Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

14 Cara Mengatasi Kenari Serak dengan Cepat & Paling Ampuh!!

Cara Mengatasi Kenari Serak
Advertisements

Cara Mengatasi Kenari Serak – Seperti diketahui, Kenari merupakan salah satu jenis burung peliharaan cukup terkenal di dunia perkicauan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Kenari dianggap mampu menciptakan keindahan suara lantang dan merdu sehingga dapat dinikmati setiap waktu.

Meskipun demikian, bukan berarti burung Kenari bisa mengeluarkan suara merdu selamanya. Sebab, Kenari bisa saja mengalami suatu gangguan kesehatan sehingga kualitas suaranya menjadi semakin menurun, atau bahkan macet serta tidak mau mengeluarkan bunyi sama sekali.

Advertisements

Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh Kenari yaitu adanya gangguan tenggorokan seperti serak sehingga membuat suaranya menjadi terbata-bata. Jika permasalahan atau gangguan tersebut dibiarkan terlalu lama, maka risiko paling fatal yaitu Kenari bisa kehilangan suaranya.

Maka dari itu, apabila kalian mengalami permasalahan serupa ada baiknya cari tahu bagaimana cara mengobati ataupun mengatasinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasi Kenari serak, baik itu dari segi perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

Penyebab Kenari Serak

Penyebab Kenari Serak

Seperti dijelaskan sebelumnya, permasalahan seperti serak memang umum terjadi pada hampir semua jenis burung kicauan, termasuk Kenari. Dimana gangguan tersebut tentunya dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu karena lingkungan, kesehatan ataupun karena kelalaian perawatan oleh pemiliknya.

Oleh sebab itu, sebelum membahas cara mengatasi suara burung Kenari serak lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Adapun beberapa penyebab suara Kenari serak tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Advertisements
  1. Perawatan harian Kenari kurang sempurna.
  2. Kenari sangat jarang atau bahkan tidak pernah dijemur sama sekali di bawah sinar matahari.
  3. Kenari mengalami masalah seperti infeksi atau perangan pada tenggorokan.
  4. Tubuh Kenari gemuk sehingga berpengaruh pada suaranya ketika berkicau.
  5. Adanya lendir di tenggorokan yang menempel dan mengendap sehingga mengurangi kelancaran bunyi Kenari.
  6. Terjadinya pergantian suhu serta kelembaban udara di lingkungan sekitar.
  7. Kenari terlalu lama dijemur sehingga membuat saluran tenggorokannya menjadi kering dan mengakibatkan macet bunyi.
  8. Lingkungan sekitar burung Kenari kotor karena jarang dibersihkan.

Cara Mengatasi Kenari Serak

Cara Mengatasi Suara Kenari Serak
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa penyebab suara Kenari menjadi serak, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara mengobati ataupun mengatasinya. Perlu diketahui, sebenarnya cara mengatasi Kenari serak bisa dikatakan gampang-gampang susah sehingga membutuhkan adanya kesabaran dan ketelatenan.

Meskipun begitu, jangan khawatir karena jika kondisi suara serak Kenari belum terlalu parah, maka masih ada kesempatan bagi kalian untuk mengobatinya. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik cara mengatasi Kenari serak berikut ini, baik itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

1. Kurangi Durasi Penjemuran Kenari

Cara mengatasi Kenari serak pertama yaitu mengurangi durasi maupun intensitas penjemuran di bawah sinar matahari. Memang benar bahwa penjemuran merupakan hal baik untuk kesehatan Kenari. Akan tetapi, berbeda halnya dengan Kenari serak.

Dimana penyakit serak tersebut pastinya melibatkan bagian tenggorokan Kenari. Maka dari itu, apabila Kenari dijemur terlalu lama maka tentunya akan membuat tenggorokannya semakin kering. Jadi, saran kami sebaiknya lakukan penjemuran Kenari selama 10 – 15 menit saja setiap harinya.

2. Rutin Memandikan Kenari

Cara mengatasi Kenari serak selanjutnya yaitu rutin memandikan kenari. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, salah satu penyebab suara Kenari serak yaitu karena adanya infeksi. Umumnya infeksi tersebut terjadi karena adanya kuman atau bakteri masuk ke dalam tubuh Kenari. Maka dari itu, alangkah baiknya rutin memandikan Kenari setiap hari supaya debu dan kuman di dalam tubuhnya hilang.

3. Bersihkan Kadang Kenari

Selain menjaga kebersihan tubuh Kenari, menjaga kebersihan sangkar atau kandang juga perlu dilakukan ketika ingin mengatasi suara serak. Pasalnya, kuman dan bakteri tidak hanya menempel pada tubuh Kenari saja, namun juga bisa mengendap pada kotoran di dalam sangkar. Oleh sebab itu, selalu bersihkan kandang Kenari secara rutin beserta fasilitasnya seperti wadah makan dan minumnya.

4. Cukupi Asupan Pakan dan Minum Kenari

Mencukupi asupan pakan dan minum juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi Kenari suara serak. Sekedar informasi tambahan, saran kami sebaiknya hindari pemberian pakan yang bergetah seperti oyong dan mentimun. Sebab makanan tersebut ternyata sangat berbahaya bagi Kenari serak.

Jadi, cobalah berikan pakan buah-buahan atau jenis sayuran lainnya guna mencukupi asupan Kenari setiap harinya. Sementara untuk air minumnya sendiri sebaiknya berikan air yang sudah matang dan hindari pemberian air keran ataupun mentah.

5. Berikan Kenari Daun Mengkudu

Pada pembahasan sebelumnya sudah kami jelaskan mengenai manfaat daun mengkudu untuk Lovebird dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Nah, ternyata daun mengkudu muda juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu jamu atau obat alami untuk mengatasi suara Kenari serak.

Tata cara pemberian daun mengkudu untuk mengatasi Kenari serak sendiri dapat dilakukan secara langsung atau dapat dicampurkan ke dalam air minumnya. Sebelum memberikan daun mengkudu untuk Kenari, pastikan kalian sudah membersihkannya dari kotoran ataupun debu yang masih menempel.

6. Gunakan Obat Burung Serak

Cara mengatasi Kenari serak terakhir yaitu dengan menggunakan obat burung serak. Saat ini kalian sudah bisa mendapatkan berbagai macam jenis obat serak di pet shop ataupun toko pakan burung peliharaan. Tetapi perlu diingat bahwa pemberian obat untuk mengatasi Kenari serak ini harus sesuai dengan porsi maupun takarannya supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini Kenari yang mengalami permasalahan para tenggorokan seperti serak sebenarnya dapat diatasi dengan mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapan penyembuhannya. Akan tetapi, pada intinya supaya Kenari bisa kembali seperti normal, pemilik harus benar-benar menjaga pola perawatan hariannya.

Demikian sekiranya informasi dari Birdsny.com seputar cara mengatasi Kenari serak dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengobati suara serak pada burung Kenari.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *