai Batu galak juga tentunya berbeda. Supaya lebih paham, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa tanda atau ciri-ciri Murai Batu galak dan ngelowo jika dilihat dari tingkah lakunya di dalam sangkar.

  • Murai Batu akan mengejar tangan ketika pemilik ingin mengganti air minum ataupun setiap tangan menyentuh sangkar.
  • Ketika Murai Batu bertemu lawan, ia akan selalu mengejar hingga ngeruji serta menabraki jeruji sangkar.
  • Emosi Murai Batu galak selalu tinggi.

Penyebab Murai Batu Galak

Seperti dijelaskan sebelumnya, tentunya Murai Batu yang menunjukan perilaku atau tingkah laku galak dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, baik itu dari segi internal maupun eksternal. Adapun beberapa faktor penyebab Murai Batu galak tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Murai Batu Over Emosi

Penyebab pertama Murai Batu mempunyai sikap galak yaitu karena faktor internal seperti over emosi. Seperti diketahui, over emosi merupakan sifat asli bawaan Murai Batu itu sendiri sehingga pemilik hanya bisa meredamnya ketika ingin diikutkan lomba. Dimana perilaku over emosi ini biasanya ditandai dengan Murai Batu yang sering mencambuk-cambukkan ekornya.

2. Murai Batu Over Jinak

Murai Batu over jinak juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa burung tersebut mengeluarkan perilaku galak kepada pemiliknya. Secara garis besar, Murai Batu over jinak dikarenakan terlalu banyak berinteraksi dengan pemilik. Atau bisa juga Murai Batu terlalu di istimewakan sehingga membuatnya menjadi lebih manja. Selain galak, over jinak juga bisa menjadi salah satu penyebab Murai Batu suara monoton.

Cara Mengatasi Murai Batu Galak

Cara Mengatasi Burung Murai Batu Galak

Setiap permasalahan yang dialami oleh semua jenis burung peliharaan pastinya memiliki sebuah solusi, termasuk Murai Batu galak. Dimana untuk mengatasi Murai Batu galak sendiri dapat dilakukan baik itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

Memang benar bahwa untuk menghilangkan perilaku galak pada burung Murai Batu dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemiliknya. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik cara mengatasi Murai Batu galak berikut ini, entah itu pola perawatan maupun pemberian pakannya.

1. Mengurangi Pemberian Ekstra Fooding Sementara

Cara mengatasi Murai Batu galak pertama yaitu mengurangi atau menghentikan pemberian ekstra fooding (EF) sementara waktu. Sebab, tujuan utama pemberian pakan tambahan ataupun EF ini yaitu untuk mendukung kesehatan burung sekaligus meningkatkan birahinya, seperti kroto dan jangkrik.

Apabila kalian memberikan kroto secara rutin, maka kadar suhu panas Murai Batu bisa tetap terjaga serta mampu meningkatkan birahinya. Akan tetapi, jika pemberian kroto sebagai pakan tambahan malah membuat Murai Batu bersikap galak, maka sebaiknya kurangi pemberiannya untuk sementara waktu.

Melalui cara ini, sifat galak pada Murai Batu akibat over birahi bisa diatasi. Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa penghentian pemberian EF ini hanya bersifat sementara. Apabila kondisi Murai Batu sudah mulai stabil, kalian dapat memberikan pakan EF seperti porsi semula.

2. Memasukkan Murai Batu ke Kandang Umbaran

Memasukkan Murai Batu ke dalam sangkar atau kandang umbaran juga menjadi salah satu cara mengatasi burung mempunyai sifat galak. Ketika hendak melakukan cara ini, sebaiknya tempatkan kandang umbaran di tempat yang terbuka agar terkena sinar matahari secara langsung.

Selain itu, sertakan juga air minum beserta baik air untuk mandi di dalam kandang umbaran. Bahkan akan jauh lebih baik jika kalian melengkapi kandang umbaran dengan bak yang berisi pasir supaya Murai Batu bisa bermain dengan pasir atau di dalam dunia perkicauan disebut dengan mandi pasir.

3. Embunkan Murai Batu

Cara mengatasi Murai Batu galak selanjutnya yaitu dengan melakukan terapi embun setiap hari. Terapi pengembunan ini dilakukan setiap hari sekitar pukul 5 sampai 6 pagi secara rutin. Proses pengembunan ini dipercaya mampu menstabilkan birahi ataupun emosi Murai Batu.

4. Mengurangi Intensitas Penjemuran Murai Batu

Setiap makhluk hidup pastinya membutuhkan cahaya matahari, termasuk burung Murai Batu. Pasalnya, penjemuran sendiri sangat berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan tubuh, terutama membantu menghangatkan tubuh Murai Batu setelah kedinginan semalaman.

Meskipun proses penjemuran memiliki sejumlah manfaat untuk Murai Batu, namun kalian tidak diperbolehkan melakukannya secara berlebihan. Maka dari itu, pada burung Murai Batu yang kondisinya sedang galak, sebaiknya kurangi intensitas penjemuran menjadi kurang lebih sekitar 30 menit saja.

5. Memandikan Murai Batu saat Malam Hari

Melakukan terapi mandi malam juga bisa membantu mengatasi Murai Batu berperilaku galak. Dimana salah satu manfaat menjalani mandi malam yaitu menjadikan birahi burung supaya kembali normal atau stabil serta membuat Murai Batu memiliki mental. Namun, pastikan bahwa kondisi cuaca saat malam hari sebelum memandikan Murai Batu tersebut tidak terlalu dingin.

6. Berikan Murai Batu Cacing

Cara mengatasi Murai Batu galak terakhir yaitu memberikan cacing sebagai terapi. Sekedar informasi, caing termasuk ke dalam EF yang bagus untuk Murai Batu. Dimana cacing mempunyai kandungan protein cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk kesehatan Murai Batu.

Intinya, pemberian cacing bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menstabilkan birahi Murai Batu. Kalian bisa memberikan cacing sebagai pakan tambahan Murai Batu galak sebanyak dua kali dalam seminggu, entah itu di pagi hari ataupun sore hari.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pada intinya untuk mengatasi Murai Batu galak yaitu dengan menstabilkan emosi serta birahinya. Dimana untuk menstabilkan emosi dan birahi Murai Batu sendiri dapat dilakukan entah itu dari segi perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

Itulah sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Murai Batu galak serta ngelowo dilengkapi sejumlah penyebabnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mencari solusi untuk mengatasi Murai Batu berperilaku galak kepada pemiliknya.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.