Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

5 Ciri Konin Ijoan Jantan & Tips Memilihnya di Ombyokan!

Ciri Konin Ijoan Jantan
Advertisements

Ciri Konin Ijoan Jantan – Di kalangan para pecinta burung kicau atau kicaumania, nama kolibri ninja (konin) tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Dimana burung mungil pemakan madu tersebut memang sudah cukup lama dipelihara sebagai burung masteran ataupun burung lomba.

Belakangan ini, tren memelihara konin pun mulai bangkit kembali. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab selain mudah dari segi perawatan, konin juga mempunyai nilai jual yang tinggi. Konin yang sudah rajin berbunyi atau gacor serta seringkali memenangkan kontes burung bisa dipatok dengan harga jutaan rupiah.

Advertisements

Meskipun demikian, kebanyakan orang lebih memilih anakan konin ijoan atau hijau yang masih sangat muda untuk dibentuk sendiri. Pasalnya selain harganya lebih murah, anakan burung kolibri ninja yang sudah timbul trotol di tubuhnya pastinya harganya sudah lebih mahal lagi.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk membeli konin ijoan berkelamin jantan di ombyokan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu ciri-cirinya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai ciri konin ijoan jantan dilengkapi dengan beberapa tips memilihnya.

Karakteristik Konin Ijoan

Sebelum pembahasan poin utama mengenai ciri konin ijoan jantan lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa karakteristik salah satu jenis burung peliharaan tersebut. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, konin ijoan atau hijau merupakan anakan burung kolibri ninja yang sudah keluar trotol di tubuhnya.

Dimana konin ijoan sendiri sangat digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dipelihara. Secara garis besarnya, konin ijoan mempunyai postur tubuh yang sangat mungil, yaitu sekitar 7 sampai 10 cm. Warna bulu tubuhnya sendiri cukup bervariasi, mulai dari biru, hijau, hitam, merah hingga coklat.

Advertisements

Ciri Konin Ijoan Jantan

Ciri Burung Konin Ijoan Jantan
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa karakteristik konin ijoan, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu bagaimana ciri-ciri konin ijoan berkelamin jantan. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik ciri konin ijoan jantan mulai dari postur tubuh, paruh, muka, kicauan hingga perilakunya di bawah ini.

1. Postur Tubuh

Ciri konin ijoan jantan pertama bisa dilihat dari segi postur tubuhnya, entah itu dari kepala hingga badannya. Biasanya postur tubuh konin ijoan jantan lebih besar dan panjang apabila dibandingkan dengan betina. Selain itu, kepala konin jantan juga terlihat lebih besar dan bulat.

2. Paruh

Ciri selanjutnya yaitu dapat dilihat dari paruhnya. Biasanya konin ijoan jantan anakan mempunyai paruh yang terlihat lebih tebal serta kokoh. Kemudian pada pangkal paruh konin ijoan jantan lebih cerah warna orangenya sangat pekat. Usahakan pegang dan tiup pada bagian leher bawah pada pangkal paruh, maka akan terlihat semburat hitam.

3. Wajah

Ciri konin ijoan jantan selanjutnya yaitu dengan memperhatikan bentuk wajah atau mukanya. Apabila dibandingkan dengan konin ijoan betina, wajah atau muka konin ijoan jantan terlihat lebih bulat. Akan tetapi, perlu diingat bahwa bisa saja konin ijoan jantan mempunyai bentuk muka yang tidak bulat, seperti oval dan lain sebagainya.

4. Kicauan

Perlu diketahui, sudah dari anakan atau trotol bahwa konin ijoan jantan terkenal dengan mental yang lebih bagus ketimbang betina. Dimana mental tersebut akan membuat suara kolibri ninja ijoan jantan sangat bervariasi. Menariknya lagi, konin ijoan jantan juga mudah menirukan suara burung lain dengan keras.

5. Dubur

Ciri konin ijoan jantan terakhir yaitu dilihat dari duburnya. Dimana hal ini pastinya akan sangat berbeda antara konin ijoan jantan dengan betina. Pada konin ijoan jantan, duburnya akan terlihat lebih panjang, sementara betina lebih pendek, bahkan nyaris tidak terlihat.

Tips Memilih Konin Ijoan Jantan

Di atas sudah dijelaskan mengenai beberapa ciri-ciri konin ijoan jantan mulai dari fisik, tingkah laku atau perilaku, suara kicauan hingga mentalnya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips dalam memilih konin ijoan jantan di pasaran atau ombyokan.

  • Pastikan konin ijoan jantan mempunyai nafsu makan yang baik.
  • Pilihlah konin ijoan jantan yang sudah mengeluarkan bunyi.
  • Gerakan konin ijoan jantan lincah dan sering menaikkan jambul.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri konin ijoan jantan mulai dari fisik, perilaku, suara kicauan hingga mentalnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli konin ijoan jantan di ombyokan ataupun pasaran.

Sumber gambar : kumparan.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *