Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Ciri Kenari Jantan Bakalan Berkualitas (Fisik, Warna & Perilaku)

Ciri Kenari Jantan Bakalan

Ciri Kenari Jantan Bakalan – Sebagaimana diketahui, Kenari ialah salah satu jenis burung peliharaan yang terbilang cukup populer di kalangan pecinta burung. Selain sebagai burung peliharaan, Kenari juga kerap dimasukkan ke dalam arena perlombaan kicauan tingkat nasional.

Tidak seperti halnya burung lain pada umumnya, Kenari merupakan burung yang masuk ke dalam jenis monomorfik. Dimana antara Kenari jantan dan betina pada dasarnya terlihat begitu identik sehingga untuk membedakannya membutuhkan ketelitian serta kecermatan.

Belakangan ini banyak orang lebih memilih memelihara Kenari sejak masih bakalan atau anakan, mengingat HARGA BURUNG KENARI sendiri di pasaran cukup terjangkau. Akan tetapi, sebagian besar dari mereka masih kebingungan bagaimana cara membedakan antara Kenari jantan serta Kenari betina bakalan.

Sebenarnya, Kenari jantan bakalan dapat dilihat dari karakteristik ataupun ciri-cirinya, baik itu dari segi fisik, warna, tingkah laku serta kicauannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan secara lengkap apa saja ciri Kenari jantan bakalan dilengkapi tips memilihnya.

Ciri Kenari Jantan Bakalan

Seperti dijelaskan sebelumnya, secara garis besar semua JENIS BURUNG KENARI memiliki ciri atau karakteristik hampir sama, khususnya Kenari jantan bakalan. Meskipun demikian, sebenarnya ciri-ciri Kenari Jantan bakalan masih bida dikenali dari bentuk tubuh ataupun perilakunya.

Salah satu ciri Kenari jantan bakalan yang bagus yaitu perilaku atau tingkah lakunya cenderung lebih agresif dibandingkan betina. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik ciri-ciri Kenari jantan bakalan, baik itu bentuk tubuh, warna, tingkah laku hingga suaranya.

1. Ciri Fisik Kenari

Ciri Fisik Kenari

Bagian kepala Kenari jantan bakalan biasanya sedikit kotak dan pilih pada bagian atasnya. Bentuk paruh burung tersebut juga umumnya terlihat lebih besar dan tebal dengan leher tampak lebih panjang serta berisi.

Kenari jantan bakalan berkualitas mempunyai ciri bulu rapi dengan sayap mengempit, mata tajam, bening serta tidak terlihat sayu. Jadi pada intinya, Kenari jantan bakalan dapat dikenali dari matanya sejajar dengan paruhnya.

2. Warna Kenari

Warna Kenari

Secara umum, warna bulu Kenari jantan bakalan lebih cerah dari betina. Maka dari itu, biasanya warna bulu yang lebih terang menandakan bahwa Kenari bakalan tersebut berkelamin jantan. Namun, sebagian besar orang menganggap bahwa warna bulu Kenari bersifat obyektif dan sangat bergantung pada garis keturunan serta perawatannya.

3. Kloaka Kenari

Kloaka Kenari

Mungkin sebagian besar pemula, mereka belum paham benar apa itu kloaka. Dimana kloaka sendiri ialah lubang sekresi yang berguna sebagai satu-satunya lubang untuk saluran pencernaan serta urin burung. Ciri kloaka Kenari jantan bakalan biasanya kan tampak jauh lebih menonjol dengan warna lebih pucat dari betina.

4. Tingkah Laku Kenari

Tingkah Laku Kenari

Ciri selanjutnya yaitu bisa dilihat dari segi perilaku atau tingkah laku Kenari. Kenari jantan bakalan biasanya cenderung berperilaku lebih agresif ketimbang betina. Setelah berusia 2 sampai 3 minggu, Kenari jantan bakalan umumnya akan lompat dengan jarak lebih jauh dari betina.

Pada saat Kenari beranjak dewasa, perhatikan setiap ciri atau tingkah laku bersarangnya. Jika salah satu Kenari menunjukkan banyak tingkah laku bersarang, maka kemungkinan besar burung tersebut berkelamin betina. Dengan kata lain, Kenari jantan bakalan jarang menunjukkan sifat bersarangnya.

5. Kicauan Kenari

Kicauan Kenari

Ciri Kenari jantan bakalan terakhir yaitu dilihat dari suara ataupun kicauannya. Kicauan Kenari jantan bakalan sendiri pastinya akan jauh lebih lantang dan gacor daripada betina. Terlebih lagi Kenari jantan bakalan biasanya mengeluarkan kicauan lebih lengkap.

Kalian bisa memantau kicauan Kenari jantan bakalan dari intensitas dan kenyaringannya lebih tinggi. Dimana umumnya Kenari jantan bakalan berkualitas akan lebih sering berkicau dan terkesan cerewet.

Tips Memilih Kenari Jantan Bakalan

Tips Memilih Kenari Jantan Bakalan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja ciri Kenari jantan bakalan dari segi fisik, tingkah laku ataupun kicauannya. Supaya mendapatkan Kenari jantan bakalan berkualitas, kalian juga perlu mengetahui bagaimana tata cara pemilihannya.

Hal ini dikarenakan dari sekian banyaknya jenis Kenari, tidak semuanya pantas untuk dijadikan bakalan yang bagus. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips dalam memilih Kenari jantan bakalan berkualitas.

  • Kenari memiliki bentuk tubuh proporsional dan panjang.
  • Tidak mempunyai cacar batin seperti stres ataupun cacar fisik.
  • Matanya besar dan terlihat melotot.
  • Memiliki postur kepala besar.
  • Memiliki gerakan lincah dan sehat.
  • Mempunyai patuh berpangkal lebar, lurus, panjang, tebal dan besar.
  • Mempunyai lubang hidung sangat dekat dengan mata.
  • Pastikan sayap Kenari jantan bakalan mengepit.
  • Memiliki cengkeraman kuat.
  • Memiliki leher panjang dan sedikit padat.
  • Mempunyai cengkok besar.
  • Memiliki kaki tinggi.
  • Pilihlah Kenari berwarna bond atau campuran.

Akhir Kata

Dari penjelasan Birdsny.com di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ciri Kenari jantan bakalan berkualitas bisa dilihat melalui bentuk fisik, tingkah laku atau perilaku hingga suara kicauannya. Jadi, pada intinya Kenari jantan bakalan berkualitas umumnya memiliki bentuk tubuh proporsional dengan suara lantang.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *