Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

33 Cara Mengatasi Cendet Cabut Ekor & Penyebabnya!!

Cara Mengatasi Cendet Cabut Ekor

Cara Mengatasi Cendet Cabut Ekor – Seperti diketahui, Cendet merupakan salah satu jenis burung kicauan tipe petarung atau fighter yang mempunyai karakteristik galak. Selain itu, asalan lainnya mengapa banyak orang gemar memelihara Cendet atau Pentet tersebut yaitu karena mereka mampu mengeluarkan suara kicauan yang keras serta indah.

Meskipun mempunyai sejumlah kelebihan, namun ternyata Cendet juga memiliki beberapa keanehan, salah satunya yaitu kebiasaan buruk mencabuti bulu ekornya. Kebiasaan mencabuti bulu atau ciak ekor ini dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu karena faktor internal maupun eksternal.

Jika permasalahan tersebut tidak segera di atasi, maka pastinya bisa berakibat Cendet mengalami kebotakan sehingga rawan terserang penyakit. Meskipun demikian, jangan khawatir karena sebenarnya saat ini masih ada sejumlah solusi yang bisa dilakukan guna mengatasi permasalahan tersebut.

Dimana permasalahan Cendet cabut ekor tersebut dapat diatasi dengan cara perawatan harian serta pemberian makan yang benar dan tepat. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasi Cendet cabut ekor dilengkapi beberapa penyebab permasalahannya.

Penyebab Cendet Cabut Ekor

Penyebab Cendet Cabut Ekor

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengatasi Cendet cabut ekor berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja penyebab permasalahannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, munculnya masalah Cendet cabut ekor sendiri sebenarnya dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu karena faktor internal maupun eksternal.

Apabila permasalahan tersebut dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu lama tanpa adanya penanganan, maka Cendet dapat dipastikan akan mengalami kebotakan secara permanen. Tidak hanya merusak penampilan Cedet saja, namun kebotakan tersebut juga akan membuat burung mudah terserang penyakit.

Dimana jika kulit Cendet sudah tidak memiliki perlindungan bulu membuat pori-pori mudah terjangkit virus dan bakteri sehingga mudah sakit. Adapun beberapa penyebab mengapa Cendet kerap mencabut atau ciak bulu ekor tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Adanya bakteri yang tumbuh pada kulit seperti jamur serta kutu sehingga kulit bagian ekor menjadi gatal.
  • Pemilik terlalu berlebihan dalam pemberian pakan ekstra fooding (EF) sehingga mengalami over birahi.
  • Cendet selalu diberi pakan berupa voer kering atau biji-bijian saja tanpa adanya selingan pakan bernutrisi sehingga burung kekurangan gizi.
  • Cendet tidak terawat atau kurang mendapatkan perawatan dari pemiliknya.
  • Cendet kalah mental atau drop setelah selesai di adu di lapangan sehingga mengalami stres.
  • Cendet tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya.
  • Penggunaan sampo tidak cocok untuk Cendet.

Cara Mengatasi Cendet Cabut Ekor

Cara Mengatasi Burung Cendet Cabut Ekor

Menurut pengalaman beberapa orang, permasalahan Cendet cabut ekor rata-rata karena mereka mengalami over birahi. Akan tetapi, faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab utama mengapa Cendet mengalami permasalahan tersebut, seperti halnya penyebab Cendet kelabakan di sangkar.

Seperti dijelaskan sebelumnya, pastinya semua masalah pada burung peliharaan mempunyai sebuah solusi untuk mengatasinya, termasuk Cendet ciak ekor. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara mengatasi Cendet cabut ekor di bawah ini, baik dari segi pola perawatan harian maupun pemberian pakannya.

1. Asingkan Cendet ke Tempat Lain

Apabila kalian mempunyai burung lebih dari satu, maka asingkan Cendet yang sakit dari burung lainnya. Hal tersebut bertujuan supaya burung lain tidak meniru kebiasaan Cendet dalam mencabuti bulu ekor ataupun memicu penularan tingkah laku tidak baik. Selain itu, cara ini juga berfungsi sebagai upaya untuk mengembalikan mental burung agar kembali normal seperti semula.

2. Rutin Memandikan Cendet

Cara mengatasi Cendet cabut ekor selanjutnya yaitu rutin memandikannya di pagi serta sore hari. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi Cendet mbagong. Setelah selesai memandikan Cendet, silahkan lakukan penjemuran secukupnya sampai bulu tubuhnya benar-benar kering. Selam proses penjemuran berlangsung, saran kami sebaiknya jauhkan dari jenis burung lainnya.

5. Lakukan Terapi Full Kerodong

Melakukan terapi full kerodong pada saat Cendet sedang beristirahat juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi permasalahan cabut ekor, entah itu di siang hari ataupun malam hari. Dimana pemakaian kerodong pada sangkar Cendet bertujuan sebagai sebuah antisipasi supaya cuaca di sekitar menjadi seimbang dan mencegah bahaya dari hewan ataupun serangga lainnya.

4. Berikan Cendet Bernutrisi

Selain proses atau pola perawatan hariannya, dalam mengatasi Cendet cabut ekor juga harus diperhatikan dari segi pemberian pakannya. Cobalah untuk memberikan Cendet pakan bernutrisi dan atur pemberian EF dengan sebaik mungkin sesuai porsinya supaya asupan gizinya terpenuhi tanpa menimbulkan over birahi.

5. Berikan Cendet Multivitamin Tambahan

Kemudian memberikan multivitamin tambahan juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi Cendet cabut ekor. Pemberian multivitamin tambahan ini dilakukan agar kondisi kesehatan tubuh serta staminanya bisa semakin membaik. Dimana multivitamin sendiri dapat berupa serbuk atau cair yang dapat kalian peroleh di toko atau kios burung terdekat.

6. Berikan Cendet Cairan Antiseptik

Memberikan cairan antiseptik setiap dua minggu sekali juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi Cendet ciak ekor. Tata cara pemberian cairan antiseptik sendiri dilakukan pada saat ingin memandikan Cendet. Campurkan cairan antiseptik secukupnya ke dalam air mandi Cendet. Namun, saran kami sebaiknya konsultasi kepada penjual ataupun kerabat yang lebih berpengalaman terkait merk cairan antiseptik terpercaya serta berkualitas.

7. Bawa Cendet ke Klinik Hewan

Apabila beberapa cara di atas belum bisa mengatasi kebiasaan Cendet cabut ekor, maka solusi terakhir yaitu membawanya ke dokter atau klinik hewan terdekat. Biasanya dokter akan memeriksa serta mendiagnosis apa penyebab Cendet mencabuti bulu ekornya. Jika memang ditemukan adanya sebuah penyakit, maka dokter akan menjelaskan bagaimana cara penanganan serta pengobatannya.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa Cendet berperilaku mencabuti bulu ekor bisa disebabkan karena sejumlah hal, entah itu faktor internal maupun eksternal. Sementara untuk cara mengatasinya sendiri juga tidak hanya berasal dari segi pola perawatan hariannya saja, namun juga harus memperhatikan pemberian pakannya.

Demikian sekiranya penjelasan lengkap dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Cendet cabut ekor dilengkapi penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengatasi Cendet kerap mencabuti bulu ekornya.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *