Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Cara Merawat Pleci Biar Gacor

Cara Merawat Pleci Biar Gacor

Cara Merawat Pleci Biar Gacor – Pleci atau burung kacamata ini merupakan salah satu jenis burung kicauan yang ada di Indonesia. Burung tersebut terkenal memiliki suara kicau bagus dan pandai menirukan suara burung lain.

Saat burung mendengarkan suara burung lain, pasti burung akan mengikuti dan menirukan suara burung tersebut. Dengan alasan, burung selalu mendapatkan pola perawatan yang baik dari si pemilik.

Sehingga, sobat kicau yang memiliki burung Pleci, pasti selalu memaster burung tersebut dengan suara burung lain. Hal tersebut bertujuan agar burung Pleci dapat berkicau dengan berbagai variasi.

Ketika burung sudah dapat mengeluarkan suara kicauan bervariasi, pastinya akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Maka dari itu, peminat burung tersebut kian meningkat pesat setiap tahunnya.

Cara Merawat Pleci Biar Gacor

Nah, jika kalian ingin membeli dan memelihara burung Pleci, pastikan terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan dalam cara merawat pleci biar gacor. Sehingga, burung bisa menjadi rajin bunyi atau gacor, kalukanlah perawatan harian dengan metode seperti berikut ini.

Tips Perawatan Burung Pleci Agar Gacor dan Buka Paruh

Tips Perawatan

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah ketahui terlebih dahulu karakter burung tersebut. Hal ini bertujuan agar memudahkan dalam perawatan harian yang akan dilakukan.

Dengan begitu, burung pleci bisa menjadi gacor, ngalas, dan buka paruh. Jika burung sudah mendapatkan itu semua, tandanya kalian telah berhasil dalam melakukan perawatan yang benar.

Seperti halnya dengan melakukan pemasteran rutin setiap harinya. Namun, kalian juga harus menerapkan pula pola perawatan yang memadai. Perawatan yang harus kalian lakukan secara konsisten diantaranya adalah sebagai berikut.

Pemasteran Dilakukan Secara Rutin

Pemasteran Dilakukan Secara Rutin

Lakukan proses pemasteran secara rutin, agar burung dapat merekam suara masteran dengan baik. Meski memakan waktu yang cukup lama, tetapi jika hasilnya memuaskan pastinya akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Lakukan proses pemasteran secara rutin, agar burung dapat merekam suara masteran dengan baik. Meski memakan waktu yang cukup lama, tetapi jika hasilnya memuaskan pastinya akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Waktu pemasteran bisa kalian lakukan selama 1 jam, yaitu pada pagi, siang, sore, dan dini hari sampai keesokan harinya. Kalian bisa memutarkan suara masteran burung lain dalam bentul mp3 ataupun menggunakan burung asli.

Pelatihan Mental Burung Pleci

Pelatihan Mental PlecI

Pelaihan mental burung Pleci juga sangat diperlukan, hal tersebut akan menambah karakter fighter jika bertemu musuhnya. Kalian bisa menempatkan sangkar Pleci berdampingan dengan burung Pleci lainnya.

Karena, burung tersebut merupakan burung koloni, sehinggga ketika burung berdekatan dengan sesama jenis burung Pleci maka akan terpancing untuk berkicau.

Lakukan Pengumbaran

Pengumbaran

Kalian bisa melaukakan pengumbaran pada burung Pleci sekitar 2 kali dalam seminggu. Hal tersebut berguna untuk melatih pernafasan burung Pleci. Dengan begitu, burung Pleci sobat bisa lebih cepat untuk ngalas.

Pengembunan Rutin di Pagi Hari

Agar Pleci Menjadi Gacor Harus Rutin Lakukan Pengembunan Setiap Pagi

Cara merawat pleci biar gacor selanjutnya adalah dengan melakukan Pengembunan. Hal ini berguna untuk merangsang burung Pleci agar mau bunyi. Udara pagi akan memberikan suasana rilek pada burung Pleci. Sehingga burung bisa lebih cepat untuk gacor, ngalas, bahkan buka paruh.

Memandikan Burung Pleci

Cara Merawat Pleci Biar Gacor dengan Mandikan Burung Pleci

Setelah proses pengembunan selesai, selanjutnya burung pleci dimandikan dengan air bersih. Kalian bisa menggunakan spreyer atau bisa juga membuarkan burung mandi sendiri dalam sangkarnya. Pemandian ini memiliki kegunaan agar bulu burung tetap bersih dan membuat burung lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Menjemur Burung Pleci

Menjemur Burung Pleci

Jika kalian sudah memandikan burung Pleci, selanjutnya kalian bisa menjemur burung di bawah terik matahari secara langsung. Pada umumnya penjemuran ini dilakukan dalam waktu sekitar 2 jam setelah dimandikan.

Memberikan Makanan Tambahan (EF)

Memberikan Pakan Tambahan

Tidak lupa pula kalian memberikan pakan tambahan, seperti ulat hongkong, kroto, dan jangkrik berukuran kecil. Pemberian makanan tambahan ini jangan terlalu banyak, berikanlah extra fooding secukupnya saja.

Angin-Anginkan di Tempat Sejuk

cara merawat pleci biar gacoir yaitu Mengangin anginkan Burung Pleci

Setelah itu, kalian gantang sangkar burung di tempat yang sejuk. Biarkan burung berkicau dan menikmati udara sejuk setelah burung dijemur. Hal tersebut akan menjadikan burung bisa lebih fokus untuk mengeluarkan suara kicauannya.

Lakukan Pemasteran Kembali

Cara Perawatan Pleci Biar Gacor dengan Memaster

Lakukanlah pemasteran pada burung pleci di sore hari, sembari burung di gantang di tempat sejuk. Pastinya dengan burung mendengarkan suara masteran yang diberikan ini akan membuat burung lebih fokus untuk merekam suara yang diperdengarkan.

Membawa Pleci Jalan-Jalan

Membawa burung jalan-jalan ke sebuah acara perlombaan kicau burung. Seperti yang dilakukan untuk MELATIH MENTAL LOVEBIRD dan jenis burung lainnya. Pelatihan mental ini pastinya akan membuat burung menjadi lebih berani untuk berkicau, meski di tempat ramai.

Berikan Minuman Racikan

Cara Merawat Pleci biar Gacor adalah Dengan Memberikan Minuman Racikan

Jika dengan beberapa metode di atas ini belum terlihat hasilnya, kalian bisa membuatkan minuman racikan untuk burung tersebut. Atau juga bisa kalian membeli minuman yang banyak dijual di kios-kios pakan burung. Pemberian minuman tersebut pastinya akan membuat burung lebih cepat gacor dan ngalas.

Pemasteran dan Pengerodongan

Pemasteran dan Pengkrodongan agar Pleci jadi Gacor

Kemudian, pada saat sore hari kalian bisa memasukan burung ke dalam rumah, untuk selanjutnya dikerodong. Ketika burung dikerodong, kalian juga bisa sambil memaster Pleci dengan suara burung lainnya. Masa istirahat burung adalahgh waktu terbaik untuk melakukan pemasteran.

Bersihkan Sangkar Secara Rutin

Kebersihan sangkar burung juga perlu diperhatikan, untuk membuat tubuh burung tetap sehat. Bersihkan sangkar setiap pagi hari atau saat memandikan burung Pleci.

Itulah beberapa metode yang bisa kalian lakukan untuk membuat burung Pleci menjadi gacor. Jika kalian melakukan perawatan di atas dengan konsisten, pasti kalian akan mendapatkan hasil yang sempurna.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan mengenai cara merawat Pleci biar gacor, ngalas, ngeplong, dan buka paruh. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menjadi ladang ilmu untuk sobat kicau semua. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *