Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Setingan Kenari Lomba

SETINGAN KENARI LOMBA

Setingan Kenari Lomba – Burung Kenari adalah burung kicauan yang sering terlihat di lapangan perlombaan. Karena, semua pemilik pasti sangat menginginkan burungnya menjadi gacor dan juara di kelasnya.

Maka dari itu, diperlukan persiapan yang matang, agar burung Kenari tersebut menjadi juara. Burung Kenari ini memiliki berbagai macam keunggulan, contohnya seperti suara kicauannya yang merdu, warna bulu yang menarik, dan juga mental petarungnya yang sangat baik.

Perawatabn burung Kenari lomba memanglah sangat mudah, jika dibandingkan dengan perawatan burung lomba lainnya. Karena, burung ini memiliki tingkat stress yang relatif redah, menjadikan burung tersebut tidak mudah mengalami stress.

Untuk pemilik yang menginginkan burung Kenarinya menjadi gacor, kalian harus mengetahui dulu karakter burung tersebut. Hal ini bertujuan untuk memulai setingan Kenari lomba, yang cukup mudah. Selengkapnya mengenai Setingan Kenari Lomba akan kami bahas di bawah ini.

Setingan Kenari Lomba Termudah untuk Pemula

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, untuk mengawali setingan Kenari lomba kalian harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik Kenari tersebut. Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak berbagai tips dan cara di bawah ini.

Cara Seting Kenari Lomba

Setingan Kenari Lombaa

Memang tidak mudah untuk menyesuaikan perawatan yang tepat, berdasarkan karakternya. Karena, hal ini dapat berlangsung cukup lama guna untuk mencari tahu karakter dari burug Kenari tersebut.

1. Pahami Karakter

Pahami Karakter 1

Untuk pemilihan kenari bahan atau bakalan, bisa kita ketahui dari karakternya. Ciri-ciri fisik Kenari yang bagus untuk lomba. Kalian harus memperhatikan kelincahan serta suara burung Kenari. Sekilas memang sangat sulit untuk mengetahui karakter burung Kenari. Namun, kalian bisa melihat dari postur tubuh, ciri fisik lainnya, kegesitan, serta suara kicau burung Kenari tersebut.

2. Pengembunan

Pengembunan

Pada waktu pagi hari yaitu pada pukul 05.00 sampai 06.00 WIB, sebaiknya burung Kenari dilakukan pengembunan terlebih dahulu. Hal tersebut dapat menjadikan burung Kenari tampil ngedur, atau berkicau dengan durasi panjang pada saat Lomba.

3. Penjemuran

Penjemuran 2

Teruntuk Kenari yang masih bahan atau bakalan, penjemuran tidak perlu terlalu kencang atau sering. Lebih baiknya, pada saat pagi Kenari di angin-anginkan dulu, kemudian dijemur. Pada saat burung Kenari baru dikeluarkan dari dalam rumah kemudian langsung kalian jemur, itu malah akan menjadikan burung Kenari lebih cepat naik birahi, dan lebih parahnya lagi dengan hal tersebut akan menjadikan mata Kenari menjadi katarak.

4. Pemberian Pakan

Pakan

Berbicara setingan Kenari lomba, kalian juga harus memperhatikan kualitas pakan yang diberikan. Namun, untuk kenari bahan biasakan makan yang memiliki komposisi rendah terlebih dahulu. Kemudian, kalian bisa tambahkan porsinya menjadi sedang, saat burung mulai ngeriwik (berkicau pelan), dan berikian pakan tinggi pada saat burung Kenari bahan menuju fase menata lagu. Hal ini berguna untuk menjadikan burung kenari dapat lebih fokus, untuk menggabungkan beberapa variasi lagunya.

5. Pakan EF (Extra Fooding)

Extra Fooding tulang sotong

Pakan EF atau makanan tambahan untuk burung Kenari, biasanya sobat kicau memberikan sayur sawi, Jagung, dan juga telur puyuh. Pemberian pakan tambahan, bisa dilakukan secara bertahap. Bisa kalian lihat pada minggu pertama setelah diberikan EF, dan kemudian dilanjutkan minggu berikutnya dan seterusnya.

Untuk pertama kali kalian bisa berikan sawi putih terlebih dahulu. Kalian bisa mengkombinasikan sawi putih dan sawi hijau. Misanya seperti pemberian 2 hari pertama adalah sawi putih, lalu 2 hari berikutnya sawi hijau.

Selain itu, pemberian Jagung dan juga telur puyuh, sebaiknya diberikan 1 kai dalam seminggu. Kemudain, kalian akan melihat bagaimana perbedaan Kenari kalian sebelum dan sesudah diberi pakan tambahan tersebut.

6. Pengumbaran

Umbaran 2

Untuk Kenari bahan, pengumbaran yang bagus yaitu dilakukan selama 3 kali dalam seminggu. Namun, untuk Kenari yang sudah rajin bunyi, pengumbaran tidak terlalu penting. Sistem Kenari bisa dilakukan setiap 3 kali seminggu, untuk hasil yang maksimal.

7. Kestabilan Birahi

Setingan Harian Kenari Birahi Stabil

Burung Kenari ketika memilki birahi yang cukup tinggi, akan menjadi jarang berkicau. Begitupun dengan burung Kenari yang kekuragan birahi. Untuk menjadikan birahi burung tetap stabil, kalian hanya perlu memperhatikan pakan tambahan, yang berguna untuk menaikan dan menurunkan birahi burung tersebut.

8. Mandi Malam

Mandi Malam

Mandi malam juga bisa mengatasi burung yang mengalami over birahi. Bahkan, tidak hanya mengurangi birahi, tetapi dengan melakukan hal tersebut juga akan membuat kenari lebih prima di lapangan lomba.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan mandi malam adalah sekitar pukul 19.00 sampai dengan ja 21.00 saja. Jangan sampai memandikan burung Kenari lebih dari jam 21.00, Hal tersebut akan berbahaya bagi kesehatan burung tersebut. Untuk memandikan malam burung Kenari, usahakan jangan terlalu basah kuyup ataupun terlalu kering. Sesuaikanlah dengan kondisi cuaca sekitar.

9. Latih Mental

Setingan Latih Mental Kenari Lomba

Untuk setingan Kenari lomba bisa kalian latih dengan cara, memperkenalkan dengan suasana perlombaan, cukup di bawa jalan-jalan 1 kali saja dalam seminggu. Sebaiknya burung kenari jangan terlalu sering untuk dilatih gantang, hal tersebut malah akan menjadikan Kenari menjadi over birahi. Selain itu, kalian juga bisa melatih mental burung Kenari, dengan cara koloni, semakin sering bertemu lawan, maka akan menjadikan burung tersebut mengeluarkan karakter petarungnya.

10. Posisi Gantang

Posisi gantang

Lebih baik Kenari bahan diletakan sedikit berjauhan, dengan Kenari yang sudah gacor. Walau efeknya bagus, tetapi dalam jangka panjang makah menjadi tidak bagus. Sebaiknya posisi gantang diberi jeda 2 sampai 3 sangkar di sekelilingnya, yang berdampingan dengan BURUNG KENARI GACOR. Setelah Kenari sudah mulai terbiasa, kalian bisa meletakan sangkar berdekatan dengan Kenari yang sudah gacor.

11. Pengerodongan

Pengerodongan Kenari Lomba

Jika kalian menginginkan Kenari kalian menjadi rajin bunyi, kalian bisa memperbaiki terlebih dahulu kualitas tidur burung tersebut. Berikanlah sangkar kerodong yang memiliki ukuran pas. Dan waktu pengerodongan bisa kalian lakukan, pada saat sore hari setelah burung di angin-anginkan. Burung Kenari yang memiliki kualitas tidur yang baik, maka akan ada kemungkinan akan lebih rajin berkicau. Selain itu, Pengerodongan juga bisa menjaga tubuh burung agar selalu fit dan prima.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan, mengenai setingan Kenari lomba. Maka dari itu, dengan perawatan yang baik, akan menjadikan burung Kenari lebih rajin dalam berkicau. Pemberian pakan khusus dan juga pakan harian juga diperlukan, untuk menstabilkan birahi burung Kenari. Burung tersebut ketikia memiliki tingkat kestabilan birahi, pasti akan mengeluarkan suara kicauan yang panjang dan lebih bervariasi. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *