Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Cara Menguatkan Kaki Ayam Bangkok yang Lemas & Sering Jatuh

Cara Menguatkan Kaki Ayam Bangkok yang Lemas

Cara Menguatkan Kaki Ayam Bangkok yang Lemas – Seperti diketahui, ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan yang sudah sangat populer hampir di seluruh wilayah Indonesia. Apabila dilihat dari segi fisiknya, maka ayam bangkok memiliki postur yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai tipe petarung.

Akan tetapi, meskipun mempunyai fisik dan kuda-kuda yang tangguh, tetap saja bahwa ayam bangkok harus mendapatkan perawatan harian yang baik dari pemiliknya. Namun sayangnya, sebagian besar penggemar ayam aduan mengeluhkan bahwa mereka seringkali mengalami berbagai macam masalah kesehatan sehingga membuat performanya menurun.

Mungkin kaki ayam bangkok lemas atau lemah menjadi salah satu jenis masalah yang paling umum terjadi di kalangan pecinta jenis ayam aduan. Dimana kondisi kaki dan lutut ayam bangkok lemas tersebut sebenarnya dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu dari segi internal (faktor kesehatan) ataupun eksternal (faktor perawatan dan lingkungan).

Apabila diantara kalian mengalami permasalahan serupa seperti di atas, jangan khawatir karena masih ada beberapa cara untuk mengatasinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menguatkan kaki ayam bangkok yang lemas dilengkapi dengan sejumlah penyebabnya.

Penyebab Kaki Ayam Bangkok Lemas

Penyebab Kaki Ayam Bangkok Lemas

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, permasalahan kaki atau lutut ayam bangkok lemas tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah hal, entah itu faktor internal maupun eksternal. Maka dari itu, sebelum membahas poin utama mengenai cara menguatkan kaki ayam bangkok yang lemas dan tidak bertenaga lebih lanjut, berikut akan kami berikan sejumlah penyebab permasalahannya.

  • Ayam bangkok terserang virus atau bakteri.
  • Ayam bangkok merupakan bibit tidak unggul atau DOC (Day Old Chick).
  • Kaki ayam bangkok mengalami benturan keras.
  • Kaki ayam bangkok mengalami cedera.
  • Cuaca di lingkungan sekitar buruk atau ekstrim.
  • Ayam bangkok kekurangan pakan nutrisi.
  • Ayam bangkok terlalu dipaksakan untuk di adu.

Cara Menguatkan Kaki Ayam Bangkok yang Lemas

Cara Menguatkan Kaki Ayam Bangkok yang Lemas Tidak Bertenaga

Setelah memahami beberapa penyebab kaki dan lutut ayam bangkok lemas, maka tahap selanjutnya yaitu tinggal mencari tahu bagaimana tata cara untuk mengatasinya. Sebenarnya, solusi dalam memperkuat kaki ayam bangkok tergolong sangat mudah untuk dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Seperti halnya saat mengobati ayam kurus nyilet, untuk mengatasi kaki ayam bangkok yang lemas juga bisa dilakukan menggunakan obat herbal. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik tata cara menguatkan kaki ayam bangkok yang lemas di bawah ini, entah itu dari segi pola perawatan harian, pemberian pakan hingga pelatihannya.

1. Pahami Penyebab Kaki Ayam Bangkok Lemas

Cara pertama yang perlu dipahami sebelum melakukan berbagai macam usaha dalam menguatkan kaki lemas pada ayam bangkok yaitu memahami apa penyebab utama permasalahannya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, kaki ayam bangkok yang lemas dapat disebabkan oleh beragam faktor, baik itu dari segi internal ataupun eksternal.

2. Lakukan Karantina Ayam Bangkok

Kemudian cara menguatkan kaki ayam bangkok yang lemas selanjutnya yaitu melakukan karantina dalam jangka waktu tertentu. Tujuan dilakukannya karantina yaitu untuk mempermudah proses perawatan ayam bangkok serta mencegah terjadinya kondisi kaki lemas dan lemah semakin parah karena beradu dengan ayam lain di dalam kandang.

3. Berikan Ayam Bangkok Pakan Bernutrisi

Memberikan ayam bangkok makanan bernutrisi dan bergizi tinggi juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kondisi kaki dan lutut yang lemas. Pada intinya, menurunnya performa ayam bangkok seperti kaki lemas tersebut disebabkan karena adanya gangguan kesehatan. Maka dari itu, untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya, berikan ayam bangkok pakan bernutrisi serta bergizi tinggi.

4. Jangan Batasi Pemberian Air Minum Ayam Bangkok

Selain dari segi makanan, cara menguatkan kaki ayam bangkok yang lemas dan gemetaran berikutnya yaitu dengan memberikan air minum secara loss. Loss dalam hal ini yaitu tidak ada batasan mengenai pemberian air minum bagi ayam bangkok selama mereka membutuhkannya.

Menurut beberapa orang, ayam bangkok secara alami akan meminum lebih banyak air ketika mereka sedang dalam kondisi menahan rasa sakit. Maka dari itu, pastikan persediaan air minum di dalam kandang selalu tercukupi.

5. Berikan Obat Turun Urat Herbal

Mengobati kaki ayam bangkok yang lemas juga dapat dilakukan dengan cara memberikan obat turun urat herbal. Obat turun urat herbal sendiri bermanfaat untuk membantu proses pengembalian kondisi syaraf yang rusak. Selain itu, obat tersebut juga bisa memperbaiki metabolisme tubuh sehingga mampu membuat sistem kekebalan tubuh ayam bangkok semakin meningkat.

6. Lakukan Pemijatan Pada Bagian Kaki Ayam Bangkok

Setelah diberikan obat namun masih belum terasa efek sampingnya, maka cara selanjutnya yaitu lakukan pemijatan. Pemijatan sendiri dapat dilakukan secara perlahan pada bagian kaki ayam bangkok menggunakan obat turun urat herbal berbentuk salep. Pastikan kalian memijatnya secara hati-hati, sebab jika pemijatan dilakukan asal-asalan justru malah bisa membuat kondisi menjadi lebih parah.

7. Latih Ayam Bangkok Secara Bertahap

Cara menguatkan kaki ayam bangkok yang lemas terakhir yaitu melakukan pelatihan fisik secara rutin. Seperti diketahui, kaki menjadi senjata ayam bangkok ketika bertarung dengan lawan. Maka dari itu, latihan kaki hingga kuda-kuda menjadi sebuah keharusan bagi ayam tipe petarung.

Tata cara pelatihannya juga cukup mudah, kalian hanya perlu menggerakkan punggung ayam bangkok ke bawah lalu ke depan. Lakukan kegiatan tersebut maksimal 30 kali secara rutin setiap harinya sampai kondisi kaki bangkok kembali normal.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar tata cara menguatkan kaki ayam bangkok yang lemas, sering jatuh saat di adu dan tidak bertenaga dilengkapi dengan sejumlah penyebabnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi serta mengobati kaki ayam bangkok lemas.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.