Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Cara Mengobati Ayam Lumpuh dengan Bawang Putih Paling Ampuh!!

Cara Mengobati Ayam Lumpuh dengan Bawang Putih

Cara Mengobati Ayam Lumpuh dengan Bawang Putih – Sebagaimana diketahui, ayam merupakan salah satu jenis unggas yang cukup banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Entah itu dijadikan sebagai hewan peliharaan untuk hiasan (hobi) ataupun sebagai hewan ternakan untuk menopang perekonomian keluarga.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis ayam. Dimana tingkat kerentanannya terhadap suatu penyakit juga pastinya berbeda-beda. Nah, salah satu jenis penyakit yang mungkin sering dialami oleh para pemilik ayam, khususnya jenis ayam aduan yaitu kelumpuhan.

Adapun penyebab kelumpuhan pada kaki ayam sendiri sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, baik itu faktor internal ataupun eksternal. Untungnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mengobatinya, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan bawang putih.

Apabila diantara kalian mengalami masalah serupa di atas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara mengobatinya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengobati semua jenis ayam yang lumpuh dengan bawang putih.

Penyebab Ayam Lumpuh

Penyebab Ayam Lumpuh

Seperti dijelaskan sebelumnya, kelumpuhan kaki ayam sendiri sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu faktor internal ataupun eksternal. Dimana faktor internal berarti penyebabnya ada pada ayam itu sendiri, sementara faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar seperti suhu, pakan dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai cara mengobati ayam lumpuh dengan bawang putih lebih lanjut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Adapun beberapa penyebab permasalahan kaki ayam lumpuh tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Kualitas DOC ayam tidak unggul.
  • Ayam kekurangan nutrisi.
  • Adanya perubahan cuaca (cuaca ekstrim).
  • Ayam terjepit kandang.
  • Ayam mengalami kram pada kakinya.
  • Kandang ayam terlalu sempit.
  • Ayam terkena benturan keras sehingga mengalami cedera fisik.
  • Ayam mengalami infeksi penyakit dari virus atau bakteri.

Manfaat Bawang Putih Untuk Ayam

Salah satu alasan kenapa bawang putih seringkali dijadikan sebagai salah satu obat untuk mengatasi ayam lumpuh yaitu karena kandungan nutrisi di dalamnya. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalam tanaman bawang putih.

  • Protein.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Kalium.
  • Selenium.
  • Antioksidan seperti flavonoid, oligoskarida dan asam amino.

Dari beberapa kandungan nutrisi dan zat gizi bawang putih di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa jenis tanaman tersebut mampu mengobati ayam lumpuh. Dimana kandungan seperti protein, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi hingga selenium mampu membuat menjaga kesehatan tulang serta memperlancar peredaran darah kaki ayam.

Selain itu, kandungan antioksidan seperti flavonoid, oligoskarida dan asam amino juga membantu ayam terhindar dari berbagai macam penyakit akibat virus dan bakteri di lingkungan sekitar. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk memanfaatkan bawang putih ketika hendak mengatasi ayam lumpuh.

Cara Mengobati Ayam Lumpuh dengan Bawang Putih

Cara Mengobati Kaki Ayam Lumpuh dengan Bawang Putih

Setelah mengetahui beberapa penyebab hingga manfaat bawang putih dalam mengatasi kelumpuhan pada kaki ayam, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara melakukannya. Namun, perlu diingat bahwa langkah-langkah dalam mengobati kaki ayam lumpuh menggunakan bahan alami tersebut harus dilakukan secara rutin.

Pada pembahasan sebelumnya juga sudah pernah kami jelaskan bahwa bawang putih dapat dimanfaatkan untuk mengobati korep ayam. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara mengobati ayam lumpuh dengan bawang putih di bawah ini.

1. Siapkan Bawang Putih

Cara pertama, silahkan siapkan beberapa siung bawang putih. Kemudian, kupas kulit bawang putih tersebut kemudian cuci menggunakan air sampai bersih.

2. Parut Bawang Putih

Cara selanjutnya yaitu parut bawang putih sampai halus. Kalian juga bisa menghaluskan bawang putih dengan cara ditumbuk. Untuk percobaan pertama sebaiknya parut atau tumbuk bawang putih jangan terlalu banyak.

3. Oleskan Bawang Putih Pada Kaki Ayam

Nah, cara mengobati ayam lumpuh menggunakan bawang putih yaitu dengan mengoleskannya ke bagian kaki ayam yang mengalami kelumpuhan. Setelah bawang putih dioleskan ke kaki ayam, silahkan urut secara perlahan.

4. Lakukan Secara Rutin

Lakukanlah langkah-langkah di atas secara rutin sampai kaki ayam benar-benar sembuh dari kelumpuhan. Bahkan jika kaki ayam sudah sembuh dari kelumpuhan, kalian juga masih bisa memberikan bawang merah supaya bisa memperlancar sistem peredaran darahnya.

Tips Mengobati Ayam Lumpuh

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai cara mengobati ayam lumpuh dengan bawang putih untuk semua jenis-jenisnya. Seperti halnya ketika ingin menguatkan kaki ayam Bangkok yang lemas, di dalam langkah-langkah mengatasi kaki ayam lumpuh juga bisa dilakukan dengan cara lain selain bawang putih.

Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan beberapa tips mengobati ayam lumpuh menggunakan bahan lain selain bawang merah.

  • Mengoleskan bawang merah ke kaki ayam lumpuh.
  • Memberi asupan gula merah secara rutin.
  • Memberi ayam konsumsi jahe.
  • Memijat kaki ayam menggunakan minyak kayu putih.
  • Melatih ayam untuk bergerak secara perlahan.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengobati ayam lumpuh dengan bawang putih dilengkapi dengan sejumlah penyebab masalah hingga manfaatnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi kaki ayam lumpuh menggunakan bawang putih.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.