Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Melatih Mental Lovebird Muda

TIPS CARA MELATIH MENTAL LOVBIRD MUDA

Cara Melatih Mental Lovebird Muda – Burung Lovebird muda yang sering dilombakan tidak hanya bermodalkan skill saja. Namun, burung harus memiliki kondisi fisik maupun mental yang bagus. Mental inilah yang harus ditingkatkan, agar saat lomba burung bisa tampil kokoh dan prima.

Hal pertama yang harus diperhatikan jika ingin melatih mental Lovebird muda adalah pernafasan. Bukan hanya itu, kalian juga harus melatih karakter Lovebird muda tersebut agar memiliki mental baja, dengan beberapa cara yang akan kami sajikan pada artikel ini.

Cara melatih mental Lovebird muda juga bertujuan untuk latah atau fighter. Jadi, ketika Lovebird muda memiliki beberapa kelebihan tersebut maka akan menjadikan burung memiliki kualitas bagus untuk Lomba.

Tanpa basa-basi, kami akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai cara melatih mental Lovebird muda. Kami akan sajikan secara lengkap dan akurat, mari kita simak bersama-sama dengan teliti mengeni hal tersebut di bawah ini.

Cara Melatih Mental Lovebird Muda Agar Latah dan Fighter

Sebagai pemilik Lovebird muda, kalian tentu memerlukan tips atau tata cara melatih mental burung Lovebird muda agar lebih gacor.

Latih Mental Lovebird Muda

Lovebird muda

Nah, berikut telah kami rangkum beberapa metode ampuh untuk melatih Lovebird muda agar lebih fighter :

1.  Segi Pakan

kenari set 3 1

Cara melatih mental Lovebird muda juga bisa dimulai dari segi pemberian pakan. Hal ini sangat berpengaruh saat usia masih anakan (Paud), pakan tinggi nutrisi seperti pakan racikan sebagai berikut :

  • Miltih (milet putih)

Milet putih merupakan pakan pokok burung Lovebird.

  • Gabah Beras Merah

Gabar beras merah berguna untuk menambah kebutuhan nutrisi untuk burung Lovebird muda.

  • Canary Seed (pakan kenari)

CANARY SEED merupakan pakan asli dari burung kenari. Selain mudah dicerna Lovebird muda, pakan ini memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk menjaga keseimbangan gizi Lovebird muda

  • Gold Coin Perkutut (Pakan perkutut)

Gold coin perkutut merupakan pakan asli burung Perkutut. Pakan ini merupakan pakan kesukaan Lovebird muda. Dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan tersebut juga berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Lovebird muda itu sendiri.

EF (Eksta Fooding) berguna untuk memberikan nutrisi tambahan. Contohnya :

  • Jagung Muda

Jagung muda memiliki kandungan karbohidrat serta serat yang tinggi. Selain menjadikan burung sehat, pakan ini juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan Lovebird muda.

  • Sayur Kangkung

Selain diatas, sobat kicau juga bisa memberikan SAYUR KANGKUNG untuk makanan tambahan. Karena sayur ini berguna untuk meningkatkan tingkat birahi burung tersebut. Lovebird muda yang memiliki tingkat birahi tinggi akan menjadikan burung tersebut rajin berkicau.

  • Timun

Sayur timun juga merupakan salah satu extra fooding yang baik untuk Lovebird muda.

Cara Pemberian

  • Pemberian milet putih, gabah beras merah, dan canary seed yang tepat adalah erbandingan 5 : 2 : 1.
  • Sedangkan pemberian jagung muda tidak perlu diberikan setiap hari, cukup memeberikan 1 kali pada satu minggu.
  • Pemberin daun sayur kangkung bisa diberikan 2 kali dalam satu minggu.
  • Sayur timun baiknya diberikan ketika Lovebird muda mengalami tingkat birahi tinggi. Karena, timun berguna untuk menstabilkan birahi Lovebird muda.

Selain pemberian makanan di atas, juga harus didampingi dengan perawatan yang tepat. agar Lovebird muda tetap sehat dan bisa memiliki durasi kicau yang panjang.

2. Mandi

mandi

Mandikan Lovebird paud setiap hari dengan cara disemprot Menggunakan sprayer atau biarkan mandi sendiri pada sangkarnya. Perlu juga dengan terapi mandi malam untuk Lovebird muda. Karena, hal ini penting untuk mengontrol birahi Lovebird muda tersebut.

Informasi tambahan terpenting lainnya antara lain, Mandi malam hari sangat diperlukan oleh Lovebird betina, dan jika Lovebird jantan sebaiknya jangan dimandikan malam hari. hanya kita bisa letakan cepuk yang berukuran agak besar agar Lovebird jantan tersebut bisa mandi sendiri dalam sangkarnya.

3. Jemur

penjemuran

Setelah Lovebird muda dimandikan, kemudian jemur Lovebird selama kurang lebih 2 jam atau lebih(cabut makan dan minumnya). Setelah dijemur dan bulu-bulu Lovebird terlihat sudah kering, lanjutkan dengan mengangin-anginkan Lovebird muda di tempat yang sejuk.

Setelah itu ada baiknya langsung diberikan makan dan minum, serta beberapa tetes vitamin apabila diperlukan.

4. Umbaran

umbaran Lovebird

Untuk memiliki Lovebird muda yang memiliki kemampuan berkicau dengan durasi Panjang, perlu kita lakukan proses pengumbaran. Karena, dengan proses umbaran ini burung Lovebird muda akan memiliki pernafasan yang baik.

Dan hal tersebut memungkinkan Lovebird muda untuk memiliki kualitas kicau yang baik. Selain menambah durasi berkicau, ternyata sistem umbaran juga dapat meningkatkan karakter fighter pada Lovebird muda itu sendiri.

5. Melatih Mental

latih mental

Cara melatih keberanian atau mental pada Lovebird juga bisa dilakukan dengan cara mengenalkan pada perlombaan. Suasana perlombaan adalah salah satu faktor terpenting untuk meningkatkan mental pada Lovebird muda.

Hal ini dikarenakan Lovebird muda yang bertemu dengan Lovebird lainnya akan menimbulkan karakter fighter pada burung tersebut. Cara mudah lainnya cukup dengan mendekatkan Lovebird muda ini dengan Lovebird muda lainnya atau di ombyok.

6. Pahami Karakter

pahami karakter

Dengan cara memahami karakter Lovebird muda, kalian bisa senantiasa menyetting Lovebird tersebut suka-suka. Dengan berbagai cara agar bisa meningkatkan mental Lovebird tersebut.

Ketika kalian sudah menemukan cara yang tepat untuk Lovebird muda, kalian hanya harus tetap memakai cara tersebut. Larena, jika cara setting Lovebird terlalu banyak maka akan membuat Lovebird muda menjadi stress, dan itu sangat tidak baik untuk pembentukan karakter fighter Lovebird muda.

FAQ

Apa Tujuan Pelatihan Mental Pada Lovebird Muda?

Agar Lovebird Muda Bisa Tampil Lebih Prima, Pada Saat Dilombakan.

Alasan Menggunakan Lovebird Muda?

Lebih Mudah Untuk Menyetting Perawatan Hariannya.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com mengenai beberapa cara melatih mental Lovebid muda agar bisa tampil lebih prima pada sebuah ajang kontes perlombaan burung. Kalian bisa gunakan beberapa cara di atas, namun kalian harus menggunakannya dengan didampingi cara perawatan yang benar.

Agar tidak ada kesalahan saat kalian menyetting atau membentuk karakter pada Lovebird muda itu sendiri. Dari semua metode yang telah kami sajikan diatas, menjemur Lovebird muda di pagi hari merupakan hal yang paling efektif cara melatih mental Lovebird muda.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *