Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Cara Mengkilapkan Bulu Merpati Agar Lebih Bersih, Mulus & Sehat!

Cara Mengkilapkan Bulu Merpati
Advertisements

Cara Mengkilapkan Bulu Merpati – Perlu diketahui, bulu Merpati mengkilap memiliki cukup banyak keunggulan apabila dibandingkan dengan Merpati yang mempunyai bulu kusam. Selain akan jauh lebih indah dipandang dari segi tampilan, bulu mengkilap juga akan memberikan dampak menguntungkan bagi Merpati pada saat mereka terbang.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya bulu Merpati yang licin mengkilap akan meredam gesekan bulu dengan udara pada saat terbang sehingga bisa lebih menghemat tenaga. Menariknya lagi, beberapa orang juga beranggapan bahwa bulu yang sehat juga biasanya lebih fleksibel sehingga Merpati bisa berlari lebih kencang ketimbang sebelumnya.

Advertisements

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya bagi para pemula yang mengeluhkan bahwa mereka kebingungan mengenai bagaimana tata cara membuat bulu Merpati mengkilap. Secara garis besarnya, cara membuat bulu Merpati mengkilap sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana hendak mengkilapkan bulu-bulu merpati kesayangan di rumah, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa caranya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengkilapkan bulu Merpati untuk semua jenis dilengkapi penyebab bulu Merpati kusut.

Penyebab Bulu Merpati Kusut

Penyebab Bulu Merpati Kusut

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengkilapkan bulu Merpati lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa hal yang bisa menjadi penyebab bulu Merpati kusam dan kusut. Adapun sejumlah penyebab bulu Merpati kusut serta kusam tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Posisi Memegang Merpati Salah

Pada saat Merpati diterbangkan oleh penggabur atau joki lepas, maka akan dipegang terlebih dahulu oleh seseorang ketika akan dimasukkan ataupun dikeluarkan dari dalam kandang. Apabila posisi pemegangan Merpati tersebut salah, maka bisa mengakibatkan bulu-bulunya kusut dan kusam.

Advertisements

2. Pengaturan Kandang Merpati Salah

Kemudian penyebab bulu Merpati rusak, kusut dan kusam selanjutnya yaitu karena pengaturan kandang atau sangkarnya kurang tepat. Perlu diketahui, pembuatan kandang Merpati sebenarnya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, karena perlu memperhatikan beberapa hal, khususnya dari segi ukuran.

Cara Mengkilapkan Bulu Merpati

Cara Mengkilapkan Bulu Burung Merpati
Advertisements

Sebagai informasi tambahan, secara alami Merpati memproduksi minyak dari tubuhnya melalui kelenjar minyak atau biasa dikenal dengan istilah brutu. Dari brutu tersebut nantinya Merpati kan menghasilkan minyak untuk melumuri bulunya.

Minyak tersebut akan membuat bulu Merpati tidak cepat aus, grepes atau kusut pada saat bergesekan dengan udara ataupun saat terkena air. Dengan kata lain, melalui minyak tersebut bulu Merpati menjadi lebih tahan terhadap air seperti terdapat sebuah lilin yang melapisinya.

Selain itu, sebenarnya untuk mengkilapkan bulu Merpati dapat dilakukan melalui beberapa cara, entah itu dari segi perawatan harian ataupun pemberian pakannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik cara mengkilapkan bulu semua jenis burung Merpati berikut ini.

1. Berikan Merpati Lemak Sehat

Cara mengkilapkan bulu Merpati pertama yaitu dengan memberikannya lemak sehat. Dimana lemak sehat sendiri sangat berguna untuk memaksimalkan kinerja hormon serta produksi minyak pada kelenjar minyak di dalam tubuhnya.

Lemak sehat bisa didapatkan dari pakan biji-bijian atau kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau dan lain sebagainya. Cara pemberiannya dapat dilakukan secara langsung dengan melolohkan ke mulut, dispet ataupun dicampur ke dalam pakan.

2. Berikan Merpati Sumber Mineral

Kemudian cara selanjutnya yaitu bisa dilakukan dengan cara memberikan Merpati kalsium ataupun sumber mineral. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kalsium dapat dijadikan sebagai sumber tambahan pembentukan bulu Merpati.

Untuk kandungan kalsium sendiri bisa didapatkan dari suplemen yang dijual di apotek atau dari grit Merpati (asinan Merpati) seperti cangkang telur, kerang, batu bata atau pasir. Ketika bulu Merpati fleksibel, maka akan membantun meningkatkan daya kepakan sayapnya.

3. Rutin Memandikan Merpati

Selain bisa dijadikan sebagai cara untuk mengatasi bulu Merpati rontok, memandikan Merpati secara rutin juga ternyata mampu mengkilapkan bulu-bulunya. Namun sebenarnya, memandikan Merpati memang tidak berfungsi untuk mengkilapkan bulunya, namun hanya membersihkan bulu dari debu dan kotoran.

Selain itu, memandikan Merpati juga tidak boleh terlalu sering, sebab nantinya akan mengikis lapisan minyak di dalam tubuh Merpati. Sebaiknya mandikan Merpati setiap seminggu sekali atau seminggu dua kali saja. Setelah tubuh Merpati basah kuyup, sebaiknya angin-anginkan terlebih dahulu lalu jemur di bawah sinar matahari.

4. Gunakan Obat Kutu

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa saat ini di pasaran Indonesia sudah tersedia cukup banyak jenis vitamin penumbuh bulu burung. Nah, ternyata kini juga sudah tersedia beberapa jenis obat kutu yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah pertumbuhan bulu Merpati tidak normal.

Selain akan menjaga keindahan bulu Merpati, obat kutu tersebut juga akan menjaga performa burung supaya tetap stabil. Ketika Merpati kesayangan terbebas dari kutu ataupun bakteri, tentu akan membuatnya menjadi lebih tenang ketika terbang ataupun istirahat.

5. Selalu Jaga Kebersihan Kandang

Cara mengkilapkan bulu Merpati terakhir yaitu dapat dilakukan dari segi eksternal, dimana dalam hal ini yaitu kebersihan kandang atau sangkarnya. Saran kami sebaiknya selalu bersihkan kandang secara rutin supaya terhindar dari berbagai macam bakteri dan kuman berbahaya yang bisa merusak keindahan bulu Merpati.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengkilapkan bulu Merpati untuk semua jenis, entah itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat bulu Merpati semakin mengkilap dan indah dipandang.

Sumber gambar : belajar1.decorhomebestthe.me, telegraph.co.uk

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *