Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

20 Cara Menggiringkan Merpati yang Sudah Jodoh Anti Gagal!!

Cara Menggiringkan Merpati yang Sudah Jodoh

Cara Menggiringkan Merpati yang Sudah Jodoh – Seperti diketahui giring merupakan sebuah hubungan dua ekor burung merpati yang sangat erat seperti layaknya sepasang kekasih. Dimana tujuan menggiringkan Merpati pastinya supaya burung Merpati jantan menjadi selalu mengejar betinanya.

Dengan demikian, kemana pun burung Merpati betina pergi maka pejantan akan selalu mengejar dan mengikutinya. Meskipun jarak keduanya sangat jauh, Merpati jantan pasti bisa menemukannya, bahkan Merpati jantan akan terbang cepat untuk menghampiri Merpati Betina.

Akan tetapi, terdapat beberapa orang yang mengeluhkan bahwa mereka sulit menggiringkan burung Merpati walaupun mereka sudah dijodohkan. Jika mengalami permasalahan tersebut, jangan khawatir karena sebenarnya masih ada cara yang bisa dilakukan untuk menggiringkan pasangan Merpati.

Namun, perlu diingat bahwa agar burung Merpati bisa giring keras, maka pemilik juga harus rajin merawat dan melatihnya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menggiringkan Merpati yang sudah jodoh di bawah ini, baik itu dari segi perawatan ataupun pelatihannya.

Alasan Pasangan Merpati Tidak Mau Giring

Alasan Pasangan Merpati Tidak Mau Giring

Sebelum cara menggiringkan Merpati yang sudah jodoh lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sejumlah alasan mengapa merpati tidak mau giring. Adapun beberapa alasan pasangan Merpati tidak mau giring tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Pasangan Merpati belum beradaptasi.
  • Pejantan kurang cocok dengan betina.
  • Kurangnya perkawinan.
  • Merpati kurang sehat.

Cara Menggiringkan Merpati yang Sudah Jodoh

Seperti dijelaskan sebelumnya, sebenarnya terdapat cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggiringkan burung Merpati yang sudah jodoh. Pada intinya, proses menggiringkan burung Merpati sebenarnya lebih ditekankan kepada teknik perawatan serta pelatihannya.

Untuk saat ini, terdapat dua cara yang bisa kalian lakukan secara rutin ketika hendak mencoba menggiringkan Merpati. Daripada penasaran, di bawah ini adalah tata ara mengiringkan Merpati yang sudah jodoh dengan mudah dan cepat.

Mengiringkan Merpati dengan Dimandikan

Mengiringkan Merpati dengan Dimandikan

Cara pertama untuk menggiringkan burung Merpati yang sudah jodoh yaitu mengunakan teknik dimandikan secara khusus. Perlu diketahui, teknik khusus memandikan Merpati ini dianggap dapat memancing Merpati untuk cepat giring keras. Langkah-langkah menggiringkan Merpatinya sendiri diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Memandikan Merpati

Pertama-tama, silahkan mandikan sepasang Merpati yang sudah jodoh. Saran kami sebaiknya mandikan Merpati pada waktu pagi hari. Sebab, memandikan Merpati di pagi hari bisa membuat giringnya menjadi lebih cepat.

2. Menjemur Merpati

Setelah selesai dimandikan, cara selanjutnya yaitu mengeringkan bulu Merpati. Kalian bisa melakukan pengeringan bulu Merpati dengan cara dijemur selama kurang lebih sekitar 2 sampai 4 jam.

Namun, akan lebih baik jika waktunya disesuaikan dengan kondisi terik matahari. Selain itu, pastikan pada saat sedang dijemur, pisahkan antara Merpati jantan dan Merpati betina di kandang yang berbeda.

3. Meletakkan Merpati di Dalam Kandang

Cara menggiringkan Merpati yang sudah jodoh selanjutnya yaitu proses pemberian makan seperti biasa. Setelah selesai di kasih makan, silahkan taruh kembali Merpati di kandang yang berbeda sampai malam hari.

4. Menyatukan Pasangan Merpati

Jika sudah sampai pada malam hari, keluarkan Merpati jantan dan Betina dari kandang sebelumnya. Kemudian satukan Merpati dalam satu kandang yang memiliki penerangan minimal lampu 5 watt atau di atasnya.

5. Mengulangi Kegiatan

Agar bisa mendapatkan hasil giring yang lebih keras dan stabil, saran kami sebaiknya ulang langkah-langkah sebelumnya selama 2 sampai 3 hari. Selama kegiatan tersebut, perhatikan apakah mereka menunjukan tanda-tanda akan kawin atau belum. Jika sudah, maka diamkan dalam satu kandang sampai siang hari kemudian pisahkan kembali.

6. Mengetes Giring Merpati

Cara terakhir dalam upaya menggiringkan Merpati yang sudah jodoh yaitu melakukan pengetesan. Lakukan tes dengan cara melepaskan Merpati jantan terlebih dahulu. Setelah itu peganglah Merpati betina dan kepak-kepakkan sayapnya. Kalian bisa melakukan cara ini setiap hari supaya giringnya semakin bagus dan stabil.

Menggiringkan Merpati dengan Dikerem

Menggiringkan Merpati dengan Dikerem

Selain itu, usaha lainnya untuk menggiringkan Merpati yang sudah jodoh lainnya yaitu dengan cara dikerem. Secara garis besar, langkah-langkahnya sebenarnya sama seperti saat hendak MENGGIRINGKAN MERPATI DENGAN MERICA. Hanya saja sedikit berbeda pada proses utamanya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah tata cara menggiringkan Merpati yang sudah jodoh melalui proses kerem.

1. Mempersiapkan Besek

Cara pertama, silahkan siapkan satu buah besek sebagai kandang untuk burung Merpati. Dimana besek sendiri biasanya terbuat dari anyaman kayu atau bambu berukuran tidak terlalu besar. Pastikan kualitas besek benar-benar bagus supaya tidak mengganggu kenyamanan Merpati.

2. Memasukkan Merpati ke Besek

Jika besek dipastikan sudah layak digunakan, cara selanjutnya yaitu memasukkan pasangan Merpati ke dalam besek. Proses ini perlu dilakukan supaya bisa mempersingkat waktu ketika ingin menggiringkan Merpati. Kemudian simpan besek di tempat gelap atau tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

3. Beri Makan Merpati

Meskipun diletakkan di dalam tempat gelap, namun Merpati masih harus diberi makan seperti biasanya. Hanya saja proses pemberian makan Merpati dilakukan dengan cara tidak mengeluarkannya dari dalam besek. Usahakan untuk tidak terlalu membuka besek terlalu lebar supaya cahaya Matahari tidak masuk ke dalamnya.

4. Melakukan Proses Kerem

Jika sudah sampai pada tahap ini, maka kalian sudah memasuki proses kerem Merpati. Kalian bisa melakukan proses kerem Merpati kurang lebih selama 3 sampai 5 hari. Semakin lama waktu kerem, maka akan semakin baik pula hasil penggiringannya.

5. Memandikan Merpati

Setelah melewati 3 atau 5 hari proses kerem, Merpati sudah bisa dikeluarkan dari dalam kandang atau besek. Cara menggiringkan Merpati yang sudah jodoh selanjutnya yaitu memandikannya, baik itu bagi Merpati jantan ataupun betina. Seperti cara sebelumnya, pemandian Merpati ini sebaiknya dilakukan di pagi hari.

6. Menjemur Merpati

Apabila pasangan Merpati sudah selesai dimandikan, jemurlah kedua Merpati secara berpasangan di atas sinar matahari. Ketika sedang melakukan penjemuran, silahkan satukan pasangan Merpati dalam satu kandang cukup besar seperti kurungan ayam. Waktu penjemuran sendiri sangat kami sarankan berada di antara jam 9 sampai 12 pagi.

7. Lakukan Tes Giring Merpati

Tahap terakhir yaitu melakukan percobaan ataupun pelatihan tes giring Merpati. Tata cara melakukannya yaitu melepaskan jantan terlebih dahulu supaya terbang lumayan jauh. Selanjutnya, silahkan ambil Merpati betina dan mulai kepak-kepakkan sayapnya sampai Merpati jantan menghampirinya.

Tips Agar Merpati Cepat Giring Keras

Tips Agar Merpati Cepat Giring Keras

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai cara menggiringkan Merpati yang sudah jodoh dengan mudah dan cepat. Selanjutnya juga akan kami berikan beberapa tips dan trik supaya pasangan burung Merpati bisa cepat giring keras dan stabil.

Saran kami, ketika ingin membuat pasangan Merpati giring keras atau keket, sebaiknya beri jamu atau obat racikan. Sebagaimana diketahui, saat ini sudah tersedia cukup banyak jamu ataupun OBAT GIRING MERPATI TRADISIONAL yang bisa kalian manfaatkan.

Namun, kalian juga harus rajin dalam proses perawatannya seperti memandikan secara rutin, membersihkan kandang dan lain sebagainya. Selain itu, proses pelatihan juga harus dilakukan secara telaten sehingga Merpati bisa lebih cepat giring keras.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar cara menggiringkan Merpati yang sudah jodoh melalui beberapa metode. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menggiringkan sepasang Merpati dengan mudah dan cepat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *