Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

11 Cara Mengatasi Bulu Merpati Rontok & Penyebabnya!!

Cara Mengatasi Bulu Merpati Rontok
Advertisements

Cara Mengatasi Bulu Merpati Rontok – Seperti diketahui, Merpati merupakan salah satu jenis burung yang kerap dijadikan hewan peliharaan bagi banyak orang. Selain dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, Merpati juga sering dilombakan atau diikutkan kontes balap dengan Merpati lainnya.

Agar bisa menjuarai perlombaan tersebut, pastinya Merpati perlu dilatih dengan baik dan benar secara rutin oleh pemiliknya. Tidak hanya sekedar melatihnya saja, namun kesehatan tubuh Merpati juga perlu diperhatikan agar mereka dapat mengeluarkan semua performa maksimalnya saat mengikuti lomba.

Advertisements

Namun sayangnya, terdapat beberapa kasus dari penggemar Merpati yang mengeluhkan bahwa burung mereka mengalami permasalahan terkait rontoknya bulu tubuh. Timbulnya masalah bulu Merpati rontok biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu dari segi internal maupun eksternal.

Jika diantara kalian mengalami permasalahan serupa, jangan khawatir karena sebenarnya masih ada beberapa solusi untuk mengatasinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap bagaimana cara mengatasi bulu Merpati rontok, entah itu dari segi pola perawatan harian hingga pemberian pakannya.

Penyebab Bulu Merpati Rontok

Penyebab Bulu Merpati Rontok

Sebelum pembahasan utama mengenai cara mengatasi bulu Merpati rontok berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Mungkin salah satu penyebab utama mengapa bulu Merpati rontok yaitu karena mereka sedang mengalami masa mabung, ngurak ataupun moulting.

Sebab, pada masa mabung ini ditandai dengan rontoknya bulu-bulu di seluruh tubuh Merpati secara bertahap setiap harinya. Dimana masa mabung sendiri sebenarnya umum terjadi pada hampir semua hewan peliharaan, termasuk salah satunya yaitu Merpati.

Advertisements

Selain karena mengalami masa mabung, sebenarnya penyebab bulu Merpati rontok juga bisa dikarenakan oleh sejumlah faktor. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa penyebab bulu-bulu tubuh Merpati rontok, entah itu di bagian kepala, sayap ataupun ekor.

  • Merpati terserang virus.
  • Merpati terinfeksi parasit.
  • Merpati terinfeksi bakteri dan jamur.
  • Pola pemberian pakan serta nutrisi Merpati kurang tepat.
  • Perilaku Merpati buruk.
  • Merpati diserang pasangan.

Cara Mengatasi Bulu Merpati Rontok

Cara Mengatasi Bulu Burung Merpati Rontok
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa penyebab bulu Merpati rontok, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana solusi untuk mengatasinya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengatasi bulu burung rontok sebenarnya bisa dilakukan melalui beberapa cara, entah itu dari segi perawatan harian maupun pemberian pakannya.

Pada intinya, supaya kerontokan bulu Merpati bisa berhenti dan tumbuh kembali, kalian harus paham hal apa yang menjadi penyebab permasalahan tersebut. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa cara mengatasi bulu Merpati rontok untuk semua jenis, baik itu Merpati jantan ataupun betina.

1. Bersihkan Kandang Merpati

Cara pertama untuk mengatasi bulu Merpati rontok yaitu membersihkan kandang atau sangkarnya. Sebab, salah satu penyebab utama bulu Merpati rontok yaitu karena adanya bakteri dan jamur di dalam tubuh. Maka dari itu, silahkan bersihkan kandang Merpati secara rutin minimal 2 hari sekali supaya terbebas dari virus berbahaya.

2. Memberikan Merpati Obat

Cara mengatasi selanjutnya yaitu memberikan Merpati obat supaya proses rontoknya bulu tubuh bisa dihentikan. Dimana obat burung Merpati sendiri sebenarnya saat ini sudah bisa didapatkan dengan mudah di toko atau kios burung, seperti Antiviral, Detick, Bird First Aid dan lain sebagainya. Pemberian obat tersebut diharapkan dapat mengurangi penyebaran virus yang menyebabkan bulu Merpati rontok.

3. Atur Pola Pakan Merpati

Kemudian cara mengatasi bulu Merpati rontok selanjutnya yaitu mengatur pola pemberian pakannya. Dimana pola makan yang kurang tepat dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada kulit serta bulu Merpati. Oleh sebab itu, sebaiknya cukupi kebutuhan asupan pakan dan nutrisi Merpati setiap harinya, salah satunya yaitu memberikannya vitamin A.

Selain itu, kalian juga bisa mencegah bulu Merpati rontok dengan cara memberikan jahe. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya manfaat jahe untuk Merpati yaitu mampu menjaga suhu tubuh tetap hangat dan menambah sistem kekebalan sehingga tubuh tidak gampang terserang penyakit.

4. Buat Merpati Nyaman di Kandang

Di atas sudah dijelaskan bahwa bulu Merpati rontok bisa disebabkan karena perilaku atau tingkah lakunya buruk, seperti mencabut bulu, menarik kulit dan lain sebagainya. Biasanya perilaku buruk Merpati tersebut disebabkan karena beberapa hal seperti kebosanan, kurangnya interaksi antara pemilik dan burung, birahi tidak tersalurkan atau over birahi dan lain sebagainya.

Maka dari itu, solusi untuk mengatasinya yaitu kalian bisa memberikannya mainan, atau bahkan berikan pasangan pada Merpati saat mereka sedang mengalami masalah bulu tubuh rontok. Atau kalian juga dapat mengatasinya dengan mengganti suasana di kandang Merpati, sebagai contoh merubah posisi gantangan setiap harinya.

5. Pisahkan Merpati dari Pasangan

Cara mengatasi bulu Merpati rontok terakhir yaitu memisahkan dengan pasangannya. Pasalnya, jika Merpati jantan tidak cocok dengan betina saat masa breeding atau penggiringan, maka biasanya mereka akan menyerang Merpati betina sehingga bulu tubuhnya rontok. Jadi, cobalah pisahkan antara Merpati jantan dan betina sementara waktu sampai proses perontokan bulu tubuhnya berhenti.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa penyebab bulu Merpati rontok dapat berasal dari segi internal maupun eksternal. Sementara untuk solusi mengatasi permasalahan tersebut sebenarnya tergolong cukup mudah, namun dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi bulu Merpati rontok untuk semua jenis, baik itu dari segi pola perawatan harian hingga pemberian pakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mencari solusi untuk mengatasi bulu Merpati rontok.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.