Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Anakan Cendet Kepala Hitam

CIRI ANAKAN CENDET KEPALA HITAM

Ciri anakan Cendet Kepala Hitam – Cendet Kepala hitam adalah salah satu burung endemik dari pulau Madura. Burung ini memiliki kualitas yang paling bagus diantara burung Cendet dari daerah lain. Cendet asal pulau Madura ini juga dikenal dengan nama Cendet Blangkon, atau Sembur (kepala hitam).

Burung Cendet asli asal pulau Madura kini banyak dicari. Bukan tanpa alasan, karena burung tersebut pernah merajai arena perlombaan atau event lokal bahkan sampai nasional. Saat ini, telah banyak dibuka untuk umum kontes burung kicauan. Cendet termasuk burung yang bisa dilombakan pada acara tersebut.

Burung Cendet memiliki kualitas kicauan yang baik, tetapi hal ini hanya berlaku untuk Cendet berjenis kelamin jantan saja. Namun, beberapa pecinta burung mengaku masih kesulitan dalam memilih anakan Cendet.

Untuk mengetahui ciri anakan Cendet kepala hitam memerlukan anakan cendet yang sudah berbulu sedikit agak rapat. Karena dari warna bulu, bisa kita jadikan penentu jenis kelamin pada anakan Cendet ini. Mungkin dengan adanya beberapa penjelasan dibawah ini kalian bisa mendapatkan informasi penting mengenai ciri anakan Cendet kepala hitam jantan dan betina.

Ciri Anakan Cendet Kepala Hitam Jantan dan Betina

Bagi Pemula sebaiknya memilih BURUNG CENDET jantan. Karena, Cendet jantan bisa menirukan lebih banyak suara dibandingkan Cendet betina. Untuk lebih lengkapnya, kalian simak pembahasan tentang ciri anakan Cendet kepala hitam berikut ini.

Ciri-Ciri Anakan Cendet Jantan

cendet 4

Untuk menentukan anakan burung Cendet jantan sebenarnya cukup mudah. Hanya saja kita malas untuk membedakan dengan teliti. Nah, pastinya kalian ingin mengetahui ciri anakan Cendet kepala hitam yang berjenis kelamin jantan bukan? Ya, maka simaklah beberapa pembahasan mengenai anakan Cendet jantan berikut ini.

1. Kepala

Anakan Cendet berjenis kelamin jantan yang bagus memiliki bentuk kepala cepak dan berukuran besar.

2. Paruh

Anakan Cendet jantan memiliki pangkal paruh yang tebal dan lebar.

3. Postur Tubuh

Anakan cendet jantan memiliki postur tubuh panjang dan proporsional.

4. Alis atau Topeng

Memiliki alis atau topeng berwarna hitam pekat, memanjang sampai leher jelas berjenis kelamin jantan. Dan akan menjadi full topeng (kepala hitam) saat usia beranjak dewasa.

5. Warna Bulu Kepala

Warna bulu pada bagian atas kepalanya cenderung putih bersih, biasanya malah menjadi hitam saat usia beranjak dewasa.

6. Sayap

Pada bagian luar sayap berwarna hitam mengkilap, serta memiliki warna putih yang biasanya lebih tebal.

7. Ekor

Ekornya memiliki warna hitam yang lebih pekat.

8. Cara Bertengger

Anakan yang bagus biasanya memiliki cengkeraman kokoh, berdiri tegak serta terlihat gagah dari arah depan.

9. Vokal Suara

Anakan cendet jantan yang bagus biasanya memiliki vokal suara keras.

Ciri-Ciri Anakan Cendet Betina

cendet 2

Kepala Cendet betina cenderung bulat dan menggelembung. Bulu pada bagian pipi, ujung kepala hingga tengkuk berwarna hitam, dengan warna yang sedikit memudar atau samar. Ujung paruh Cendet betina relatif lebih tipis dari Cendet jantan. Untuk lebih lengkapnya, kalian simak pembahasan berikut ini.

1. Kepala

Cendet anakan betina biasanya memiliki kepala dengan bentuk lonjong, oval bahkan bulat. Biasanya diatas kepala juga terdapat bintik-bintik yang terlihat pudar.

2. Paruh

Bentuk paruh anakan Cendet betina biasanya berukuran Lebih kecil dan tipis.

3. Alis atau Topeng

Anakan Cendet betina biasanya memiliki alis dengan warna hitam pudar (abu-abu). Letak alis atau topeng biasanya tidak melebihi atas mata, bisa dibilang lebih pendek.

4. Sayap

Sayap anakan Cendet betina memiliki warna putih yang sedikit kusam dan cenderung pudar.

5. Ekor

Bulu ekornya berwarna abu-abu kecokelatan (pudar).

6. Cara Bertengger

Anakan Cendet betina memiliki ciri khas ketika bertengger, yaitu cenderung ngapal atau setengah duduk.

7. Vokal Suara

Anakan Cendet betina memiliki suara yang sumbang atau kurang merdu.

Demikian yang dapat birdsny.com sampaikan mengenai ciri anakan Cendet kepala hitam. Saran kami, jika kalian ingin membeli anakan Cendet jantan, pastikan kalian memilihnya dengan teliti. Tips mudah yang perlu kalian ingat adalah lihat anakan Cendet dari warna topeng, sayap ataupun ekor yang memiliki warna hitam pekat. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Perkutut Putih

Hidayat
1 min read

Burung Hantu

Hidayat
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *