Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Minyak Kayu Putih!

Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Minyak Kayu Putih
Advertisements

Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Minyak Kayu Putih – CRD (Chronic Respiratory Disease) atau lebih umum dengan sebutan ngorok merupakan salah satu jenis penyakit paling umum menyerang ternak jenis unggas, entah itu pada ayam aduan ataupun ayam hias. Di Indonesia sendiri, para peternak ayam juga mengenal penyakit tersebut dengan istilah flu atau pilek.

Secara garis besarnya, penyakit ngorok menyerang sistem pernapasan pada ayam. Sehingga, ketika ayam bernafas akan menimbulkan bunyi khas seperti ngorok yang akan mengganggu sistem respirasinya. Jika dibiarkan begitu saja, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan ayam, mulai dari penurunan berat badan, menghambat pertumbuhan dan lain sebagainya.

Advertisements

Untungnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak cara bisa dilakukan untuk mengobati atau mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya yaitu menggunakan minyak kayu putih. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya minyak kayu putih sendiri mengandung sejumlah zat yang mampu mengobati berbagai macam penyakit, termasuk ngorok.

Maka dari itu, apabila kalian berencana mengatasi ayam ngorok menggunakan minyak kayu putih, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara melakukannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai penyebab hingga cara mengobati ayam ngorok dengan minyak kayu putih.

Kandungan Minyak Kayu Putih

Kandungan Minyak Kayu Putih

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara mengobati ayam ngorok dengan minyak kayu putih berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu alasan kenapa banyak orang memanfaatkan produk tersebut. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa orang-orang menggunakan minyak kayu putih untuk mengobati ngorok yaitu karena sejumlah kandungan di dalamnya.

Dimana di dalam minyak kayu putih sendiri terkandung beberapa bahan kimia seperti cineole, linalool serta terpineol yang mampu memberikan sensasi hangat ketika dioleskan pada kulit. Selain itu, minyak kayu putih juga mengandung beberapa bahan-bahan berkhasiat lainnya seperti camphor, minyak eukaliptus dan mentol yang mampu mengobati hidung tersumbat.

Advertisements

Penyebab Ayam Ngorok

Munculnya beberapa jenis penyakit pada semua jenis ayam pastinya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu dari segi internal ataupun eksternal. Oleh sebab itu, sebagai bahan gambaran di bawah ini akan kami berikan sejumlah penyebab ngorok, flu atau pilek pada ayam.

1. Amoniak

Penyebab pertama ayam ngorok yaitu karena naiknya kadar amoniak dan dihirup oleh ayam sehingga menyebabkan iritasi pada saluran pernafasannya. Iritasi tersebut nantinya juga bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel di permukaan saluran pernafasan sehingga akan memudahkan berkembangnya berbagai macam penyakit dari luar.

2. Suhu dan Kelembapan

Kemudian suhu dan kelembapan di lingkungan sekitar kurang mendukung juga bisa menjadi salah satu penyebab ayam ngorok. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ketika suhu dan kelembapan di sekitar tidak kondusif, maka akan menyebabkan gangguan sinus dan organ pernafasan.

3. Infeksi Penyakit

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya jenis penyakit yang bisa menyebabkan ayam ngorok dibedakan menjadi beberapa kategori dan pastinya semua jenis penyakit tersebut memiliki perbedaan terkait penyembuhannya. Adapun jenis-jenis penyakit penyebab ayam ngorok tersebut diantaranya yaitu seperti CRD dan CRD kompleks, Korisa, ILT, ND, IB dan AI.

Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Minyak Kayu Putih

Tata Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Minyak Kayu Putih
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa penyebab hingga kandungan nutrisi dan gizi di dalam minyak kayu putih, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengobati atau mengatasi ayam terkena ngorok. Perlu diketahui, sebenarnya saat ini sudah tersedia cukup banyak bahan alami yang bisa menyembuhkan permasalahan ngorok pada ayam, seperti bawang putih dan bawang merah, belimbing wuluh dan lain sebagainya.

Akan tetapi, pemilihan minyak kayu putih sendiri juga sebenarnya dapat dilakukan asalkan tingkat atau kondisi penyakit ngorok ayam belum terlalu parah. Sedangkan untuk tata cara mengobati ayam ngorok dengan minyak kayu putih juga tergolong cukup mudah. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik pembahasannya berikut ini.

1. Siapkan Minyak Kayu Putih

Cara mengobati ayam ngorok pertama yaitu dengan mempersiapkan minyak kayu putih terlebih dahulu. Saat ini untuk mendapatkan minyak kayu putih sendiri juga sangat mudah, karena sudah tersedia di warung-warung kelontong maupun apotek.

2. Basahi Bulu dengan Minyak Kayu Putih

Setelah minyak kayu putih sudah siap, kemudian siapkan juga sehelai bulu ayam yang sudah rontok. Kemudian cara selanjutnya yaitu mengoleskan bulu dengan minyak kayu putih tersebut sampai benar-benar basah.

3. Masukkan Bulu ke Dalam Mulut Ayam

Apabila bulu ayam sudah basah oleh minyak kayu putih, cara berikutnya yaitu masukkan bulu tersebut ke dalam mulut ayam. Kalian perlu mengkorok-korok mulut ayam tersebut menggunakan bulu supaya semua lendir terbawa dan menempel di bulu ayam.

4. Lakukan Berulang Kali

Silahkan lakukan langkah-langkah mengatasi ayam ngorok dengan minyak kayu putih di atas berulang kali sampai lendir di dalam mulutnya keluar semua. Apabila cara ini dilakukan dengan benar, maka dapat dipastikan bahwa penyakit ngorok pada ayam aduan akan hilang dan sembuh. Perlu diingat, sampai saat ini belum ditemukan adanya efek samping buruk atas penggunaan minyak kayu putih sebagai obat dalam mengatasi penyakit ayam ngorok.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengobati ayam ngorok dengan minyak kayu putih dilengkapi dengan penyebab permasalahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengatasi penyakit ayam ngorok menggunakan minyak kayu putih.

Sumber gambar : klikdokter.com, paktanidigital.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *