3 Cara Mengobati Ayam Kurus Nyilet : Tradisional, Obat & Jamu

Cara Mengobati Ayam Kurus Nyilet
Advertisements

Cara Mengobati Ayam Kurus Nyilet – Para penghobi ayam aduan tentunya sudah siap dengan segala sesuatu yang akan dihadapi ketika ayam sedang mengalami sakit. Dimana salah satu masalah kerap terjadi pada ayam aduan yaitu mengenai badan ayam kurus nyilet.

Masalah ayam kurus bisa terjadi karena kesalahan perawatan maupun dikarenakan oleh ayam itu sendiri. Selain itu, ayam nyilet juga bisa dikarenakan adanya pukulan keras saat ayam di abar. Namun bagaimana cara mengobati ayam kurus nyilet?

Advertisements

Ada beberapa beberapa cara untuk mengatasi ayam kurus, seperti dengan perawatan ekstra dan memberi makanan tambahan. Serta cara mengobati ayam kurus nyilet bisa dengan menggunakan jamu atau obat herbal khusus ayam kurus nyilet. Dengan begitu nantinya gizi ayam akan kembali terjaga dan ayam kembali gemuk dan normal seperti ayam lainnya.

Nah pada artikel kali ini, admin Birdsny akan menyajikan ulasan mengenai cara mengobati ayam kurus nyilet. Namun sebelum masuk ke cara tersebut, silahkan simak ulasan mengenai penyebab ayam aduan kurus berikut ini.

Penyebab Ayam Kurus Nyilet

Penyebab Ayam Kurus Susah Gemuk

Seperti sudah disinggung di awal, bahwa masalah ayam kurus nyilet bisa disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya yaitu karena kesalahan perawatan, perilaku ayam maupun dikarenakan sakit setelah di abar. Penyebab ayam kurus dan susah gemuk diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ayam Kurus Cacingan

Penyebab ayam kurus nyilet pertama yaitu karena ayam mengalami cacingan. Dimana penyakit cacing sangat rentan pada hewan peliharaan. Sehingga saat ayam mengalami cacingan bisa membuat makanan dicerna tidak bisa diubah menjadi daging. Akibatnya ayam suka makan namun badan tetap kurus nyilet.

Advertisements

2. Ayam Mengalami Gizi Buruk

Penyebab ayam kurus nyilet kedua yaitu karena ayam mengalami gizi buruk. Dimana gizi buruk bisa terjadi pada ayam saat pemilik salah memberikan pakan atau bisa dikarenakan pakan ayam yang tidak seimbang. Sehingga bisa membuat badan ayam menjadi kurus nyilet.

3. Sakit Setelah di Abar

Penyebab ayam kurus nyilet ketiga yaitu dikarenakan ayam sakit setelah bertarung atau di abar. Ayam bisa saja terkena pukulan keras pada salah satu bagian tubuhnya yang bisa mengakibatkan ayam menjadi tidak fit dan tidak nafsu makan. Sehingga lama kelamaan ayam akan mengalami badan nyilet.

4. Faktor Keturunan

Masalah lainnya membuat ayam kurus nyilet yakni karena faktor keturunan. Pasalnya keturunan ayam sangat mempengaruhi pertumbuhan. Jadi jika ayam memiliki keturunan struktur tulang, mental atau lainnya bisa saja mempengaruhi pertumbuhan dari ayam tersebut. Dan bisa saja membuat ayam menjadi kurus nyilet walaupun doyan makan.

5. Ayam Terlalu Aktif

Penyebab selanjutnya membuat ayam kurus nyilet yakni mengenai keaktifan ayam. Dimana pada ayam sangat aktif akan terjadi pembakaran lemak yang tinggi. Dan bisa membuat ayam ter lewat kurus karena adanya pembakaran lemak tersebut.

6. Proses Perkawinan

Masalah selanjutnya yang bisa bikin ayam kurus nyilet yakni tentang proses perkawinan. Pasalnya setelah melakukan proses kawin, biasanya tubuh ayam akan menjadi kurus. Oleh karena itu biasanya para pemilik ayam aduan tidak melakukan perkawinan saat ayam masih kerja atau masih sering di abar.

7. Stres pada Ayam

Penyebab selanjutnya ketika ayam kurus nyilet yakni karena ayam mengalami stres. Stres pada ayam bisa dikarenakan oleh beberapa hal, diantaranya seperti kondisi lingkungan, atau bisa juga karena kebersihan kandang yang tidak terjaga.

Nah setelah ketahui beberapa penyebab ayam kurus, sekarang bagaimana cara mengobati ayam yang kurus dan susah untuk gemuk? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengobati Ayam Kurus Nyilet

Ada beberapa cara untuk mengobati ayam yang nyilet. Seperti dengan obat tradisional, vitamin untuk ayam kurus nyilet dan memberikan makanan tambahan khusus ayam kurus nyilet. Cara merawat ayam kurus nyilet adalah sebagai berikut :

Makanan Ayam Kurus Nyilet

Makanan Bernutrisi Untuk Unggas

Cara pertama untuk mengatasi ayam kurus nyilet yaitu dengan memperhatikan makanan yang diberikan. Dimana ayam kurus nyilet membutuhkan asupan makan berupa protein, lemak, karbohidrat, dan serat.

Sehingga silahkan cari dan berikan makanan ayam yang mencukupi semua kebutuhan tersebut. Misalnya dengan menggunakan pur yang sesuai dan takaran sesuai. Misalnya dengan perhitungan 8 gram protein dan 3 gram lemak dan 25 gram karbohidrat setiap 1Kg berat ayam.

Sehingga nantinya kandungan nutrisi pakan tersebut bisa membantu mengobati ayam kurus nyilet. Dan badan ayam akan berangsur pulih menjadi gemuk dan normal seperti sedia kala.

Obat Herbal Tradisional Mengobati Ayam Kurus Nyilet

Obat Herbal Tradisional mengatasi Ayam Kurus

Cara kedua untuk mengatasi ayam kurus nyilet yakni dengan memberi obat herbal atau tradisional. Seperti dengan memberikan daun pepaya, kunyit dan bawang putih.

Cara pemberian nya yakni dengan memotong kecil kecil semua bahan tersebut, lalu campur ke makanan utama ayam. Serta bisa juga dengan merebus semua bahan di atas, lalu diamkan sampai dingin dan silahkan racik bahan tersebut bersama dengan makanan utama ayam.

Namun perlu diingat, pastikan anda mengontrol atau membatasi pemberian bahan makanan tersebut agar tidak ter lewat batas. Dengan begitu diharapkan nafsu makan ayam kembali normal, dan badan ayam tidak menjadi kurus nyilet lagi.

Jamu Khusus Mengobati Ayam Kurus Nyilet

Jamu Khusus Mengobati Ayam Kurus Nyilet

Cara ketiga untuk mengobati ayam kurus yakni dengan memberikan jamu atau obat khusus penggemuk ayam. Anda bisa mendapatkan produk tersebut melalui toko online. Pasalnya sekarang ini banyak varian jamu atau vitamin untuk mengobati ayam aduan nyilet.

Obat Ayam Nyilet
Advertisements

Namun lagi-lagi, anda harus mengontrol atau membatasi agar pemberian jamu dan obat tersebut tidak berlebihan. Sehingga dalam proses mengobati ayam kurus bisa berjalan dengan lancar.

Itulah informasi mengenai cara mengobati ayam kurus nyilet yang berhasil admin Birdsny rangkum. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung saat mengobati ayam nyilet menggunakan beberapa cara di atas?

Buat anda yang ingin tahu mengenai cara lain untuk mengobati penyakit ayam, kemarin admin Birdsny sudah pernah merangkum tentang cara mengobati korep ayam dengan bawang putih.

Akhir Kata

Menarik kesimpulan ulasan di atas, bahwa cara mengobati ayam kurus nyilet dapat dicoba dengan memberikan takaran nutrisi pakan ayam yang sesuai, menggunakan bahan herbal atau tradisional serta dengan pakai jamu atau vitamin khusus ayam kurus nyilet.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi ayam kurus nyilet dari Birdsny. Terima kasih telah bersedia mengunjungi Birdsny.com dan semoga ulasan tentang penyebab dan cara obati ayam kurus nyilet di atas bisa menambah wawasan buat anda semuanya.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.