Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Manfaat Cabe Rawit Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Cabe Rawit Untuk Ayam Bangkok

Manfaat Cabe Rawit untuk Ayam Bangkok – Perlu kamu ketahui, ayam bangkok merupakan ayam yang sering digunakan untuk aduan. Sejak dahulu memang ayam bangkok sering digunakan untuk aduan dan bahkan saat ini pun masih banyak orang yang melakukan hal tersebut.

Sesuai dengan namanya, ayam bangkok merupakan ayam berasal dari negara Thailand. Namun saat ini keberadaannya sudah tersebar luas di Indonesia sehingga mudah untuk dijumpai. Ayam bangkok juga memiliki harga jual cukup mahal tergantung kualitas dan mentalnya.

Untuk perawatan ayam bangkok pun terbilang mudah, cukup memberi makan dan menjemurnya secara teratur serta menambahkan suplemen tambahan. Salah satu suplemen tambahan yang bisa kamu gunakan yaitu dengan memberinya cabe rawit. Selain untuk ayam bangkok, kamu juga bisa memberikan cabe rawit kepada burung lovebird. Untuk manfaatnya, kamu bisa membuka artikel MANFAAT CABE RAWIT UNTUK LOVEBIRD.

Mungkin banyak orang kebingungan tentang hal ini. Namun nyatanya cabe rawit ini memiliki banyak manfaat untuk ayam bangkok. Karena masih banyak orang belum mengerti apa saja manfaat dari cabe rawit, maka pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan beberapa manfaat cabe rawit untuk ayam bangkok.

Manfaat Cabe Rawit Untuk Ayam Bangkok

Jika pada umumnya cabe rawit digunakan untuk memasak, namun cabe rawit juga dapat digunakan sebagai suplemen tambahan untuk ayam bangkok. Memang sebenarnya masih banyak suplemen tambahan untuk ayam bangkok selain cabe rawit. Namun sebagian besar penghobi lebih memilih menggunakan cabe rawit karena memiliki manfaat yang baik untuk ayam bangkok. Dibawah ini kami sudah jelaskan beberapa manfaat cabe rawit untuk ayam bangkok.

1. Menghangatkan Tubuh Ayam Bangkok

Menghangatkan Tubuh Ayam Bangkok

Manfaat pertama yaitu dapat menghangatkan tubuh ayam bangkok. Hal ini disebabkan karena cabe rawit memiliki rasa pedas. Oleh karena itu pemberian cabe rawit sangat penting untuk ayam bangkok ketika sedang musim dingin atau musim hujan.

2. Mencegah Penyakit Tetelo

Mencegah Penyakit Tetelo

Tetelo merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya untuk ayam bangkok. Ayam bangkok yang terkena penyakit tetelo tidak akan memiliki nafsu makan. Selain itu leher ayam bangkok juga akan terlihat seperti di plintir dan nantinya bisa menyebabkan kematian. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan cabe rawit agar terhindar dari penyakit tersebut.

3. Memanjangkan Nafas Ayam Bangkok

Memanjangkan Nafas Untuk Ayam Bangkok

Pada saat bertarung ayam bangkok akan mengeluarkan nafas dan tenaga semaksimal mungkin. Jika ayam bangkok memiliki nafas panjang maka kemungkinan bisa memenangkan pertarungan tersebut. Nah penggunaan cabe rawit juga bisa untuk memanjangkan nafas ayam bangkok sehingga dapat bertahan lama saat bertarung.

4. Manfaat Memerahkan Wajah Ayam Bangkok

Manfaat Memerahkan Wajah Ayam Bangkok

Manfaat berikutnya yaitu untuk memerahkan wajah ayam bangkok. Biasanya ayam bangkok yang habis bertarung akan memiliki wajah berwarna merah pucat. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memberi suplemen cabe rawit secara teratur agar wajah ayam bangkok kembali merah seperti sebelum bertarung.

5. Cabe Rawit Mengobati Luka Terkena Jalu

Cabe Rawit Mengobati Luka Terkena Jalu

Jalu merupakan salah satu senjata yang dimiliki oleh setiap ayam. Oleh karena itu kemungkinan besar setelah ayam bertarung akan terdapat lubang kecil akibat terkena jalu. Untuk mengobatinya kamu bisa menggunakan cabe rawit agar luka tersebut tidak infeksi dan cepat kering.

Dosis Penggunaan Cabe Rawit Untuk Ayam Bangkok

Dosis Penggunaan Cabe Rawit Untuk Ayam Bangkok

Untuk pemberian cabe rawit sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Sebab pemberian cabe rawit berlebihan malah akan membuat lambung ayam menjadi panas dan bisa menyebabkan kerusakan pada usus ayam tersebut. Untuk urusan dosis, jumlah paling tepat yaitu 2 buah cabe rawit dalam satu hari.

Dosis tersebut diberikan pada ayam bangkok yang telah berumur 6 bulan keatas. Setelah itu kamu bisa langsung melolohkan cabe rawit kepada ayam bangkok atau bisa juga dengan cara menghaluskan cabe rawit untuk dicampurkan dalam makanannya.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat cabe rawit untuk ayam bangkok versi Birdsny. com. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu dosis pemberian cabe rawit. Mungkin masih banyak kegunaan cabe rawit bagi ayam bangkok yang belum kami ketahui. Namun yang pasti pemberian cabe rawit sangat baik untuk kesehatan ayam bangkok. Sekian informasi dari kami dan semoga bermanfaat untuk penghobi ayam bangkok.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *