Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Ciri Bubul Ayam Sembuh Yang Wajib Diketahui

Ciri Bubul Ayam Sembuh

Ciri Bubul Ayam Sembuh – Memelihara ayam, bukan sekedar memberi makan dan membersihkan kandang, namun juga harus menjaga kesehatan ayam itu sendiri. Apalagi jika memelihara ayam petarung seperti Bangkok atau Birma, tentu saja pemberian nutrisi dan vitamin juga sangat diperlukan.

Meskipun memberi pakan yang cukup setiap harinya berupa pur 594 untuk ayam aduan yang punya banyak manfaat serta menjaga kebersihan kandang, jika tidak memperhatikan aspek yang berpengaruh pada kesehatan ayam, maka ayam peliharaan Anda akan mudah terserang penyakit.

Pemberian pakan juga harus diimbangi dengan pemberian nutrisi dan vitamin ayam, sehingga ayam tidak mudah terserang penyakit. Dimana salah satu jenis penyakit yang kerap kali menyerang ayam adalah bubul ayam yang merupakan penyakit ayam yang terjadi pada telapak kaki ayam.

Jenis penyakit ini sering kali dialami oleh ayam bangkok dan tergolong menjengkelkan karena membutuhkan waktu yang lama dan pengobatan secara intensif agar cepat sembuh. Nah, di bawah ini adalah ulasan terkait penyebab, pengobatan dan ciri ciri bubul ayam sembuh yang wajib diketahui.

Penyebab Bubul Ayam

Penyebab Bubul Ayam

Penyebab bubul ayam adalah karena adanya tekanan atau gesekan berulang kali pada bagian kulit yang mengakibatkan penebalan kulit di telapak kaki ayam. Penebalan ini disebut keratin yaitu lapisan kulit berlebihan.

Seiring berjalannya waktu ketebalan kulit ini akan menyebabkan rasa sakit ketika ditekan dan setelah ini akan terjadi pembusukan. Sederhananya, proses terjadinya bubul ayam, dikarenakan adanya kotoran yang menempel atau masuk ke dalam kulit kaki ayam yang mengakibatkan infeksi.

Faktor penyebab infeksi tersebut yaitu karena alas kandang basah dan kotor, ayam terlalu aktif ataupun karena tempat tenggeran kurang halus.

Gejala Bubul Ayam

Gejala Bubul Ayam

Umumnya, bubul ayam akan menimbulkan gejala berupa benjolan merah di bagian kaki ayam itu sendiri. Adapun beberapa gejala lainnya yang muncul karena penyakit ayam satu ini yang perlu dikenali yaitu sebagai berikut.

  • Telapak kaki atau jari-jari ayam berwarna merah.
  • Apabila telapak kaki ayam dipegang akan terasa hangat atau panas.
  • Menimbulkan bengkak pada kaki.
  • Cara berjalan ayam menjadi pincang.
  • Pergerakan ayam semakin tidak aktif.
  • Membentuk luka kering atau koreng.
  • Jika luka sudah parah, maka akan mengakibatkan bau menyengat atau busuk.

Itulah sejumlah gejala yang timbulkan dari penyakit bubul ayam, dimana tanda-tanda di atas akan terlihat sangat jelas jika penyakit ini sudah sangat parah. Jika hal itu dibiarkan maka akan menyebabkan pembusukan yang sangat parah dan bahkan dapat menyebabkan ayam Anda mati.

Pencegahan Ayam Bubulan

Pencegahan Ayam Bubulan

Tips agar ayam tidak terkena penyakit bubul ayam terbilang cukup sederhana dan mudah. Cukup batasi ayam melakukan aktivitas yang menyebabkan luka pada bagian telapak atau jari-jari ayam. Penyekat kandang harus rapat, alas kandang kering, tidak basah, dan gunakan tenggeran yang halus.

Sebenarnya, pencegahan yang dilakukan adalah menghindari hal-hal yang berkaitan dengan penyebab penyakit ini timbul. Anda juga harus meletakkan ayam di kandang yang kering, memandikan ayam setiap hari, membersihkan kotoran, khususnya pada kami alam serta mengganti alas kandang.

Cara Mengobati Bubul Ayam Agar Cepat Sembuh

Cara Mengobati Bubul Ayam Agar Cepat Sembuh

Nah, jika ayam Anda menderita penyakit bubul ayam maka Anda harus segera melakukan pengobatan. Dimana pengobatan merupakan salah satu upaya untuk mencegah bubul ayam agar tidak semakin parah dan cepat sembuh.

Anda dapat menggunakan metode pengobatan ilmiah ataupun tradisional, seperti dengan oli bekas, minyak tanah, jahe, paku yang dipanaskan, bawah putih dan lainnya. Selain itu, bisa juga menggunakan bahan kimia seperti salep, anti biotik, alkohol, plaster khusus bubul dan masih banyak lainnya.

Jadi ada banyak cara untuk mengobati bubul ayam agar cepat sembuh, dimana semua metode sudah terbukti ampuh. Berikut kami berikan satu cara paling efektif untuk mengobati bubul ayam menggunakan jahe dan minyak tanah.

  • Haluskan jahe secukupnya dan kemudian tuangkan minyak tanah hingga terlihat basah.
  • Bersihkan kaki ayam menggunakan air hangat hingga tidak ada kotoran yang menempel, lanjut dikeringkan.
  • Oleskan jahe dan minyak tanah ke bagian yang sakit lalu tambal pakai kain kasa atau hansaplas.
  • Pastikan tertutup rapat agar tidak ada kotoran yang masuk.
  • Jika sudah 3 hari, buka kembali dan lakukan hal seperti panduan di atas hingga bubul ayam sembuh.

Ciri Bubul Ayam Sembuh

Ciri Ciri Bubul Ayam Sembuh

Setelah melakukan pengobatan, hal yang kurang dipahami oleh banyak peternak ayam adalah ciri jika luka sudah mulai sembuh. Sebenarnya, mengenali ciri bubul ayam sembuh terbilang sangat mudah dan ini terlihat begitu jelas.

Nah, ada beberapa ciri atau tanda jika bubul ayam benar-benar sudah sembuh total. Adapun ciri ciri bubul ayam sembuh total yaitu sebagai berikut.

  1. Ciri ciri pertama, jika bubul ayam benar-benar sembuh adalah sudah tidak ada benjolan atau kulit keras di telapak kaki.
  2. Kaki ayam tidak bengkak lagi.
  3. Lapisan kulit telapak kaki menipis dan sedikit lebih halus.

Jika masih ada bagian kulit keras, artinya bubulnya masih ada atau belum sembuh. Jika dilakukan operasi pada lapisan kulit yang keras tersebut, akan terlihat akarnya, itu tandanya bubul ayam benar-benar belum sembuh.

Untuk memastikan bubul ayam sudah sembuh, Anda bisa mencoba diuji abar minimal 2 air. Lalu, perhatikan setelah 2 -3 hari. Jika hasilnya aman-aman saja maka bubul ayam sudah mulai sembuh.

Akhir Kata

Nah, itulah informasi lengkap dari birdsny.com terkait ciri bubul ayam sembuh lengkap beserta informasi terkait penyebab, gejala, pencegahan dan cara mengobati bubul ayam. Sekiranya hanya itu saja informasi yang dapat kami sajikan mengenai ciri bubul ayam sembuh, semoga artikel di atas membantu.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.