Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Ciri Burung Cendet Jantan

Ciri Ciri Burung Cendet Jantan

Ciri Ciri Burung Cendet Jantan – Cendet adalah salah satu jenis burung peliharaan, memiliki suara kicauan indah serta bervariasi. Suara kicauan bervariasi tersebut merupakan salah satu keunikan serta kepandaiannya dalam menirukan suara pejantan.

Meski demikian, Cendet berjenis kelamin jantanlah yang bisa dapat mengeluarkan suara kicauan cukup bervariasi. Selain itu, ciri khas Cendet jantan sendiri yaitu memiliki karakter bagus untuk menjaga daerah kekuasaannya atau teritorial.

Dibalik sifatnya yang cukup liar, bahkan berani menggigit manusia saat merasa terancam. Namun disisi lain, burung ini juga bisa dijinakan oleh manusia yang memeliharanya sejak usianya masih anakan, bahkan Cendet akan berperilaku lenjeh saat melihat pemiliknya.

Maka dari itu, jika kalian menginginkan Cendet jikan atau tidak terlalu giras, kalian bisa memeliharanya sejak usianya masih anakan. Sehingga, Cendet akan lebih mudah dijinakan, serta memiliki suara kicauan nyaring dan juga bervariasi.

Ciri Ciri Fisik Burung Cendet Jantan

Ciri Ciri Burung Cendet Jenis Kelamin Jantan

Sebelum membahas lebiha lanjut mengenai apa saja keunikan yang dimiliki setiap Cendet, lebih baik kalian mengetahui terlebih dahulu mengenai ciri fisik burung Cendet jantan. Sebab, hanya cendet jantan yang dapat mengeluarkan suara kicauan bervariasi.

Apakah diantara kalian masih ada yang belum mengetahui ciri fisik burung cendet jantan? Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan kalian bisa simak pembahasan selengkapnya pad ulasan berikut ini.

Kepala

Kepala 2

Jika kalian ingin mengetahui ciri Cendet jantan, maka bisa dilihat dari bagian kepalanya. Cendet jantan memiliki bentuk kepala lebih besar, bagian atasnya rata, ceper atau mendatar.

Terdapat bulu berwarna hitam di bagian kepala Cendet jantan. Kemudian, bulu di pipinya yaitu hitam pekat. Jika diperhatikan dengan teliti, raut wajah Cendet jantan terlihat menyeramkan.

Paruh

Paruh Burung Cendet Jantan

Ciri burung cendet jantan selanjutnya adalah dengan memiliki paruh berukuran tebal, lebih tepatnya yaitu pada bagian ujungnya. Lalu, paruh Cendet jantan ternyata lebih panjang, jika dibandingkan dengan betina.

Mata

Mata 1

Cendet jantan memiliki ciri lain yaitu pada bagian matanya. Tatapan matanya tajam, lebih bulat, terlihat seperti melotot. Pastinya memiliki banyak perbedaan jika dibandingkan dengan betina.

Betina memiliki ciri yaitu matanya terlihat sayu, tidak melotot, tatapanya cukup kalem. Nah, jadi untuk mengetahui ciri Cendet jantan, kalian harus memperhatikan secara teliti bagian matanya, apalagi pada saat memilihnya di pasar ombyokan.

Ekor

Ekor Cendet Jantan

Ciri selanjutnya yaitu dapat dilihat dari warna bulunya. Pada bagian bulu ekornya biasanyan terdapat warna hitam legam dan juga terkesan lebih tajam, jika dibandingkan dengan ciri burung Cendet betina.

Kemudian, jika dibandingkan dengan ciri betina, ekor pejantan lebih panjang. Sedangkan untuk ciri warnanya juga lebih kusam atau memudar dari burung Cendet jantan.

Tubuh

Tubuh

Ciri Cendet jantan berikutnya dapat dilihat melalui bagian tubuhnya. Memiliki ukuran tubuh ramping, memanjang atau terlihat lebih proporsional jika dibandingkan dengan Cendet yang berjenis kelamin betina.

Kemudian, untuk ciri fisik burung Cendet jantan untuk dijadikan sebagai burung lomba juga tentunya harus berbadan tegap atau gagah. Biasanya dengan ciri tersebut menandakan bahwa burung Cendet jantan memiliki karakter petarung cukup bagus.

Supit Udang

Supit Udang

Nah, ciri selanjutnya juga bisa dujadukan alat untuk membedakan jenis kelamin. Biasanya ciri burung tersebut seperti halnya supit udangnya lebih memanjang, teksturnya keras, rapat, dan juga kecil.

Sebab, ciri tulang supit udang betina memiliki kebalikan dari pejantan. Maka dari itu, ciri ciri fisik tersebut dapat dijadikan sebagai alat untuk mengetahui jenis kelamin jantan.

Warna Bulu

Warna Tubuh

Terdapat pula ciri Cendet jantan yaitu dapat dilihat dari warna bulunya. Biasanya Cendet jantan memiliki warna bulu yang lebih mencolok atau pun cerah, jika dibandingkan dengan ciri Cendet betina.

Kemudian, untuk ciri lainnya yaitu terdapat motif bulu pada bagian tulang pubisnya yang tidak beraturam. Ciri tersebut juga bisa dijadikan alat untuk mengetahui bahwa Cendet tersebut berjenis kelamin jantan.

Perilaku

Perilaku

Perilaku atau karakternya lebih fighter, serta memiliki gerakan yang lebih gesit atau lincah, jika dibandingkan dengan burung cendet betina. Kemudian, cendet jantan sendiri memiliki nafsu makan lebih tinggi, serta karakter teritorialnya sering ditampilkan saat ada jenis lain yang berusaha makan ditempat sama.

Kelebihan Burung Cendet Jantan

Kelebihan Burung Cendet Jantan

Nah, setelah kalian sudah mengetahui mengenai bagaimana ciri-cirinya, maka selanjutnya kalian adalah dengan melihat beberapa keuntungan yang akan kalian dapatkan ketika memelihara burung cendet jantan. Untuk lebih jelasnya, sobat bisa langsung simak beberapa diantaranya seperti berikut ini.

Penampilannya Terlihat Menarik

Pada saat sobat memilikinya, pastinya terdapat beberapa keunggulan. Salah satu diantaranya yaitu memiliki ciri khas berpenampilan menarik serta lebih gagah.

Warna bulunya juga bisa dibilang bagus, karena memiliki warna hitam yang cukup membuatnya terlihat elegan. Serta bisa berpadu dengan baik dengan warna bulu lainnya, pastinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya.

Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan

Dibalik ciri khas karakter liar dan galak, ternyata jenis tersebut malah lebih mudahuntuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Bahwa, dapat diartikan burung Cendet bisa lebih mudah untuk dijinakan oleh manusia disekitarnya.

Jika sudah beradaptasi, maka akan ada kemungkinan untuk membuatnya lebih cepat untuk mengeluarkan suara kicauanya, meskipun disekeliling sangkarnya terdapat banyak orang. Pastinya akan menguatkan mental cendet supaya menjadi lebih fighter, saat bertemu dengan lawan sesama jenisnya.

Dapat Menirukan Suara Burung Lain

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa burung jantan memiliki ciri khas cukup unik yaitu bisa menirukan suara kicau jenis lain dengan mudah. Hal tersebut karena pejantan sendiri memiliki daya ingat cukup baik, jika dibandingkan dengan betina.

Memiliki Kualitas Suara Kicauan Cukup Baik

Kemudian, untuk ciri unik burung Cendet jantan sendiri yaitu memiliki kualitas suara kicauan yang lebih baik dan juga lebih keras. Pada saat atau sesudah mendengarkan suara kicauan burung lain, maka ia akan menirukan dengan faseh.

Di atas ini merupakan beberapa kelebihan yang akan kalian dapatkan ketika memelihara pejantan. Namun, untuk mendapatkan kualitas kicauan, kalian harus rutin memberikan pola perawatan terbaik setiap harinya.

Kekurangan Burung Cendet Jantan

Kekurangan Burung Cendet Jantan

Nah, jika kalian merupakan salah satu penghobi burung Cendet, pastinya sudah mengetahui dengan pasti apa saja yang dirasakan pada saat memberikan perawatan setiap harinya. Nah, untuk sobat kicau yang belum tahu, maka kalian bisa simak langsung penjelasan selegkapnya di bawah ini.

Perawatan Hariannya Menjadi Tantangan

Jadi, pada saat kalian memiliki burung jantan, pastinya kalian harus memiliki settingan atau cara perawatan sesuai dengan ciri karakternya. Sehingga, pola perawatan yang diberikan menjadi lebih mudah, bahkan untuk membuatnya nagen dan juga bisa mengeluarkan suara kicauannya lebih bervariasi.

Sebab, untuk jenis burung ini baik pejantan atau betina juga bisa untuk dilombakan. Burung betina yang memiliki ciri fighter, bisa juga diikutkan ke dalam ajang perlombaan. Kelebihan burung betina sendiri yaitu memiliki tampilan atau perfoma berkicau cukup baik, serta terlihat lebih nagen di gantangan.

Lebih Agresif saat Berkicau

Nah, untuk kekurangan selanjutnya yaitu pejantan akan bergerak lebih lincah atau gerabakan. Hal tersebut, bisa membuat kualitas kicauannya menjadi menurun atau bisa dibilang perfomanya berkurang.

Sebab, di habitat aslinya butung jantan lebih suka bergaya di dekat betina ataupun musuh lainnya. Sehingga, bisa membuat peroma kicauannya menjadi menurun, sebab staminanya berkurang dan tidak lagi prima saat mengeluarkan suara kicauannya.

Itulah beberapa kekurangan yang terdapat pada pejantan, jadi untuk kalian yang tidak mau ribet, silahkan bisa memilih burung betina. Sebab, memiliki suara kicau serupa, hanya saja lebih mapan.

Kesimpulan

Jadi, ciri ciri fisik pejantan sendiri dapat dilihat dari penampilan fisik serta kicauanya. Untuk mengatahuinya yaitu bisa memperhatikan bagian tubuh mulai dari kepala, paruh, mata, warna bulu, hingga bagian ekornya.

Kemudian, dalam memelihara Cendet jantan juga memiliki kelebihan serta kekurangan, baik dari karakter, suara kicauan, serta perfomanya dalam menjaga daerah teritorialnya.

Demikian informasi dari birdsny.com mengenai ciri ciri burung Cendet jantan. Semoga bisa membantu sobat kicau dalam mengehatui bagaimana CARA MEMILIH CENDET ANAKAN JANTAN, karena ciri fisiknya tidak jauh berbeda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *