Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

15 Cara Mengobati Burung Katarak dengan Bahan Alami & Obat

Cara Mengobati Burung Katarak
Advertisements

Cara Mengobati Burung Katarak – Hampir semua penggemar atau pecinta burung rasanya tidak ingin hewan peliharaan mereka mengalami sakit, terutama pada matanya. Pasalnya, kondisi tersebut akan membuat burung kesulitan dalam beraktivitas dan bahkan lebih buruknya biasanya berakhir pada kematian.

Secara garis besarnya, terdapat beberapa hal atau faktor yang bisa menjadi penyebab burung mengalami katarak, entah itu dari segi internal maupun eksternal. Dimana segi internal sendiri berarti berasal dari dalam tubuh burung sementara eksternal yaitu diakibatkan karena faktor lingkungan sekitar ataupun karena kesalahan dalam pola perawatannya.

Advertisements

Meskipun tergolong ke dalam salah satu penyakit serius, namun jangan khawatir karena masih ada beberapa solusi untuk mengobati ataupun mengatasinya. Akan tetapi, supaya pengobatan penyakit pada mata burung tersebut dapat berhasil, pastinya dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemiliknya.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana mengobati penyakit mata pada burung kesayangan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana caranya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengobati burung katarak secara alami ataupun menggunakan obat-obatan.

Ciri Burung Katarak

Ciri Burung Katarak

Sebelum membahas poin utama mengenai cara mengobati burung katarak lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa ciri-ciri penyakitnya. Secara garis besar, penyakit katarak sebenarnya dapat dilihat secara kasat mata oleh pemilik burung. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa ciri burung mengalami penyakit katarak.

  • Terdapat bintik putih pada mata.
  • Terlihat selaput putih pada mata.
  • Penglihatan burung menjadi terganggu.
  • Perilaku atau tingkah laku burung berubah.
  • Burung seringkali menutup mta.
  • Burung memegang daerah mata.
  • Burung makan dan minum berlebihan.

Penyebab Burung Katarak

Penyebab Burung Katarak

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, penyakit katarak pada burung dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari faktor internal ataupun eksternal. Jika katarak dibiarkan terus-menerus tanpa pengobatan, maka burung bisa mengalami kebutaan atau bahkan kematian. Sebagai bahan gambaran, berikut kami jelaskan sejumlah penyebab burung katarak.

Advertisements
  • Proses penjemuran dilakukan secara berlebihan.
  • Lampu terlalu terang.
  • Pemberian pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) terlalu berlebihan.
  • Gigitan serangga seperti nyamuk, semur ataupun serangga kecil jenis lainnya.
  • Faktor genetik atau keturunan.

Cara Mengobati Burung Katarak

Setelah mengetahui beberapa ciri hingga penyebab penyakit katarak pada burung, maka langkah selanjutnya yaitu tinggal masuk ke pembahasan utamanya, yaitu mengenai cara mengatasi ataupun mengobatinya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai cara mengobati burung katarak.

1. Membuat Ramuan Daun Sirih

Membuat Ramuan Daun Sirih

Cara pertama untuk mengobati burung katarak yaitu dengan menggunakan ramuan dari daun sirih. Kalian bisa memberikan burung katarak dengan ramuan daun sirih sebanyak satu tetes saja dalam sehari. Saran kami sebaiknya jangan gunakan ramuan daun sirih secara sembarangan karena bisa mengakibatkan efek samping negatif.

2. Menggunakan Obat Tetes Madu Asli

Menggunakan Obat Tetes Madu Asli

Seperti diketahui, di pasaran Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali obat burung katarak, salah satunya yaitu obat tetes madu asli. Dimana obat yang mengandung ekstrak air liur lebah di dalam madunya sendiri dipercaya mempunyai beberapa kandungan, termasuk untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit katarak.

3. Menggunakan Bunga Melati

Menggunakan Bunga Melati

Bunga melati juga sebenarnya dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit katarak burung. Tata cara melakukannya sendiri yaitu dengan mengompres air seduhan bunga melati yang sudah direbus sampai mendidih. Kalian bisa mengompres mata burung menggunakan kain lembut.

4. Menggunakan Daun Kitolod

Cara Mengobati Katarak Menggunakan Daun Kitolod

Cara mengobati katarak burung selanjutnya mungkin menjadi tahapan penyembuhan paling gampang dibandingkan solusi lainnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kalian hanya perlu menggunakan air embun dari daun kitolod saja. Dimana daun kitolod sendiri dipercaya mampu membersihkan kotoran serta membuka lapisan selaput yang menutupi mata burung.

5. Menggunakan Biji Bunga Boroco

Menggunakan Biji Bunga Boroco

Bunga boroco atau biasa disebut juga sebagai jengger ayam ternyata dapat mengobati katarak burung. Tata cara penggunaannya juga tergolong cukup mudah, kalian hanya perlu mengambil beberapa biji bunga, kemudian rebus menggunakan air bersih selama 10 menit. Setelah mendidih, silahkan diamkan sampai hangat-hangat kuku. Lalu oleskan tipis-tipis air rebusan biji bunga boroco tersebut pada mata burung.

6. Menggunakan Daun Pegagan

Menggunakan Daun Pegagan

Obat tetes burung katarak alami selanjutnya yaitu berasal dari daun pegagan. Dimana di dalam daun pegagan sendiri terdapat kandungan berbagai macam unsur kimiawi yang akan membantu saat hendak mengobati mata katarak, diantaranya yaitu seperti thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmic acid, brahmoside, mad asiatic acid, asiaticoside, vitamin B dan lain sebagainya.

7. Memanfaatkan Propolis

Memanfaatkan Propolis

Proses penyembuhan mata burung dari penyakit katarak berikutnya yaitu dilakukan menggunakan propolis. Propolis sendiri merupakan salah satu bahan murni yang berasal dari alam sehingga aman untuk digunakan pada burung. Cara mengobatinya yaitu dengan mempersiapkan satu tetes propolis, kemudian campur dengan 5 – 7 tetes air bersih. Setelah itu, teteskan pada mata burung katarak.

8. Memanfaatkan Kembang Telang

Memanfaatkan Kembang Telang

Kembang talang juga sebenarnya termasuk ke dalam salah satu cara mengobati katarak burung. Kembang talang sendiri sangat mudah ditemukan, karena tumbuh liar di sekitar kebun. Tata cara pengobatannya sendiri sebenarnya cukup berbeda dengan cara di atas, penyembuhan katarak dengan kembang talang dilakukan dengan cara merimbang mata burung.

9. Memanfaatkan Cream Mata

Memanfaatkan Cream Mata

Cream mata saat in sudah bisa ditemukan dengan mudah di tempat jual beli hewan maupun klinik hewan. Sesuai namanya, kalian hanya perlu mengoleskan cream mata secara perlahan ke bagian mata burung yang terkena katarak. Waktu pemberiannya sebaiknya dilakukan secara rutin setiap dua kali sehari pada saat pagi dan sore hari.

10. Mengunjungi Dokter Hewan

Mengunjungi Dokter Hewan
Advertisements

Cara mengobati burung katarak terakhir yaitu dengan membawanya ke dokter atau klinik hewan terdekat. Cara ini dapat kalian lakukan apabila beberapa bahan-bahan alami di atas tidak mampu mengatasi penyakit tersebut. Pada umumnya pemeriksaan dokter hewan dilakukan secara menyeluruh sehingga mampu mengidentifikasi apa penyebab utama penyakit katarak pada burung.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara mengobati burung katarak untuk semua jenis menggunakan bahan alami dan obat-obatan dilengkapi dengan ciri hingga penyebab penyakitnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi penyakit burung katarak.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.