Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Cara Cepat Merontokkan Bulu Kacer Mabung dengan Lancar!!

Cara Cepat Merontokkan Bulu Kacer Mabung

Cara Cepat Merontokkan Bulu Kacer Mabung – Kondisi mabung atau moulting umum terjadi pada hampir semua jenis burung, termasuk Kacer. Dimana proses ini akan sangat bermanfaat bagi Kacer, karena jika berlangsung dengan lancar maka kualitas suara burung menjadi semakin baik.

Akan tetapi, terdapat beberapa kasus dari pecinta Kacer yang mengeluhkan bahwa burung peliharaan mereka tidak bisa melewati masa mabung dengan lancar. Jika mengalami hal tersebut, maka kemungkinan besar kualitas suara burung Kacer bisa menjadi buruk sesuai masa mabung.

Perlu diketahui, beberapa orang menganggap bahwa semakin cepat proses mabung, maka akan semakin bagus pula untuk Kacer. Hal itulah yang membuat pecinta Kacer ingin bulu burung peliharaannya tersebut cepat rontok ketika mengalami masa mabung atau moulting.

Sebenarnya, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan ketika kalian hendak merontokkan bulu Kacer saat mabung. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara cepat merontokkan bulu Kacer mabung, baik dari segi perawatan ataupun pemberian pakannya.

Ciri Ciri Kacer Mabung

Sebelum pembahasan utama mengenai cara merontokkan bulu Kacer mabung berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa ciri-ciri Kacer mengalami masa mabung. Biasanya Kacer yang mengalami masa mabung akan terlihat jelas dari gerak-geriknya. Adapun beberapa ciri-ciri tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Kacer menjadi sering diam dan malas bergerak.
  • Kacer terkadang mencabuti bulu.
  • Kacer tidak mau berkicau atau macet bunyi.
  • Kacer tidak bergairah dan terlihat gelisah ketika didekati.
  • Terkadang Kacer justru terlihat berkicau ngotot dan kacer saat sehari sebelum mabung.
  • Bulu Kacer terlihat tidak mengkilap, kusam, tidak rapi serta amburadul.
  • Bulu-bulu kecil Kacer akan berjatuhan sekitar 1 sampai 4 helai dan berlangsung setiap harinya sampai habis.
  • Mata Kacer terlihat sayu dan tatapannya pun kosong.
  • Bagian bawah sangkar terlihat kotor serta dipenuhi bulu Kacer.

Cara Cepat Merontokkan Bulu Kacer Mabung

Cara Cepat Merontokkan Bulu Kacer Saat Mabung

Seperti dijelaskan sebelumnya, sebagian besar orang menganggap bahwa semakin cepat masa mabung Kacer, maka akan semakin bagus pada kesehatannya. Maka dari itu, beberapa pecinta Kacer mulai penasaran bagaimana cara supaya bulu Kacer cepat rontok pada saat masa mabung.

Untungnya, kini terdapat berbagai macam cara yang bisa dilakukan ketika hendak mempercepat proses mabung Kacer, entah itu dari segi perawatan harian ataupun pemberian pakannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah cara cepat merontokkan bulu Kacer mabung untuk semua jenis-jenisnya.

1. Sauna Kacer

Cara cepat merontokkan bulu Kacer saat mabung pertama yaitu menjalani atau melakukan terapi sauna. Kegiatan ini dinilai menjadi cara paling aman karena pemilik burung tidak perlu menggunakan bahan bantuan apapun.

Sauna Kacer dapat dilakukan dengan cara memberi kerodong pada sangkar atau kandang. Sebaiknya gunakanlah kain kerodong cukup tebal berwarna hitam. Namun, sebelum mengerodongkannya, semprot terlebih dahulu kain kerodong tersebut menggunakan air.

Terapi sauna akan membuat suhu di dalam sangkar menjadi panas sehingga membuat pori-pori Kacer membesar dan proses perontokkan bulu menjadi lebih cepat. Cara ini sebenarnya dapat dilakukan kepada semua jenis Kacer.

Akan tetapi, pastikan kalian memeriksa kondisi Kacer secara rutin. Hal ini dikarenakan jika proses sauna terlalu lama, maka Kacer akan merasa tidak nyaman, khususnya ketika tahapan mabung atau moulting sudah selesai.

2. Asingkan Kacer

Cara selanjutnya yaitu dengan mengasingkan Kacer mabung ke tempat cukup lembab atau panas dan terhindar dari hewan lainnya. Hal tersebut bertujuan supaya menghindari pertengkaran antar burung.

Sebab, pertengkaran antar burung dapat membuat Kacer merasa tidak nyaman, atau bahkan stres. Kalian tidak perlu memberikan kerodong, namun pastikan untuk tetap mengawasinya dari kejauhan.

3. Jangan Mandikan Kacer

Jangan memandikan Kacer beberapa waktu juga bisa menjadi salah satu cara cepat untuk merontokkan bulu pada saat masa mabung. Pasalnya, jika Kacer terkena air dingin, maka secara otomatis pori-pori akan menciut sehingga proses perontokkan bulu menjadi lebih sulit.

Memang benar jika Kacer bisa dimandikan menggunakan air hangat. Namun sayangnya, kulit Kacer belum tentu siap menerima air hangat tersebut yang bisa membuatnya terkejut dan akhirnya menjadi stres. Maka dari itu, sebaiknya jangan mandikan Kacer sampai masa mabung benar-benar selesai.

4. Racik Kroto dan Susu Bubuk

Jika di atas dijelaskan bagaimana cara cepat merontokkan bulu Kacer saat mabung dari segi perawatan, namun kali ini akan kami berikan penjelasan dari segi pemberian pakannya. Dimana kalian bisa memanfaatkan campuran pakan kroto dengan susu bubuk vanila supaya proses mabung cepat selesai.

Pemberian campuran pakan tambahan tersebut dapat dilakukan selama satu minggu penuh. Umumnya bulu Kacer akan mulai rontok pada hari ke-2 dan proses mabung dapat selesai dalam kurun waktu 7 hingga 10 hari. Setelah proses mabung selesai, hentikan pemberian pakan kroto dengan susu bubuk tersebut.

5. Berikan Nutrisi Tambahan

Tips selanjutnya yaitu berikan nutrisi tambahan pada Kacer supaya proses mabung bisa selesai lebih cepat. Sebenarnya pemberian nutrisi tambahan juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi Kacer mbagong.

Kalian bisa memberikan nutrisi dengan kandungan protein tinggi berupa metioni serta sistin pada BirdMolt-Pre. Namun, saran kami sebaiknya jangan terlalu sering untuk memberikan vitamin tersebut untuk menghindari efek-efek negatif.

6. Rutin Bersihkan Sangkar

Kemudian menjaga kesehatan kandang atau sangkar Kacer juga menjadi hal penting jika kalian ingin masa mabung cepat selesai. Kegiatan ini penting untuk dilakukan supaya tidak ada penyakit yang berdatangan.

Pasalnya hal ini sangat berhubungan dengan kondisi Kacer yang lemah ketika mengalami masa mabung. Jadi, sebaiknya bersihkan sangkar beserta aksesoris di dalamnya seperti wadah pakan secara rutin supaya terhindar dari bakteri.

7. Jemur Kacer

Cara terakhir dalam upaya merontokkan bulu Kacer saat mabung secara cepat yaitu dengan melakukan penjemuran. Proses penjemuran penting untuk dilakukan supaya performa Kacer dapat segera pulih seperti biasa.

Cara ini juga bisa dilakukan jika kalian ingin mempercepat penumbuhan bulu Kacer saat proses mabung sudah selesai. Jemur Kacer kurang lebih selama 1 hingga 2 jam maksimal pada pukul 10 pagi setiap harinya.

Namun perlu diingat bahwa proses penjemuran tidak boleh dilakukan apabila Kacer mengalami proses pergantian kulit. Jika memang dipaksakan, maka bisa membuat Kacer mengalami gangguan ataupun permasalahan kesehatan.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya untuk membuat bulu Kacer cepat rontok pada mabung sebenarnya cukup mudah. Dimana tata caranya sendiri yaitu dengan memperhatikan proses perawatan hariannya serta pemberian pakan tambahannya.

Demikian informasi dari Birdsny.com seputar cara cepat merontokkan bulu Kacer mabung untuk semua jenis-jenisnya, baik itu dari segi perawatan harian ataupun pemberian pakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mempercepat masa mabung Kacer.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *