Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

10 Cara Memulihkan Tenaga Merpati (Perawatan & Pemberian Pakan)

Cara Memulihkan Tenaga Merpati

Cara Memulihkan Tenaga Merpati – Sebagaimana diketahui, Merpati merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang kerap diikutkan lomba ataupun kontes. Tentunya supaya Merpati bisa memenangkan perlombaan tersebut, tentunya mereka harus sering dilatih oleh para pemiliknya.

Namun, pelatihan pun sebenarnya tidak cukup apabila ingin Merpati memenangkan sebuah perlombaan. Sebab dibutuhkan adanya pola perawatan serta pemberian pakan yang baik dan benar setiap harinya supaya performa atau kinerja Merpati dapat lebih memuaskan, khususnya jika ingin mengikuti sebuah perlombaan.

Akan tetapi, terdapat beberapa penggemar Merpati mengeluhkan bahwa burung peliharaan mereka tersebut mengalami penurunan performa, terutama tentang tenaganya. Secara garis besar, penurunan tenaga Merpati tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu karena faktor internal maupun eksternal.

Oleh sebab itu, banyak orang menanyakan bagaimana solusi supaya tenaga Merpati bisa kembali pulih seperti semula. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan penjelasan seputar cara memulihkan tenaga Merpati baik itu dari segi pola perawatan harian maupun pemberian pakannya.

Penyebab Tenaga Merpati Menurun

Sebelum pembahasan utama mengenai cara memulihkan tenaga Merpati lebih lanjut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa penyebab tenaga Merpati menurun. Seperti dijelaskan sebelumnya, tenaga Merpati yang mengalami penurunan tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu karena faktor internal ataupun eksternal.

Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik penyebab tenaga Merpati menurun berdasarkan pengalaman beberapa orang di bawah ini.

1. Pemberian Pakan Kurang Baik

Seperti diketahui, pakan Merpati bisa di ibaratkan sebagai sebuah bensin bagi kendaraan. Dimana kualitas makanan Merpati akan sangat menentukan kondisi kesehatan burung dalam jangka waktu tertentu. Biasanya pemberian pakan kurang baik akan berimbas pada penampilan Merpati, seperti menjadi terlihat kurang terawat, sampai menurunnya kinerja.

2. Porsi Latihan Merpati Tidak Pas

Kemudian menurunnya tenaga Merpati juga bisa disebabkan karena porsi latihan harian tidak pas. Sebab, jika porsi latihan Merpati setiap harinya berlebihan, maka kemungkinan besar Merpati akan malas terbang karena kurang bertenaga. Jadi, sebaiknya berikan porsi latihan sesuai dengan kemampuan Merpati.

3. Pola Perawatan Merpati Asal-Asalan

Pola perawatan Merpati secara sembarangan atau asal-asalan menjadi penyebab mengapa tenaga atau performanya menjadi menurun. Umumnya hal ini dialami oleh para pemula yang belum paham benar mengenai perawatan Merpati karena tidak pernah mengistirahatkannya setelah beraktivitas.

4. Merpati Kurang Suplemen

Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengetahui bahwa Merpati membutuhkan asupan nutrisi tambahan supaya kondisi kesehatannya tetap terjaga. Jadi, jika Merpati kurang suplemen, maka dapat dipastikan bahwa kondisinya akan semakin menurun seiring berjalannya waktu.

5. Usia Merpati

Penyebab mengapa tenaga Merpati menurun terakhir yaitu karena faktor usia. Umumnya usia tarung Merpati berada di kisaran 2 sampai 3 tahun. Memang benar jika usia merupakan faktor alami sehingga kalian tidak bisa mengaturnya. Umumnya Merpati yang usianya sudah lanjut lebih sering dimanfaatkan sebagai indukan.

Cara Memulihkan Tenaga Merpati

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengerti bagaimana ciri-ciri Merpati balap tinggian ketika mengikuti sebuah perlombaan. Namun, kebanyakan semua jenis Merpati termasuk Merpati balap biasanya akan mengalami penurunan performa apabila pola perawatannya tidak benar.

Jika mengalami hal tersebut, jangan khawatir karena sebenarnya terdapat beberapa cara atau solusi untuk mengatasinya. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara memulihkan tenaga Merpati setelah mabung ataupun meloloh, baik itu dari segi pola perawatan harian maupun pemberian pakannya.

1. Berikan Pakan Merpati Secara Rutin

Berikan Pakan Merpati Secara Rutin

Cara memulihkan tenaga Merpati pertama yaitu memberikan makanan utama secara rutin setiap harinya. Berikanlah pakan utama Merpati seperti jagung setiap hari secara rutin. Saran kami sebaiknya masukkan Merpati ke dalam kandang atau kurungan, kemudian berikan pakan sesuai porsinya.

Saat ini di toko pakan ternak juga sudah tersedia cukup banyak jenis pakan Merpati, mulai dari jagung, beras merah, kacang hijau dan lain sebagainya. Saran kami sebaiknya pilihlah makanan dengan kandungan gizi tinggi supaya membantu menjaga kondisi kesehatan Merpati tetap prima.

2. Mandikan dan Jemur Merpati

Mandikan dan Jemur Merpati

Kemudian cara selanjutnya yaitu mandikan Merpati setiap hari antara pukul 8 sampai 9 pagi. Setelah dimandikan, sebaiknya jemur juga Merpati di bawah sinar matahari kurang lebih selama 2 jam. Tujuan pemandian dan penjemuran ini yaitu supaya kondisi tubuh Merpati biasa segar segar sehingga tenaganya bisa kembali seperti semula.

Akan tetapi, jika kondisi kesehatan Merpati terlihat sedang tidak baik atau mengalami gangguan, sebaiknya jangan memandikannya. Sebab, jika tetap memaksa untuk dimandikan, justru malah dapat mengakibatkan Merpati mengalami sakit berkepanjangan, bahkan lebih parahnya lagi dapat mengalami kematian.

3. Umbar Merpati

Umbar Merpati

Berikutnya mengumbar atau melepas Merpati juga bisa menjadi salah satu cara memulihkan tenaga. Cara pengumbaran juga sebenarnya dapat menjadi salah satu solusi mengatasi Merpati malas terbang tinggi. Meskipun terlihat sepele, akan tetapi cara tersebut sangat berpengaruh pada proses pemulihan tenaga Merpati.

Pada sore hari, berikan kembali Merpati pakan seperti biasanya, terutama jagung sebagai pakan utamanya. Selain itu, air minum Merpati juga jangan sampai telat. Pasalnya pemberian air minum telat sangat berpengaruh pada pembentukan otot balu. Air minum juga membantu Merpati dalam pemulihan tenaga.

4. Berikan Merpati Kacang Tanah

Berikan Merpati Kacang Tanah

Cara memulihkan tenaga Merpati selanjutnya yaitu memberikan tambahan seperti kacang tanah. Perlu diketahui, kacang tanah sangat membantu ketika kalian ingin memulihkan tenaga Merpati. Sebab, kacang tanah sendiri mempunyai kandungan lemak 2 kali lebih besar dibandingkan pakan biasa seperti jagung, beras merah atau kacang hijau.

Di dalam kacang tanah juga terdapat beberapa vitamin yang dibutuhkan Merpati dalam proses pemulihan Tenaga. Maka dari itu, berikanlah 5 butir kacang tanah pada sore hari setelah kalian memberikan pakan utamanya. Perlu diingat, pemberian kacang tanah sebenarnya menjadi poin penting dalam memulihkan tenaga Merpati.

5. Berikan Merpati Jamu Herbal

Berikan Merpati Jamu Herbal Memulihkan Tenaga

Cara terakhir untuk memulihkan tenaga Merpati yaitu memberikan jamu herbal pada malam hari. Kalian bisa memberikan jamu herbal seperti gula merah, minyak ikan ataupun asam jawa. Perlu diketahui, manfaat gula merah untuk Merpati akan sangat terasa, khususnya pada proses pemulihan tenaga.

Kemudian minyak ikan juga mengandung banyak vitamin A dan D sehingga sangat bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan Merpati, memulihkan tenaga serta mengilapkan warna bulu Merpati. Berikan jamu herbal tersebut setiap hari supaya performa Merpati bisa kembali seperti semula.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa untuk memulihkan tenaga Merpati sebenarnya sangat bergantung pada pola perawatan hariannya. Selain itu, pemberian pakan tambahan atau jamu herbal seperti gula merah dan minyak ikan juga penting untuk dilakukan setiap hari.

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar cara memulihkan tenaga Merpati setelah mengalami masa mabung ataupun meloloh dilengkapi penyebab menurunnya performa Merpati. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menaikkan atau memulihkan tenaga Merpati.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *