Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Ciri Kacer Trotol Jantan Semua Umur : Fisik, Suara & Perilaku

Ciri Kacer Trotol Jantan

Ciri Kacer Trotol Jantan – Sebagaimana diketahui, Kacer termasuk ke dalam daftar burung peliharaan terpopuler di Indonesia hingga saat ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Kacer sendiri merupakan salah satu jenis burung fighter yang memiliki gaya tarian yang unik serta suara kicauan merdu dan nyaring.

Akan tetapi, burung Kacer yang sudah mempunyai kualitas kontes tentunya harganya tergolong cukup mahal sehingga banyak para kicau mania yang lebih memilih merawat Kacer dari anakan atau trotolan. Selain harganya masih terjangkau, Kacer trotol juga lebih mudah jinak sehingga pola perawatan hariannya tidak akan terlalu sulit.

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana khususnya bagi para pemula yang merasa kesulitan ketika hendak memilih Kacer trotol berkelamin jantan. Perlu diketahui, antara Kacer trotol jantan dan betina memang hampir memiliki kemiripan dari berbagai macam faktor sehingga sulit untuk dibedakan.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana membeli Kacer trotol jantan di pasaran, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu ciri-cirinya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai ciri Kacer trotol jantan mulai dari bentuk tubuh, warna bulu, suara kicauan hingga tingkah lakunya.

Ciri Kacer Trotol Jantan

Ciri Burung Kacer Trotol Jantan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pada umumnya para kicau mania lebih suka memilih untuk merawat Kacer jantan karena suara kicauannya lebih bervariasi dan lebih nyaring ketimbang betina. Selain itu, Kacer jantan yang sudah dewasa juga sudah bisa dimanfaatkan sebagai burung kontes pada sebuah perlombaan.

Menariknya lagi, beberapa penggemar Kacer juga seringkali memanfaatkan jenis burung peliharaan tersebut sebagai indukan untuk diternakkan supaya bisa mendapatkan keturunan yang berkualitas juga. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik sejumlah ciri Kacer trotol jantan, mulai dari segi fisik, suara hingga perilakunya berikut ini.

1. Warna Paruh Kacer Trotol Hitam Pekat

Ciri Kacer trotol jantan pertama dapat dilihat dari segi bentuk paruhnya atau lebih tepatnya dengan melihat warna pola di bagian bawah paruh. Pada Kacer trotol atau anakan jantan, pola paruh tersebut berwarna hitam pekat. Selain itu, paruh Kacer trotol jantan juga memiliki bentuk lebih kecil dan pendek serta cenderung tumpul di bagian ujungnya.

2. Tubuh Kacer Trotol Terlihat Gagah

Kemudian ciri selanjutnya bisa dilihat dari segi postur tubuhnya. Apabila diperhatikan dengan seksama, maka postur dan ukuran tubuh Kacer trotol jantan lebih besar dan lebih aktif ketimbang betina. Selain itu, postur badan Kacer trotol jantan juga tampak lebih langsung, dada lebih bidang dan pada saat berdiri biasanya terlihat sangat tegap. Ciri ini bisa kalian lihat apabila Kacer trotolan sudah berumur 2 bulan ke atas.

3. Warna Bulu Kacer Trotol Lebih Tegas

Selain dari bentuk fisiknya, kalian juga bisa mengenali Kacer trotol jantan dengan melihat warna tubuhnya. Dimana bulu Kacer trotol jantan biasanya memiliki warna hitam legam dan terlihat tegas, terutama di bagian punggung serta sayapnya. Ketika hendak melihat warna bulu Kacer trotol sebaiknya dilakukan pada saat siang hari.

4. Kepala Kacer Trotol Besar

Ciri Kacer trotol jantan berikutnya yaitu dilihat dari segi bentuk kepalanya. Adapun bentuk kepal Kacer trotol jantan sendiri biasanya cukup kotak atau biasa dikenal dengan sebutan papak (pipih). Kalian bisa dengan jelas melihat ciri tersebut, bahkan sampai dewasa bentuk kepalan Kacer trotolan jantan tidak akan pernah berubah.

5. Mata Kacer Trotol Terlihat Besar

Masih dari segi fisik Kacer trotol jantan, kalian juga sebenarnya bisa mengenalinya melalui bentuk mata. Pasalnya, umumnya Kacer trotol jantan mempunyai ukuran mata lebih besar dan lebar daripada betinanya. Selain itu, mata Kacer trotol jantan juga sekilas terlihat melotot jika diperhatikan dengan seksama.

6. Kacer Trotol Jantan Agresif dan Sering Ngeriwik

Ciri Kacer trotol jantan terakhir yaitu dilihat dari segi tingkah laku serta suara kicauannya. Biasanya anakan Kacer jantan mempunyai sifat yang lebih aktif meskipun mereka masih berada di usia 1,5 bulan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya Kacer jantan ngeriwik di pagi hari, bahkan sampai malam hari. Ketika sudah memasuki usia 2 bulan, umumnya Kacer trotol jantan sudah mulai rajin ngeriwik setiap harinya.

Tips Merawat Kacer Trotol Jantan Agar Cepat Bunyi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ciri Kacer trotol jantan dari segi fisik, suara hingga tingkah lakunya. Meskipun cara perawatan anakan Kacer jantan tergolong cukup mudah, namun tetap saja bahwa pola perawatan hariannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Pasalnya, untuk mendapatkan burung Kacer berkualitas, dibutuhkan adanya ketelatenan serta kesabaran dalam merawat ataupun melatihnya. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan sejumlah tips dalam merawat Kacer trotol jantan agar cepat bunyi ngeplong dan gacor.

  • Berikan Kacer trotol 8 – 10 ekor jangkrik dan 1 sendok makan kroto setiap pagi.
  • Pada saat sore hari, berikan Kacer trotol 1 ekor jangkrik tanpa tambahan kroto atau ulat kandang.
  • Mandikan Kacer trotol di dalam kandang keramba.
  • Setelah dimandikan, Kacer diangin-anginkan dulu sampai bulunya kering lali jemur secukupnya.
  • Sebaiknya letakkan kandang Kacer trotol jantan di tempat yang mempunyai sirkulasi udara baik serta usahakan sering dipindah-pindah.
  • Apabila memungkinkan, biasakan umbar Kacer trotol di kandang umbaran sejak dini agar staminanya bisa terbentuk.
  • Terakhir, lakukan pemasteran Kacer trotol dengan benar.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri Kacer trotol jantan dari segi fisik, suara hingga tingkah laku dilengkapi dengan sejumlah tips merawatnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli Kacer trotol jantan di pasaran.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.