Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Cara Mengatasi Ayam Aduan Kegemukan & Penyebabnya!

Cara Mengatasi Ayam Aduan Kegemukan
Advertisements

Cara Mengatasi Ayam Aduan Kegemukan – Selain beberapa masalah seperti kurus dan susah gemuk, ternyata ayam aduan juga bisa mengalami kegemukan. Dengan kata lain, obesitas, bantat ataupun kegemukan ini tidak hanya dialami oleh manusia saja, namun juga dialami oleh unggas seperti ayam aduan.

Tergolong sangat fatal apabila ayam aduan tersebut mengalami kegemukan, karena pastinya kualitas bertarungnya akan menurun drastis di arena sabung ayam. Bahkan masalah ataupun gangguan pada ayam aduan tersebut bisa mengakibatkan kematian jika memang kondisinya sudah sangat parah.

Advertisements

Jika mengalami permasalahan serupa seperti di atas, jangan khawatir karena masih ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka tidak mengetahui bagaimana tata cara melakukannya.

Oleh sebab itu, apabila diantara kalian berencana untuk menurunkan berat badan ayam aduan kesayangan di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara melakukannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara mengatasi ayam aduan kegemukan beserta tips merawatnya.

Ciri Ayam Aduan Kegemukan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kegemukan atau obesitas mungkin menjadi masalah yang cukup merepotkan bagi para pemilik ayam aduan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ayam aduan yang mengalami obesitas pastinya akan merasa malas untuk melakukan berbagai macam kegiatan.

Dimana ayam aduan yang mengalami masalah terhadap berat badan tersebut sebenarnya dapat dilihat melalui beberapa ciri. Sebagai bahan gambaran, berikut akan kami berikan beberapa tanda ataupun ciri ayam aduan mengalami masalah kegemukan.

Advertisements
  • Ayam aduan semakin lama semakin menurun performanya.
  • Ayam aduan tadinya lincah berubah menjadi jarang bergerak atau bahkan terlihat kaku saat bergerak.
  • Ayam aduan sangat rakus dengan pakan utamanya.
  • Ayam aduan kurang ngotot saat bertarung serta terlihat sangat lemas.

Penyebab Ayam Aduan Kegemukan

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengatasi ayam aduan kegemukan lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab permasalahannya. Tentunya para botoh yang mengalami masalah seperti di atas mempunyai pertimbangan tentang pemberian pola pakan hariannya.

Namun, seringkali pemberian pola pakan justru dibatasi secara drastis sehingga menyebabkan ayam aduan menjadi lemas dan tidak bertenaga. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ayam aduan kelebihan berat badan atau kegemukan (obesitas).

  • Pemberian pakan berlebih.
  • Jarang berolahraga.
  • Latihan abar.
  • Tidak rutin dijemur.

Cara Mengatasi Ayam Aduan Kegemukan

Tata Cara Mengatasi Ayam Aduan Kegemukan
Advertisements

Seperti halnya saat mengatasi Perkutut kegemukan, sebenarnya mengatasi ayam aduan kegemukan bisa dilakukan melalui beberapa cara, entah itu dari segi pemberian pakan ataupun perawatan hariannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara mengatasi ayam aduan yang kegemukan berikut ini.

1. Berikan Ayam Aduan Gabah

Cara mengatasi ayam aduan kegemukan pertama yaitu dengan memberikannya pakan berupa gabah. Dimana pemberian gabah ini harus direndam semalaman terlebih dahulu sebelum dikonsumsi oleh ayam aduan. Saran kami sebaiknya berikan gabah pada saat kondisi ayam aduan bugar.

2. Jemur Ayam Aduan

Selain dari pengaturan pola dan jenis pakan yang benar, untuk mengatasi ayam aduan obesitas juga bisa dilakukan dengan memperhatikan perawatan hariannya, salah satunya yaitu penjemuran. Untuk mengatasi ayam aduan bantat, kalian bisa menjemurnya kurang lebih selam satu jam setiap harinya di bawah sinar matahari.

3. Berikan Ayam Aduan Telur Madu

Memberikan ayam aduan pakan berupa telur madu juga bisa menjadi cara mengatasi kegemukan selanjutnya. Dimana telur madu sendiri mempunyai sejumlah kandungan untuk mendukung sistem imun tubuh ayam aduan agar bekerja lebih baik. Adapun waktu ideal pemberian telur madu untuk ayam aduan sendiri yaitu pada saat sore hari.

4. Latih Tarung Ayam Aduan

Seperti sudah disinggung sebelumnya, ayam aduan kelebihan berat badan pastinya akan merasa malas untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Nah, cobalah untuk melakukan latihan tarung atau abar secara rutin agar tubuh ayam aduan tetap padat serta tidak loyo selama program diet sedang berlangsung.

5. Berikan Ayam Aduan Jamu Penambah Stamina

Cara mengatasi ayam aduan kegemukan terakhir yaitu memberikannya jamu penambah stamina agar mereka tetap sehat dan bertenaga. Untuk bahan jamu penambah stamina ayam aduan sendiri bisa didapatkan dari racikan tiga ruas jari kencur yang dibakar setengah matang. Kemudian tumbuk sampai halus dan berikan sehari sekali selama satu minggu berturut-turut.

Tips Merawat Ayam Aduan Kegemukan

Di atas sudah dijelaskan mengenai beberapa cara mengatasi ayam aduan kegemukan beserta ciri hingga penyebab permasalahannya. Ketika ayam aduan kesayangan di rumah mengalami permasalahan tersebut, sebenarnya kalian juga harus memperhatikan bagaimana cara pola perawatan yang baik dan benar.

Saran kami sebaiknya rajin memandikan ayam aduan. Hal ini dikarenakan mandi akan membuat ayam aduan berjalan sehingga mampu membakar lemak-lemak yang dimakannya. Selain itu, suhu pada badan ayam aduan juga akan membuatnya mengambil daya untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Hal yang paling penting untuk dilakukan ketika ingin menurunkan berat badan ayam aduan yaitu tentang intensitas penjemuran. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sebaiknya jemur ayam aduan di bawah sinar matahari setiap hari dengan rentang waktu kurang lebih sekitar 1 jam.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar tata cara mengatasi ayam aduan kegemukan atau obesitas dilengkapi dengan ciri hingga penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menurunkan berat badan ayam aduan yang kegemukan.

Sumber gambar : pxhere.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *