Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

13 Ciri Ayam Aduan Pukul Keras Mematikan : Fisik, Otot & Refleks

Ciri Ayam Aduan Pukul Keras
Advertisements

Ciri Ayam Aduan Pukul Keras – Bagi para penggemar ayam laga, pastinya mereka selalu berharap bisa mempunyai ayam aduan dengan pukulan keras yang mematikan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pukulan keras mampu memberikan serangan berbahaya bagi lawan sehingga ayam aduan dapat dengan cepat memenangkan pertandingan.

Seperti diketahui, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali jenis ayam aduan, mulai dari ayam bangkok, birma, mangon, pakhoy hingga ras ayam aduan hasil persilangan. Oleh sebab itu, sebagai pecinta ayam laga, kalian harus bisa menilai kualitas bertarung ayam aduan, entah itu dari segi penyerangan ataupun pertahanannya.

Advertisements

Bagi sebagian besar orang yang sudah berpengalaman, pastinya tidak akan merasa sulit ketika hendak menilai fisik ayam yang bagus, tetapi untuk seorang pemula pasti akan sedikit merasa bingung. Dimana salah satu cara untuk menentukan ayam aduan berkualitas atau tidak yaitu dapat dilihat dari segi fisik ataupun mengamati gaya bertarungnya secara langsung.

Nah, apabila kalian berencana membeli ayam aduan berkualitas di pasaran ataupun di peternaknya secara langsung, sebaiknya cari tahu beberapa ciri-cirinya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai ciri ayam aduan pukul keras mulai dari ciri fisik, struktur tulang hingga refleksnya.

Kelebihan Ayam Aduan Pukul Keras

Kelebihan Ayam Aduan Pukul Keras

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, mempunyai ayam aduan dengan teknik mematikan memang sangat diidam-idamkan oleh para peternak ataupun penghobi. Akan tetapi, terdapat beberapa hal penting yang harus diketahui dan diperhatikan dari salah satu jenis hewan peliharaan tersebut.

Sebagai contoh, karakter ayam aduan paling dominan ke arah mana, kelemahannya bertemu dengan ayam seperti apa hingga beberapa keunggulannya. Oleh sebab itu, sebelum membahas ciri ayam aduan pukul keras lebih lanjut, di bawah ini akan kami berikan beberapa keunggulan ataupun kelebihannya.

Advertisements
  • Memiliki kecerdasan dalam mencari titik vital lawan.
  • Akurasi pukulan tepat serta berbobot (mematikan).
  • Sulit dikalahkan oleh lawan.
  • Mempunyai teknik bertarung bagus.
  • Berpotensi memberikan keturunan yang bagus.
  • Mampu memberikan pukulan keras dan telak kepada lawan.
  • Harga atau nilai jualnya sangat tinggi.

Ciri Ayam Aduan Pukul Keras

Ciri Ayam Aduan Pukul Keras dan Mematikan
Advertisements

Keistimewaan dari ayam aduan pukul keras memang sangat dikagumi oleh sebagian besar penghobi ayam laga. Meskipun begitu, terdapat poin penting yang harus diperhatikan dari ayam aduan tersebut, salah satunya yaitu terkait kelemahannya. Dimana anakan ayam aduan tidak menjamin mewarisi genetik.

Selain itu, dari segi perawatan ayam aduan pukul keras juga pastinya lebih ekstra jika bertemu dengan lawan tipe pukul saraf dan jalu. Menurut beberapa pengalaman penghobi ayam laga, masa pemulihan ayam aduan pukul keras setelah kalah telak biasanya membutuhkan waktu kurang lebih selama 1 hingga 2 bulan.

Secara garis besar, ayam aduan pukul keras tidak hanya dinilai dari segi ciri beringas kepalanya saja, namun juga dapat dilihat dari aspek lainnya seperti kaki, panjang leher, tulangan badan hingga paruhnya. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan secara lengkap beberapa ciri ayam aduan pukul keras, entah itu dari segi fisik, postur tubuh, struktur tulang hingga refleks bertarungnya.

1. Postur Tubuh Ayam Aduan

Ciri ayam aduan pukul keras pertama yaitu bisa dilihat dari postur ataupun bentuk tubuhnya. Dimana ayam aduan dengan postur tubuh yang bagus dapat berfungsi untuk memudahkan melancarkan serangan serta ketahanan terhadap pukulan lawannya. Jadi, ayam aduan dengan potensi pukul keras memiliki postur dan bentuk tubuh tidak terlalu kurus serta tidak juga gemuk alias proporsional, atau para penghobi kerap menyebutnya tidak tipis.

2. Tulang Leher Ayam Aduan

Perlu diketahui, umumnya jenis ayam aduan seperti bangkok mempunyai leher lebih panjang ketimbang jenis lainnya, entah itu pakhoy, birma maupun mangon. Adapun struktur dan kepadatan tulang leher sangat penting dimiliki oleh ayam aduan. Pasalnya, hal tersebut bertujuan untuk menghindari serangan telak ke area kepala.

3. Struktur Tulang Kaki Ayam Aduan

Ciri ayam aduan pukul keras berikutnya dapa dilihat dari segi struktur tulang kakinya. Secara garis besar, pukulan ayam aduan berpusat pada otot dan struktur tulang kaki. Salah satu ciri ayam dengan serangan mematikan bisa dilihat dari pahanya yang besar serta berotot.

Selain paha, tulang betis ayam aduan juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menentukan ayam aduan pukul keras. Apabila tulang betis ayam aduan terasa kuat dan padat, maka kemungkinan besar jenis ayam tersebut memiliki pukulan keras serta mematikan.

4. Sisik Kaki Ayam Aduan

Beberapa penghobi ayam laga menganggap bahwa sisik kaki dapat digunakan sebagai penanda kecerdasan hingga kualitas pukulannya. Di Indonesia sendiri, terdapat cukup banyak sebutan untuk pola sisik ayam aduan, salah satunya yaitu naga mangsa atau juga biasa disebut dengan ubed.

Melansir dari sejumlah sumber, pola sisik ayam aduan yang diyakini mempunyai pukulan keras dan mematikan yaitu ubed yang terletak di bagian jalu. Menariknya lagi, sisik kaki ayam ubed juga mempunyai keakuratan pukulan sangat tinggi.

5. Bentuk Jari Ayam Aduan

Banyak penggemar ayam laga juga mengatakan bahwa ayam aduan pukul keras ditandai dengan ciri jari kelingking pecah-pecah atau disebut dengan istilah tanjung karang. Selain itu, ada juga beberapa orang yang menyebut bagian jari belakang pecah-pecah dengan nama batu karang. Dimana kedua tanda tersebut sudah terbukti bisa mengeluarkan gebrakan-gebrakan seperti pukulan keras yang membuat lawannya terkapar ditempat.

6. Refleks Ayam Aduan

Ciri ayam aduan pukul keras terakhir yaitu dilihat dari segi refleks urat syaraf dan otot dalam menyerang maupun bertahan. Hal ini dikarenakan refleks urat syarat dan otot pada ayam aduan sangat berpengaruh terhadap pukulan saat berhadapan dengan lawannya.

Jadi, jika ayam aduan mempunyai refleks cepat dan otot kuat serta kekar, maka akan memudahkannya dalam bergerak dengan lincah dan lentur. Begitu pun sebaliknya, apabila refleks dan ototnya tidak bagus, maka gerakan ayam akan semakin lambat sehingga mudah diserang musuhnya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri ayam aduan pukul keras untuk semua jenis mulai dari bentuk dan postur tubuh, tulang leher, struktur tulang serta sisik kaki hingga refleks bertarungnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli ayam aduan pukul keras di pasaran.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.