Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

12 Cara Menguatkan Mental Ayam yang Lemah & Ngedrop!

Cara Menguatkan Mental Ayam yang Lemah

Cara Menguatkan Mental Ayam yang Lemah – Sebagaimana diketahui, mental lemah mungkin menjadi salah satu jenis permasalahan yang seringkali dialami oleh sebagian besar penggemar ayam aduan. Terlebih lagi untuk ayam muda, terkadang pemberian obat dan latihan rutin sudah dilakukan namun tetap saja tidak berhasil.

Alasan kenapa ayam aduan harus mempunyai mental juara yaitu supaya mereka bisa memenangkan sebuah pertandingan di aren ataupun di lapangan. Dimana ayam harus berani mati demi memperjuangkan kemenangan sehingga sebagai seorang penggemar atau peternak, kalian harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan mentalnya.

vitamin burung

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya bagi para pemula yang mengeluhkan bahwa mereka merasa bingung mengenai cara membangkitkan mental juara pada jenis ayam aduan. Secara garis besarnya, meningkatkan mental ayam bisa dilakukan melalui beberapa cara, entah itu dari segi perawatan harian, pemberian pakan hingga teknik pelatihannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana membuat ayam aduan mempunyai mental juara, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara melatihnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menguatkan mental ayam yang lemah, entah itu dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan maupun teknik pelatihannya.

Ciri Mental Ayam Lemah

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara menguatkan mental ayam yang lemah lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa ciri atau tanda ayam aduan jatuh mental. Adapun sejumlah ciri mental ayam lemah tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Kondisi fisik tidak dalam keadaan sehat atau kurang fit.
  • Ayam membentangkan kedua sayapnya.
  • Terlihat gelisah dan pucat di dalam maupun di luar kandang.
  • Ayam lebih banyak minum daripada makan.
  • Pernafasan menjadi tidak teratur.
  • Bobot ayam turun secara signifikan.

Penyebab Mental Ayam Lemah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, munculnya permasalahan pada ayam aduan seperti ayam bangkok pastinya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari faktor internal hingga eksternal. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan beberapa penyebab mental ayam aduan lemah.

  • Faktor keturunan.
  • Kondisi di lingkungan sekitar tidak nyaman.
  • Mengalami trauma sejak kecil.
  • Mendapatkan gangguan dari hewan lain seperti anjing dan musang.
  • Pernah memiliki riwayat cedera atau penyakit lainnya.

Cara Menguatkan Mental Ayam yang Lemah

Tata Cara Menguatkan Mental Ayam yang Lemah

Setelah mengetahui beberapa ciri hingga penyebab mental ayam lemah, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasinya. Adapun sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan mental ayam lemah tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Isolasi Kandang Ayam

Cara menguatkan mental ayam yang lemah pertama yaitu melakukan isolasi kandang. Dimana kegiatan isolasi ayam ini hanya membutuhkan beberapa minggu saja, sampai akhirnya ayam mau kembali berbaur dan membela dirinya sendiri.

2. Pisahkan Kandang

Kemudian cara selanjutnya yaitu memisahkan ayam aduan muda dengan ayam aduan senior. Hal tersebut perlu dilakukan supaya ayam-ayam aduan muda tidak tertekan dengan hadirnya ayam aduan senior. Selain itu, pisahkan juga ayam yang mentalnya lemah dengan ayam dengan badan lebih kuat atau lebih besar.

3. Berikan Ayam Pakan Binatang Hidup

Memberikan pakan binatang hidup kepada ayam juga bisa menjadi salah satu cara untuk menguatkan mental yang lemah. Beberapa jenis pakan hidup tersebut yaitu seperti jangkrik, kodok kecil ataupun anakan tikus.

4. Berikan Jamu Khusus Ayam Aduan

Mungkin bagi beberapa penggemar ayam aduan yang sudah senior mempunyai beberapa racikan ataupun ramuan khusus yang bisa menguatkan mentalnya. Biasanya, dengan jamu atau ramuan khusus seperti dari kunyit, gula merah serta madu mampu meningkatkan tingkat kepercayaan dirinya.

5. Tingkatkan Pemberian Pakan Ayam

Seperti sudah di bahas pada poin sebelumnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis makanan untuk ayam aduan jatuh mental. Nah, cara menguatkan mental ayam yang lemah ini sebenarnya bisa dilakukan dengan cara meningkatkan porsi pemberian pakannya.

6. Adaptasi dengan Ayam Lain

Ketika ayam sudah melewati beberapa proses di atas dan sudah memberikan beberapa perilaku meningkatnya mental, maka selanjutnya kalian bisa memulai membiarkannya beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Sebagai contoh kalian bisa mengumbar ayam aduan di pekarangan rumah supaya bisa berbaur dengan lingkungan sekitar.

7. Latihan Tarung

Cara menguatkan mental ayam yang lemah berikutnya yaitu melakukan latihan taring. Dimana tujuan latih tarung sendiri yaitu supaya mental ayam muda menjadi lebih agresif dan ganas sehingga bisa mempunyai mental juara. Kalian bisa melakukan latihan ini dengan ayam aduan sebaya.

8. Latihan Evaluasi

Pada saat ayam aduan muda sudah sering dilatih tarung, jangan lupa untuk melakukan evaluasi terkait perkembangannya. Perhatikan seberapa jauh ayam mampu melawan dan menyingkirkan rasa takutnya. Sebaiknya latih terus ayam agar mereka mempunyai rasa percaya diri tinggi dan terbiasa melawan semua musuhnya.

9. Kenalkan Ayam ke Arena Lomba

Cara menguatkan mental ayam yang lemah terakhir yaitu dengan mengenalkannya ke arena pada sebuah perlombaan. Ajaklah ayam untuk jalan-jalan di sekitar arena lomba untuk melihat ayam lain yang lebih berpengalaman. Hal ini dipercaya oleh sebagian besar orang karena mampu menguatkan serta meningkatkan mentalnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa jatuhnya mental ayam bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu dari segi internal maupun eksternal. Sementara untuk tata cara meningkatkan ataupun membangkitkan mentalnya kembali sebenarnya dibutuhkan adanya kesabaran serta keuletan dari para pemiliknya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara menguatkan mental ayam yang lemah dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan hingga teknik pelatihannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menguatkan mental ayam agar tidak mudah jatuh.

Sumber gambar : orlandosentinel.com

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.