Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Cara Mengatasi Perkutut Kegemukan Secara Alami & Penyebab

Cara Mengatasi Perkutut Kegemukan

Cara Mengatasi Perkutut Kegemukan – Kegemukan atau obesitas juga bisa terjadi pada burung kicauan maupun non kicauan, terutama burung pemakan biji-bijian seperti Kenari, Parkit, Lovebird serta Perkutut. Apabila kondisi tersebut dibiarkan, pastinya akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari, khususnya mengenai kesehatannya.

Dimana obesitas sendiri ialah kondisi tubuh mengalami peningkatan berat badan alias kegemukan akibat penumpukan lemak. Ketika burung Perkutut mengalami kegemukan, maka dapa dipastikan kinerjanya akan langsung menurun. Biasanya kondisi tersebut ditandai dengan beberapa hal, terutama dari segi tingkah laku atau perilakunya.

Meskipun begitu, jangan khawatir karena sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada burung Perkutut tersebut. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya bagi para pemula yang mengeluhkan bahwa mereka kebingungan bagaimana cara mengatasinya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana mengatasi Perkutut yang sedang mengalami obesitas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara mengatasinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengatasi Perkutut kegemukan.

Ciri Perkutut Kegemukan

Ciri Perkutut Kegemukan

Sebelum membahas poin utama mengenai cara mengatasi Perkutut kegemukan lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja ciri-cirinya. Adapun beberapa ciri Perkutut mengalami kegemukan atau obesitas tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Perkutut semakin lama semakin menurun performanya.
  • Perkutut yang tadinya lincah berubah menjadi jarang bergerak atau bahkan terlihat kaku saat bergerak.
  • Perkutut sangat rakus dengan pakan utamanya.
  • Perkutut yang tadinya gacor menjadi malas bunyi atau bahkan tidak mau bunyi sama sekali.
  • Perkutut kurang ngotot saat berkicau serta terlihat sangat lemas.

Penyebab Perkutut Kegemukan

Perlu diketahui, penyebab utama Perkutut mengalami kegemukan atau obesitas yaitu karena porsi makannya berlebihan. Selain itu, terdapat juga beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan Perkutut kegemukan. Agar lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah penyebab Perkutut kegemukan.

  • Perkutut selalu makan secara berlebihan.
  • Pemberian pakan kurang atau tidak bervariasi.
  • Asupan nutrisi pada pakan Perkutut kurang seimbang seperti kadar lemak ataupun proteinnya terlalu tinggi.
  • Burung kurang aktif atau malas bergerak karena kandangnya sempit.

Cara Mengatasi Perkutut Kegemukan

Cara Mengatasi Burung Perkutut Kegemukan

Setelah mengetahui beberapa ciri hingga penyebab Perkutut kegemukan, maka tahap selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasinya. Secara garis besar, langkah-langkah untuk mengatasi burung kegemukan dapat dilakukan melalui pola perawatan harian hingga pemberian pakannya.

Jadi, pemilik Perkutut harus benar-benar menjaga pola perawatan serta jenis pakan utama ataupun tambahan setiap harinya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara mengatasi Perkutut kegemukan di bawah ini.

1. Kurangi Porsi Pakan Perkutut

Cara mengatasi Perkutut kegemukan pertama yaitu dengan mengurangi porsi pakan utama Perkutut. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pakan utama Perkutut di alam liar yaitu biji-bijian. Jadi, cobalah kurangi porsi pakan jenis biji-bijian Perkutut supaya mereka tidak rakus kembali.

2. Ganti Pakan Tambahan Perkutut

Memang benar bahwa mengurangi porsi makanan utama Perkutut bisa membantu mengurangi kegemukan. Namun, hal ini berbeda dengan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) bagi Perkutut. Sebaiknya kalian jangan mengurangi pemberian pakan EF, cukup menggantinya saja dengan sayur serta buah-buahan.

3. Umbar Perkutut Secara Rutin

Mengumbar secara rutin dan bertahap menjadi salah satu cara mengatasi Perkutut kegemukan selanjutnya. Dimana pengumbaran terbaik bagi Perkutut sendiri sebaiknya dilakukan setiap 2 hari sekali dengan durasi yang selalu meningkat. Sebagai contoh hari pertama diumbar selama 30 menit, maka di hari selanjutnya durasi pengumbaran bertambah menjadi 45 menit dan seterusnya.

4. Rutin Jemur Perkutut

Selain diumbar, ternyata Perkutut juga membutuhkan sinar matahari untuk kesehatan tubuhnya. Oleh sebab itu, saran kami sebaiknya jemur Perkutut setiap hari diantara pukul 6 pagi sampai 8 pagi. Penjemuran Perkutut sendiri dilakukan dengan tujuan supaya metabolisme tubuh burung akan semakin bagus serta lemak juga semakin berkurang.

5. Lakukan Terapi Sauna

Kemudian cara berikutnya yaitu melakukan terapi sauna pada Perkutut. Dimana terapi sauna sendiri merupakan kegiatan membasahi sangkar burung lalu dikerodongkan ke sangkar Perkutut dan jemur di bawah sinar matahari. Cara ini dilakukan supaya suhu di dalam sangkar atau kandang Perkutut menjadi lembab.

6. Manfaatkan Kacang Hijau

Cara mengatasi kegemukan terakhir yaitu dengan memberikannya pakan tambahan berupa kacang hijau untuk Perkutut. Seperti diketahui, kacang hijau mempunyai sejumlah kandungan nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat dalam membantu menurunkan berat badan Perkutut. Silahkan berikan 5 atau 6 butir kacang hijau yang sudah direbus selama 6 sampai 7 jam kepada Perkutut secara rutin setiap satu minggu sekali.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mengatasi permasalahan obesitas para Perkutut sebenarnya dapat dilakukan melalui berbagai macam cara. Namun, perlu diingat bahwa tata cara di atas harus dilakukan secara rutin dan bertahap dengan penuh ketelitian serta kesabaran.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Perkutut kegemukan dilengkapi dengan ciri hingga penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menurunkan berat badan Perkutut karena kegemukan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.