6 Cara Mengatasi Ayam Makan Plastik : Ciri Ciri & Obati

Cara Mengatasi Ayam Makan Plastik
Advertisements

Cara Mengatasi Ayam Makan Plastik – Ayam menjadi salah satu jenis hewan ternak paling di sukai oleh banyak orang dikarenakan perawatan terbilang mudah dan tidak membutuhkan perhatian yang terlalu, berbeda seperti kalian merawat beberapa jenis burung. Namun tidak ada salahnya jika memberikan perhatian penuh, terlebih lagi jika ayam tersebut ditaruh di lokasi yang cukup luas atau sering disebut juga dengan ayam umbaran.

Dengan begitu pastinya tidak sepenuhnya bisa melihat aktivitas apa saja yang dilakukan setiap harinya, kemungkinan besar yang terjadi ayam akan memakan sembarangan seperti makan plastik ataupun karet. Jikapun ayam kalian mengalami kejadian seperti tersebut tentu berakibat fatal terhadap kesehatan dari ayam kalian dan bahkan kemungkinan terburuk ayam bisa mati dikarenakan pencernaan tidak sempurna.

Advertisements

Bagi setiap pemilik ayam atau kalian yang sedang ternak ayam memang wajib mengetahui ciri ciri ayam sehat serta ciri ciri ayam dalam keadaan tidak sehat, dengan mengetahui itu semua maka kalian bisa mencegah kematian pada hewan ternak kalian. Selain itu juga wajib mengetahui tips agar ayam tetap sehat dan sekali juga menggunakan Voer ayam, terlebih lagi banyak jenis sudah tersedia sampai saat ini.

Beberapa ilmu atau tips tersebut wajib untuk diketahui oleh semua orang terutama bagi kalian suka dengan jenis ayam aduan, bahkan sangat diwajibkan untuk memperhatikan perkembangan ayam tersebut. Jika penasaran dengan cara mengatasi ayam makan plastik atau karet ? Silahkan simak langsung ulasan dari Birdsny.com yang sudah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Ciri Ciri Ayam Makan Plastik

Bila kalian salah satu orang senang dengan hewan ternak terutama pada jenis hewan ayam maka sangat diawajibkan untuk mengetahui ciri ciri ayam makan plastik atau karet, dengan mengetahui itu semua dapat mencegah angka kematian pada hewan ternaknya. Jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan sudah kami persiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

  • Pertama wajib mencurigai ketika aktivitas ayam tidak seperti biasanya dan jika diperhatikan semakin kesini ayam semakin lemas, itu tandanya ayam sedang tidak baik baik saja.
  • Berikutnya bisa dilihat dari cara makan dari ayam tersebut, apabila diberi pakan tidak nafsu dan bahkan tidak makan sedikitpun berarti sedang tidak sehat.
  • Semakin hari ayam terlihat kurus dan kering, itu bisa menjadi ciri ciri ayam makan plastik, karet ataupun lainnya.

Cara Mengatasi Ayam Makan Palstik

Adapun caranya sendiri memang terdapat beberapa cara bisa dilakukan ketika mendapati ayam memakan plastik, maka segera melakukan langkah sigap. Jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Advertisements

1. Ambil Plastik Ketika Masih Menyangkut di Tenggorokan

Cara pertama bisa kalian lakukan apabila kalian kebetulan melihat ayam sedang memakan plastik dan itu sudah hampir masuk ke tenggorokan, maka langsung ambil langkah sigap dengan ambil secara paksa bisa menggunakan tangan atau alat apapun itu yang bisa mencapit plastik.

Perlu diperhatikan juga dengan mengambil langkah sigap dapat dipastikan jika plastik tidak akan masuk ke dalam tembolok, pasalnya jika sudah masuk ke tembolok dapat dipastikan akan susah untuk mengeluarkan plastik tersebut.

2. Cara Mengeluarkan Plastik yang Masuk Ke Tembolok

Adapun setiap cara bisa dilihat dari kondisi ayam tersebut, apabila plastik sudah masuk tembolok memang sedikit lebih susah karena tidak bisa menggunakan dengan cara yang pertama, jadi harus menggunakan cara lain agar bisa mengeluarkan plastik didalam tembolok.

Jadi langkah pertama harus dilakukan dengan cara memberikan minum kepada ayam sebanyak banyaknya sampai terlihat kembung, setelah dipastikan sudah meminum air banyak silahkan pada bagian tembolok di urut dari bawah keatas.

Silahkan lakukan cara tersebut berulang ulang sampai plastik keluar atau terlihat di tenggorokan, jika sudah sampai di fase tersebut bisa menggunakan cara pertama dengan menarik plastik dengan tangan ataupun alat jepit dan lain sebagainya sampai di pastikan plastik keluar.

3. Lakukan Operasi Pada Bagian Tembolok

Kemudian lanjut ke cara yang terakhir ialah melakukan operasi pada bagian tembolok ayam, cuma pada cara ini sangat beresiko besar dan kemungkinan besar ayam bisa mati. Jadi sangat disarankan sekali agar di pantau oleh orang yang ahlinya, sehingga terjadi hal yang tidak di inginkan bisa diatas.

Adapun untuk melakukan cara ini wajib untuk mempersiapkan beberapa peralatan seperti Pisau tajam dan pastikan dalam kondisi steril, kemudian persiapkan juga Alkohol, alat jahit, kapas atau kassa, betadine serta sarung tangan.

Ketika semua sudah dipersiapkan segera lakukan operasi pada bagian tembolok, namun cara ini kami tidak disarankan untuk dilakukan karena sangat berbahaya jika tidak di pantau sama yang ahlinya. Tetapi semua itu terserah pada kalian, jika sebelumnya pernah melakukan apa salahnya untuk di lakukan.

Cara Obati Ayam Setelah Makan Karet & Plastik

Sebagai informasi tambahan buat kalian semua, ketika proses pengambilan plastik berhasil dilakukan maka tahap berikutnya tinggal proses pemulihan atau pengobatan. Jadi sangat disarankan sekali bagi setiap orang yang mengalami kejadian tersebut maka segera melakukan terapi agar ayam dalam kondisi sehat seperti sebelumnya.

Jika tidak segera melakukan pengobatan maka berdampak buruk terhadap ayam peliharaan kalian seperti ayam akan semakin kurus, ayam pucat, tidak nafsu makan, ayam ngantuk terus dan lain sebagainya. Jadi sangat disarankan agar segera melakukan tindakan perawatan secara insentif.

Jadi langkah terbaik harus dilakukan ialah memberikan minyak goreng yang bersih kurang lebih 2 atau 3 sendok, silahkan lakukan hal ini secara rutin. Menurut pengalaman pribadi bahwa cara ini memang sangat ampuh, jadi apa salahnya jika melakukan cara tersebut siapa tahu saja berhasil.

Kesimpulan

Jika melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa untuk mengatasi masalah seperti ini memang terbilang sangat sederhana, namun perlu diperhatikan dari ketiga cara tersebut. Diatas juga sudah dijelaskan setiap cara dari kondisi ayam tersebut apakah masih baru tertelan atau sudah masuk ke dalam tembolok.

Nah seperti itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi ayam makan plastik disertai dengan tips mengobati ayam setelah memakan plastik dapat Birdsny.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan pembahasan seperti tersebut.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.