Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

15 Ciri Babon Bangkok Asli F1 Super Yang Bagus & Berkualitas

Ciri Babon Bangkok Asli

Ciri Babon Bangkok Asli – Ayam Bangkok menjadi salah satu jenis ayam aduan terkuat dan paling populer, maka tak heran bila ayam Bangkok banyak diminati orang-orang. Kepopulerannya membuat banyak orang mulai membudidayakan ayam ini dan memanfaatkannya untuk berbisnis.

Memelihara ayam Bangkok bukan hanya sekedar hobi, namun sudah banyak peternak yang memanfaatkannya sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Dalam beternak ayam bangkok, pemilihan indukan babon merupakan satu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan.

Babon Bangkok yang bagus dan berkualitas, akan dapat menentukan keturunan yang dihasilkan, sehingga benar-benar diperhatikan. Karena hal tersebut, maka tak heran jika banyak botoh rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan babon Bangkok asli yang bagus dan berkualitas.

Lantas, seperti apa kriteria babon Bangkok asli berkualitas super tersebut? Nah, agar tidak salah dalam memilih babon Bankok asli, maka Anda harus mengenali ciri cirinya. Dimana melalui artikel ini penulis akan membagikan ciri ciri babon Bangkok asli F1 super yang bagus dan berkualitas.

Jenis Babon Bangkok Asli

Jenis Babon Bangkok Asli

Sebelum penulis menjabarkan ciri ciri babon Bangkok berkualitas, ada baiknya Anda mengenali lebih dulu jenis ayam babon Bangkok asli. Ada dua jenis indukan Bangkok asli yang paling terkenal yakni babon unggulan dan babon cetak. Di bawah ini sedikit penjelasan kedua jenis babon tersebut.

1. Babon Bangkok Unggulan

Babon unggulan adalah ayam indukan Bangkok yang dilahirkan dari Bangkok jantan dan indukan murni (asli). Babon bangkok asli unggulan mampu menghasilkan anakan yang dominan ke indukan meskipun dikawinkan dengan pejantan kualitas rendah.

2. Babon Bangkok Cetak

Babon cetak merupakan jenis indukan yang mempunyai percetakan yang baik atau bisa disebut juga indukan netral. Dimana apabila dikawinkan akan menghasilkan anakan lebih dominan ke pejantan, sehingga jika kualitas bangkok jantan bagus, maka anakannya akan bagus juga.

Ciri Babon Bangkok Asli

Ciri Ciri Babon Bangkok Asli

Setelah mengetahui jenis-jenis babon Bangkok asli, selanjutnya tinggal mengenali ciri ciri babon berkualitas. Cara memilih babon Bangkok asli yang bagus dan berkualitas paling mudah adalah dengan mengenali ciri cirinya, baik itu dari segi fisik, keturunan maupun dari segi lainnya.

Indukan yang bagus pastinya memiliki ciri ciri khusus dan jenis indukan dengan ciri ciri yang samalah indukan yang akan menghasilkan keturunan berkualitas. Berikut ini adalah ciri ciri babon Bangkok asli paling bagus.

1. Ciri Fisik Babon Bangkok Asli

Ciri paling mudah dikenali dari babon asli adalah bentuk fisik itu sendiri. Ini adalah cara paling umum untuk membedakan babon Bangkok asli bermutu. Berikut ini adalah ciri ciri fisik yang dimiliki babon Bangkok asli berkualitas.

  • Bentuk Kepala

Ayam babon Bangkok asli berkualitas memiliki bentuk kepala seperti kepala ular, jika dilihat dari samping. Babon dengan bentuk kepala seperti ini akan menghasilkan banyak keturunan sekitar 20 butir sekali bertelur.

Selain itu, babon Bangkok dengan bentuk kepala seperti kepala ular juga akan menghasilkan ayam bangkok jantan yang memiliki pergerakan kepala yang luwes. Apalagi jika jenis ini dikawinkan dengan pejantan dengan bentuk kepala pinang, maka akan menghasilkan keturunan yang jago bertarung.

  • Posisi Mata

Mata ayam babon Bangkok memiliki posisi bola mata cekung menjorok kedalam dan bersih. Babon dengan bola mata cekung kedalam dan bersih memiliki sifat yang bagus dalam merawat anaknya hingga dewasa dan kemudian tingkat keberhasilan proses pengeraman telur juga sangat tinggi.

  • Postur Tubuh

Postur tubuh babon asli berkualitas harus memiliki bentuk badan seperti botol. Babon Bangkok dengan bentuk tubuh seperti ini akan menghasilkan lebih banyak telur.

  • Bulu

Sedangkan dari segi bulu, babon Bangkok asli yang bagus memiliki bulu bersih dengan warna terang mengkilap.

  • Kaki

Babon yang bagus memiliki kaki serta jari kering, merit dan lurus. Sisik pada kaki juga harus tersusun rapi. Babon dengan ciri ini memungkinkan akan menghasilkan anakan Bangkok dengan sifat petarung yang hebat.

  • Struktur Tulang

Pastikan dalam memilih babon berkualitas, Anda memperhatikan struktur tulang. Dimana babob yang bagus memiliki struktur tulang yang tidak ada kecacatan.

  • Kesehatan

Selain itu, kesehatan ayam babon Bangkok asli juga harus diperhatikan. Babon berkualitas tidak pernah sakit dari lahir dan juga tidak mandul.

Selain ciri fisik di atas, warna mata, paruh, dan kaki babon berkualitas juga harus selaras. Pastikan babon pilihan Anda memiliki tulang sapit berukuran 3-4 jari, karena ini merupakan tanda ayam betina yang akan menghasilkan anakan berkelas.

2. Keturunan

Ciri lain dari indukan berkualitas adalah keturunan atau silsilah babon itu sendiri. Silsilah keturunan babon memiliki peran penting terhadap anakannya nanti. Dimana garis keturunan dari babon bangkok yang akan dikawinkan mungkin akan mewarisi sebagian atau keseluruhan genetik kepada anakannya.

3. Gaya Bertarung

Meskipun secara umum ayam Bangkok betina tidak dikhususkan untuk bertarung, akan tetapi ayam betina juga punya teknik bertarung layaknya pejantan. Untuk mengetahui gaya bertarung betina, Anda bisa menggunakan metode abar sebagai tolak ukur dalam memilih indukan.

4. Mental Bertarung

Apabila babon asli sudah punya postur tubuh dan gaya bertarung yang bagus, namun tidak didukung dengan mental yang kuat, maka hasilnya akan kurang memuaskan. Karena mental yang dimiliki oleh indukan babon bangkok nantinya akan diturunkan ke anakan yang dihasilkannya.

Akhir Kata

Nah, itulah sejumlah ciri babon Bangkok asli yang bagus dan berkualitas yang dapat birdsny.com sajikan buat Anda semua. Dengan memperhatikan ciri ciri di atas, maka Anda akan dapat memilih dan menentukan babon paling bagus serta mampu menghasilkan anakan yang sangar dalam bertarung. Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.