Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Cara Meningkatkan Mental Burung Trucukan Agar Gacor & Nggaruda!!

Cara Meningkatkan Mental Burung Trucukan
Advertisements

Cara Meningkatkan Mental Burung Trucukan – Sebagaimana diketahui, Trucukan merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sudah banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan di Indonesia. Namun sayangnya, harga burung Trucukan yang terbilang cukup murah kerap menjadikannya dipandang sebelah mata oleh banyak orang.

Meskipun demikian, dibalik itu semua ternyata Trucukan mampu mengeluarkan suara kicauan lumayan bagus untuk jenis burung sekelasnya. Terlebih lagi jika burung Trucukan sudah memiliki mental fighter dan menggaruda (mengepakkan sayap) sambil berkicau, maka bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Advertisements

Akan tetapi, masih ada beberapa penggemar Trucukan di luar sana mengeluhkan bahwa burung kicauan mereka belum memiliki mental petarung sehingga performanya tidak maksimal. Perlu diketahui, sebenarnya mental burung Trucukan masih dapat ditingkatkan asalkan pola perawatan serta pemberian pakan hariannya dilakukan dengan benar.

Maka dari itu, jika kalian ingin melatih burung Trucukan agar mempunyai mental fighter, ada baiknya cari tahu bagaimana tata cara merawatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara meningkatkan mental burung Trucukan agar fighter dan nggaruda.

Ciri Burung Trucukan Punya Mental Fighter

Ciri Burung Trucukan Punya Mental Fighter

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara meningkatkan mental burung Trucukan berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa ciri apabila jenis burung peliharaan tersebut sudah memiliki mental petarung. Salah satu ciri burung Trucukan mempunyai mental fighter yaitu mereka akan lebih gacor disertai perilaku nggaruda.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tingkah laku nggaruda sambil berkicau ini bisa menjadi sebuah tanda bahwa burung Trucukan memiliki nilai jual lebih mahal dibandingkan burung masih liar. Hal tersebut dikarenakan burung Trucukan yang bisa nggaruda mengindikasikan bahwa mereka pejantan kuat serta sudah dewasa.

Advertisements

Jika burung Trucukan sudah dewasa namun masih belum maksimal dalam menggaruda, maka kemungkinan besar salah satu penyebabnya yaitu karena mentalnya masih lemah. Maka dari itu, salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melatih mental burung Trucukan agar bisa bersaing dengan lawannya.

Cara Meningkatkan Mental Burung Trucukan

Cara Meningkatkan Mental Burung Trucukan Agar Gacor
Advertisements

Salah satu tujuan meningkatkan mental burung yaitu agar bisa membuat Trucukan ropel panjang dan gacor. Menariknya lagi, jika mental burung Trucukan sudah kuat, maka mereka dapat mengeluarkan perilaku nggaruda. Pada intinya, untuk meningkatkan mental burung menjadi fighter, pemiliknya perlu memenuhi semua kebutuhan dan asupan Trucukan setiap harinya.

Dimana langkah-langkah dalam membangkitkan mental Trucukan sendiri dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, bahkan hampir mirip seperti saat ingin membuat suara Trucukan keras. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan tata cara meningkatkan mental burung Trucukan, baik itu dari pola perawatan harian, pemberian pakan hingga teknik pelatihannya.

1. Menempelkan Trucukan Bersama Burung Lain

Cara pertama meningkatkan mental burung Trucukan dan memiliki gaya nggaruda yaitu menempelkannya bersama burung jenis lainnya. Sebagai contoh kandang burung Trucukan di dekatkan ke kandang burung jenis lainnya seperti Jalak Suren, Cucak Ijo ataupun Cucak Jenggot. Setelah selama 5 menit, silahkan jauhkan kembali burung Trucukan.

Penjauhan burung Trucukan setelah di dekatkan dengan burung jenis lainnya ini bertujuan untuk memunculkan sifat nggarudanya. Kalian bisa melakukan cara tersebut beberapa kali secara berkala sampai mental burung Trucukan meningkat sehingga dapat mengeluarkan performa maksimalnya.

2. Memancing Mental Trucukan Menggunakan Burung Liar

Cara selanjutnya yaitu memanfaatkan burung liar untuk memancing mental burung Trucukan keluar. Salah satu alasan mengapa burung Trucukan di adu dengan burung liar yaitu supaya mereka bisa menunjukan daerah kekuasaannya. Lakukanlah cara ini dengan sering menjemur burung Trucukan di halaman rumah. Kemudian tebarkan milet untuk mengundang burung jenis lain seperti gereja agar mendekatinya.

3. Meningkatkan Mental Trucukan Menggunakan Cermin

Cara meningkatkan mental burung Trucukan selanjutnya yaitu mengunakan cermin. Cermin ini akan membuat burung Trucukan merasa bahwa terdapat burung lain di sekitarnya. Keadaan seperti itu akan membuat burung Trucukan mengeluarkan nalurinya seperti karakter tidak ingin tersaingi. Artinya, secara tidak langsung mental Trucukan akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

4. Berikan Burung Trucukan Pakan Tambahan

Selain dari segi pola perawatan hariannya, untuk meningkatkan mental Trucukan juga sebenarnya bisa dilakukan melalui pemberian pakannya. Saran kami sebaiknya berikan burung Trucukan voer yang bagus, setidaknya mengandung vitamin, mineral serta zat lain untuk memenuhi semua kebutuhan asupannya. Selain itu, berikan juga burung Trucukan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) seperti ulat hongkong, jangkrik maupun kroto.

5. Lakukan Pemasteran Burung Trucukan

Cara meningkatkan mental burung Trucukan biar fighter, gacor dan nggaruda terakhir yaitu melakukan pemasteran. Kalian bisa memaster dengan memutar suara burung Trucukan yang sudah gacor. Atau kalian juga dapat melakukan pemasteran Trucukan dengan suara burung jenis lainnya seperti Jalak Suren ataupun Jalak Kebo. Tujuan pemasteran ini yaitu supaya burung Trucukan terpancing dan ikut gacor sehingga mentalnya meningkat.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk memancing mental burung Trucukan keluar sebenarnya dapat dilakukan melalui berbagai macam cara. Akan tetapi, dibutuhkan adanya kesabaran serta ketelatenan dari pemilik sampai burung Trucukan benar-benar memiliki mental fighter atau jiwa petarung.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar cara meningkatkan mental burung Trucukan biar fighter, gacor dan nggaruda, entah itu dari segi perawatan harian, pemberian pakan hingga teknik pelatihannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat burung Trucukan punya mental juara.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.