Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Cara Menaikkan Emosi Kacer Agar Gacor!! (Tipe Dingin & Panas)

Cara Menaikkan Emosi Kacer
Advertisements

Cara Menaikkan Emosi Kacer – Mungkin sebagian besar penggemar burung Kacer pernah mengalami kondisi dimana burung ngedrop ketika mengikuti sebuah perlombaan atau kontes. Memang benar bahwa Kacer yang ngedrop mentalnya sudah menjadi hal biasa, terlebih lagi untuk Kacer muda.

Meskipun demikian, terkadang Kacer dewasa juga dapat mengalami penurunan performa karena kalah mental dengan jenis burung Kacer lainnya. Tentunya penyebab Kacer ngedrop sangat bervariasi, tidak hanya terjadi karena faktor usia saja, namun juga bisa terjadi karena Kacer kurang emosi saat bertarung.

Advertisements

Sebenarnya, meningkatkan emosi Kacer dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, baik itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya. Akan tetapi, masih ada sebagian orang di luar sana terutama bagi pemula yang belum memahami bagaimana cara-cara untuk menaikkan emosi Kacer.

Oleh sebab itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menaikkan emosi Kacer supaya lebih gacor dan giras. Selain itu, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa penyebab Kacer kalah mental serta ciri-ciri umum Kacer emosi.

Penyebab Kacer Kalah Mental

Perlu diketahui, pada dasarnya Kacer mempunyai karakter yang berbeda satu sama lainnya, ada yang memiliki emosi rendah, sedang serta tinggi. Akan tetapi, untuk mengikuti sebuah perlombaan dibutuhkan adanya Kacer tipe fighter dengan emosi stabil.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya terdapat banyak Kacer dengan emosi tidak stabil sehingga ketika mengikuti lomba birahinya cukup tinggi. Adapun beberapa penyebab mengapa Kacer kurang emosi sehingga kalah mental dengan lawannya diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Advertisements
  • Kacer kekurangan gizi.
  • Kacer kekurangan nutrisi.
  • Pola perawatan harian Kacer salah.
  • Kacer dimaster dengan burung suara keras.
  • Kacer kurang mendapatkan sinar matahari.
  • Kacer mengalami infeksi gangguan pencernaan.
  • Karakter Kacer sejak lahir.

Tujuan Menaikkan Emosi Kacer

Sebelum pembahasan utama mengenai cara menaikkan atau meningkatkan emosi Kacer lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa tujuan utamanya. Dimana tujuan utama menaikkan emosi Kacer yaitu agar burung dapat memiliki perilaku lebih agresif.

Jika mempunyai tingkah laku atau perilaku agresif, maka bisa membuatnya mengeluarkan semua isian suara Kacer, terutama pada saat mengikuti kontes. Namun, perlu diingat bahwa emosi burung Kacer juga pastinya harus diimbangi dengan stamina yang prima.

Pasalnya, jika mental dan emosi Kacer meningkat, maka mereka akan terus mengeluarkan bunyi gacor sehingga menghabiskan banyak tenaga. Maka dari itu, agar Kacer bisa gacor serta bertahan sampai akhir perlombaan, maka mereka harus memiliki stamina yang kuat.

Ciri-Ciri Kacer Emosi

Setelah mengetahui penyebab Kacer kalah mental serta tujuan menaikkan emosi, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana ciri-ciri Kacer emosi. Ciri utama burung Kacer sedang emosi yaitu karakter fighter atau petarungnya akan terlihat jelas secara visual.

Kacer emosi bisa ditandai mulai dari matanya yang tajam, postur tubuh menjadi terlihat lebih proporsional serta memiliki perilaku sangat aktif. Apabila bertemu lawan, biasanya Kacer bersifat sangat agresif dan mengeluarkan suara nyaring diiringi dengan membuka ekornya.

Hal tersebut tentunya sangat berbanding terbalik ketika Kacer sedang mbagong. Dimana ciri-ciri Kacer mbagong yaitu bulunya akan mengembang seperti bola, atau dapat dikatakan akan terlihat seperti gemuk. Selain itu, suara Kacer mbagong juga terdengar berbeda dan aneh.

Cara Menaikkan Emosi Kacer

Perlu diketahui, sebenarnya cara menaikkan emosi Kacer tidak akan jauh berbeda seperti saat menaikkan emosi burung Murai Batu. Pasalnya, proses menaikkan emosi Kacer dilakukan melalui beberapa tahapan, entah itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

Meskipun begitu, cara menaikkan mental dan emosi Kacer bukanlah perkara mudah seperti halnya membalikkan telapak tangan. Maka dari itu, kalian perlu mempelajari beberapa tahapan sederhana di bawah ini supaya bisa membuat emosi Kacer naik sehingga lebih gacor, baik itu tipe dingin ataupun panas.

1. Mandikan Kacer

Mandikan Kacer

Cara menaikkan emosi Kacer pertama yaitu rutin memandikan di dalam keramba dengan intensitas sebanyak dua kali dalam kurun waktu seminggu. Saran kami sebaiknya gunakan spray saat hendak memandikan Kacer. Sebab, Kacer sangat suka semprotan air dari spray.

Namun, jika Kacer mengeluarkan perilaku tidak suka atau tidak cocok saat sedang dimandikan, maka jangan terlalu lama ketika memandikannya. Cukup mandikan burung Kacer sampai air membasahi seluruh tubuhnya saja.

2. Jemur Kacer

Jemur Kacer

Setelah Kacer selesai dimandikan, langkah selanjutnya yaitu melakukan penjemuran setiap pagi hari. Waktu ideal menjemur burung Kacer dalam upaya untuk menaikkan emosi yaitu antara pukul 07.00 hingga 08.00 pagi.

Silahkan jemur Kacer di depan rumah dan selalu perhatikan perilakunya. Biasanya Kacer yang suka berjemur akan menunjukkan tanda dengan mengeluarkan bunyi nyaring. Jangan menjemur Kacer terlalu kesiangan karena bisa membuat suhu tubuh panas sehingga menyebabkan stres.

3. Setting Pakan Harian Kacer

Setting Pakan Harian Kacer

Mengatur pemberian pakan Kacer juga bisa menjadi salah satu cara untuk menaikkan emosi burung. Cobalah berikan pakan ekstra fooding (EF) atau makanan ekstra untuk burung Kacer seperti jangkrik, ulat hongkong serta kroto.

Untuk jangkrik, cobalah berikan 10 ekor. Apabila Kacer hanya menghabiskan 9 ekor setiap harinya, maka itu tandanya porsi makanan jangkriknya hanya 9 ekor. Sedangkan ulat hongkong dan kroto dapat diberikan setiap seminggu sekali apabila Kacer kurang birahi atau drop staminanya.

4. Ajak Kacer Latihan

Ajak Kacer Latihan

Sebagai penggemar Kacer, kalian perlu memancing komunikasi dengan burung, khususnya pada saat sedang proses penjemuran. Cara melakukannya yaitu berikan pakan jangkrik dengan porsi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Setelah itu, ajak komunikasi Kacer dengan bersiul untuk memancing emosi serta mentalnya. Umumnya mata burung Kacer akan tajam jika merasa itu sebagai ancaman diiringi perilaku agresif dan aktif di dalam sangkar.

5. Dekatkan Kacer dengan Betina

Dekatkan Kacer dengan Betina Cara Menaikkan Emosi
Advertisements

Cara menaikkan emosi Kacer terakhir yaitu mendekatkannya dengan Kacer betina. Hal ini dikarenakan tingkat emosi Kacer akan sangat berhubungan erat dengan birahi. Jadi, dapat dikatakan bahwa melalui pelatihan dengan Kacer betina bisa menjadi salah satu solusi untuk menaikkan emosi Kacer.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebenarnya cara untuk meningkatkan emosi serta mental Kacer dapat dilakukan baik itu dari segi perawatan harian ataupun pola pakannya. Sebab, jika kesehatan dan stamina Kacer terjaga, maka kemungkinan besar emosinya akan tetap stabil.

Itulah sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar cara menaikkan emosi Kacer dari segi pola perawatan hingga pemberian pakannya, baik itu untuk tipe panas ataupun dingin. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak meningkatkan emosi burung Kacer.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *