Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Cara Mengobati Bubul Ayam dengan Bawang Putih Terbukti Ampuh!

Cara Mengobati Bubul Ayam dengan Bawang Putih

Cara Mengobati Bubul Ayam dengan Bawang Putih – Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan nama bubul ayam. Pada umumnya, bubul ayam menyerang jenis ayam yang sedang diternakkan, salah satunya yaitu jenis ayam aduan seperti ayam bangkok.

Dimana bubul ayam sendiri dapat diartikan sebagai sebuah penyakit yang menyerang pada bagian telapak kaki ayam atau bagian ceker. Apabila pengobatan tidak segera dilakukan, maka kemungkinan besar bubul ayam akan memperparah kondisi kesehatannya.

vitamin burung

Untungnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya yaitu menggunakan bawang putih. Pemilihan bawang putih sendiri sebenarnya bukan tanpa alasan, pasalnya tanaman tersebut mempunyai cukup banyak kandungan nutrisi dan gizi.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana mengatasi bubul ayam menggunakan bawang putih, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara melakukannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengobati bubul ayam dengan bawang putih.

Ciri Bubul Ayam

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengobati bubul ayam dengan bawang putih lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa ciri atau indikasi penyakitnya. Adapun sejumlah ciri penyakit bubul ayam yang seringkali muncul tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Telapak kaki hingga jari-jari ayam berwarna merah.
  • Jika telapak kaki ayam dipegang akan terasa cukup hangat atau panas.
  • Timbulnya bengkak pada kaki.
  • Cara berjalan ayam menjadi terlihat pincang.
  • Pergerakan ayam terlihat semakin tidak aktif.
  • Terbentuknya luka kering atau koreng.
  • Apabila luka sudah parah, maka akan mengakibatkan bau menyengat atau busuk.

Jenis Bubul Ayam

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya kondisi penyakit bubul ayam juga bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis apabila dilihat dari segi keparahannya. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum mengobatinya, berikut akan kami berikan beberapa kategori keparahan penyakit bubul ayam.

1. Tahap Pertama

Pada tahap pertama umumnya akan muncul tanda kemerah-merahan pada bagian kaki ayam. Hal tersebut biasanya disebabkan karena kondisi kandang ataupun tempat untuk bertengger tidak sesuai. Pada tahap ini biasanya ayam ataupun unggas lainnya akan tetap bisa berjalan seperti biasa.

2. Tahap Kedua

Pada saat penyakit bubul ayam sudah memasuki tahap kedua, maka telapak kaki ayam akan semakin memerah dan bertambah luas. Jika sudah sampai pada tahap ini, maka peternak sebaiknya harus segera memberikan obat seperti antibiotik dan obat lainnya yang di jual di toko hewan.

3. Tahap Ketiga

Kemudian untuk tahap ketiga yaitu ketika bubul ayam sudah terlihat semakin parah. Biasanya ketika bubul ayam sudah semakin membesar, maka akan menyebabkan ayam sulit untuk berjalan, bahkan lumpuh. Jika tidak segera diobati, maka bubul ayam bisa menyebabkan kematian.

Cara Mengobati Bubul Ayam dengan Bawang Putih

Tata Cara Mengobati Bubul Ayam dengan Bawang Putih

Setelah mengetahui beberapa ciri hingga jenis penyakit bubul pada ayam, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengobati ataupun mengatasinya. Nah, salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengobati penyakit pada unggas tersebut yaitu dengan memanfaatkan tanaman alami, yaitu bawang putih.

Perlu diketahui, secara garis besarnya cara mengobati bubul ayam menggunakan bawang putih sendiri sebenarnya hampir sama seperti saat mengobati kaki ayam lumpuh. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik penjelasan mengenai cara mengobati bubul ayam dengan bawang putih di bawah ini.

1. Persiapkan Bawang Putih

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin mengobati bubul ayam dengan cara sederhana yaitu mempersiapkan beberapa siung bawang putih. Silahkan cuci bawang putih dari kotoran atau debu yang menempel menggunakan air bersih.

2. Haluskan Bawang Putih

Setelah bawang putih bersih dari kotoran dan debu, cara selanjutnya yaitu menghaluskannya. Kalian bisa menghaluskan bawang putih menggunakan blender atau ditumbuk secara manual. Pastikan bawang putih tersebut sudah halus secara merata.

3. Tempelkan Bawang Putih ke Kaki Ayam

Cara mengobati bubul ayam dengan bawang putih berikutnya yaitu tinggal menempelkan ke bagian kaki ayam yang sedang dalam keadaan bubulan. Sebaiknya tempelkan bawang putih ke kaki ayam dengan cara mengoleskannya secara merata.

4. Balut Kaki Ayam dengan Perban

Kemudian cara mengobati bubul ayam dengan bawang putih terakhir yaitu balut menggunakan perban atau kain bersih. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga supaya bubuk bawang putih tidak mudah terlepas. Supaya proses penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat, saran kami sebaiknya ganti sebanyak dua kali sehari.

Tips Mencegah Bubul Ayam

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ciri hingga jenis beserta cara mengobati bubul ayam dengan bawang putih. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, apabila penyakit bubul pada ayam dibiarkan begitu saja, maka biasanya hal tersebut akan memberikan dampak buruk pada kesehatan ayam, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Nah, untuk mencegah supaya ayam tidak mudah terkena atau terserang bubul sendiri sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pencegahan penyakit bubul yaitu tentang konstruksi kandang. Dimana ukuran dan keamanan kandang harus sesuai dengan standar.

Apabila membuat kandang menggunakan bambu, kalian harus menghaluskan kayu hingga berbentuk tumpul terlebih dahulu supaya ketika ayam menginjak pinggir bambu, kakinya tidak akan terluka. Selain itu, apabila menggunakan lantai litter, maka peternak juga perlu mengganti alas kandang secara berkala.

Hal tersebut penting untuk dilakukan karena ketika alas kandang ayam tidak pernah diganti, maka akan menyebabkan kandang terlihat kotor dan lembab sehingga bisa menjadi sarang bagi bakteri serta virus. Dengan kata lain, kalian harus benar-benar memperhatikan tingkat keamanan serta kebersihan kandang ayam.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengobati bubul ayam dengan bawang putih dilengkapi dengan tips mencegahnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi penyakit bubul pada ayam menggunakan tanaman bawang putih.

Sumber gambar : youtube.com

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.