Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Ciri Ciri Kacer Kurang Emosi : Penyebab & Cara Mengatasi!!

Ciri Ciri Kacer Kurang Emosi

Ciri Ciri Kacer Kurang Emosi – Ketika memelihara burung, tentunya pemilik harus mengetahui bagaimana pola perawatan harian beserta pemberian pakan yang baik dan benar. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya dengan pola perawatan yang benar dapat membuat kondisi tubuh burung sehat sehingga mampu memberikan performa atau kinerja maksimalnya, khususnya bagi burung kicauan seperti Kacer.

Akan tetapi, terdapat beberapa orang khususnya bagi para pemula mengeluhkan bahwa mereka merasa kesulitan ketika merawat salah satu jenis burung peliharaan tersebut. Terlebih lagi jika burung Kacer mengalami beberapa masalah seperti kurang emosi sehingga mereka jarang berkicau atau bahkan tidak mau mengeluarkan bunyi sama sekali.

Tentunya hal tersebut akan sangat merugikan pemiliknya, apalagi jika Kacer sebenarnya akan diikutkan lomba ataupun kontes tetapi malah performanya semakin menurun. Sebenarnya, burung Kacer yang kurang emosi dapat diatasi melalui berbagai macam cara, entah itu dari segi pola perawatan harian ataupun pemberian pakannya.

Namun, sebelum menaikkan atau meningkatkan emosi Kacer, sebaiknya pahami terlebih dahulu bagaimana ciri ciri permasalahan tersebut. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas apa saja ciri ciri Kacer kurang emosi dilengkapi dengan penyebab hingga tata cara mengatasinya.

Penyebab Kacer Kurang Emosi

Sebelum pembahasan utama mengenai ciri ciri Kacer kurang emosi lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja penyebab permasalahan tersebut. Seperti dijelaskan sebelumnya, apabila Kacer emosinya kurang atau tidak stabil, maka dapat dipastikan bahwa kicauannya tidak akan maksimal.

Namun, perlu diingat juga bahwa setiap jenis burung Kacer mempunyai karakter yang berbeda satu sama lainnya. Dimana setiap Kacer ada yang mempunyai emosi rendah, sedang atau bahkan tinggi. Tetapi untuk mengikuti sebuah kontes, dibutuhkan Kacer jenis fighter dengan emosi stabil.

Penyebab utama mengapa Kacer kurang emosi yaitu karena pola perawatan hariannya tidak cocok atau salah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya melatih emosi Kacer juga termasuk ke dalam bagian dari perawatan yang kerap dilupakan oleh beberapa penggemarnya.

Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa antara Kacer kurang emosi dengan kurang birahi sebenarnya cukup berbeda. Maka dari itu, saran kami sebaiknya ketahui rumus Kacer dalam hal emosi serta birahi karena kedua unsur tersebut akan sangat mempengaruhi jenis suara kicauannya.

Ciri Ciri Kacer Kurang Emosi

Ciri Kacer Kurang Emosi

Setelah mengetahui apa saja penyebab burung Kacer kurang emosi, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana ciri ciri atau tanda-tandanya. Adapun ciri ciri Kacer kurang emosi tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini, entah itu Kacer tipe dingin ataupun tipe panas.

1. Kacer Selalu Membuka Mulut

Ciri ciri Kacer kurang emosi pertama yaitu mereka kerap membuka mulut ketika melakukan aktivitas apapun di dalam kandang. Biasanya ciri tersebut kemungkinan besar menunjukan bahwa Kacer sedang tidak dalam kondisi sehat atau fit. Bahkan kondisi ini dapat menyebabkan Kacer mbagong dan bersuara ngeplong Kaceran saja.

2. Kacer Loncat-Loncat di Sangkar

Kemudian ciri ciri Kacer kurang emosi selanjutnya yaitu sering loncat-loncat kesana-kemari di dalam sangkar atau kandang. Kacer yang loncat-loncat di sangkar tersebut tidak hanya saat melihat hewan lain saja, bahkan mereka akan melakukan hal tersebut ketika melihat manusia mendekatinya. Tentunya hal tersebut tidak baik untuk kesehatan mental Kacer.

3. Kacer Berperilaku Gelisah

Kacer menunjukan perilaku atau tingkah laku gelisah di dalam sangkar juga menjadi salah satu pertanda bahwa burung tersebut sedang kurang emosi dan kurang sehat. Biasanya Kacer yang kurang emosi akan berperilaku gelisah di dalam kandang tanpa melebarkan sayapnya sama sekali.

4. Suhu Tubuh Kacer

Ciri terakhir Kacer kurang emosi yaitu suhu tubuhnya terasa lebih dingin atau tidak sehangat seperti biasanya. Selain itu, meskipun Kacer kurang emosi seringkali loncat-loncat di dalam sangkar, namun pernapasannya tetap stabil atau tidak terengah-engah.

Jika sudah sampai seperti itu, maka dapat dipastikan bahwa Kacer sedang dalam kondisi tidak sehat alias kurang emosi. Bahkan jika suhu tubuh Kacer kurang emosi minus, maka sebaiknya lakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Jemur Kacer 2 jam selama 2 hari berturut-turut.
  2. Lalu pada hari ke-3, lakukan terapi full kerodong tanpa mandi serta jemur selama 2 minggu.
  3. Selama kurun waktu tersebut, amati pergerakan Kacer apakah menjadi lebih baik atau tidak.
  4. Jangan lupa bersihkan sangkar atau kandang sehari sekali supaya kebersihannya tetap terjaga.
  5. Beri juga jangkrik supaya kebutuhan nutrisi Kacer terpenuhi.
  6. Mandikan Kacer maksimal seminggu dua kali sampai kondisi serta suhu tubuhnya benar-benar kembali seperti semula.

Cara Mengatasi Kacer Kurang Emosi

Cara Mengatasi Kacer Kurang Emosi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja penyebab Kacer kurang emosi, ciri ciri, hingga tips mengembalikan suhu tubuhnya seperti semula. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengerti ciri ciri Kacer kurang emosi namun tidak mengerti bagaimana cara mengatasinya.

Sebenarnya, untuk meningkatkan atau menaikkan emosi Kacer dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, entah itu dari segi pola perawatan harian hingga pemberian pakannya. Kalian bisa memandikan Kacer di dalam kandang umbaran sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Setelah memandikannya, kemudian segeralah untuk menjemur Kacer di bawah sinar matahari secara langsung pada pukul 07.00 sampai 08.00 pagi. Selain dari segi perawatannya, untuk mengatasi Kacer emosi juga harus didukung dengan pemberian pakan bergizi.

Saran kami sebaiknya berikan Kacer serangga seperti jangkrik sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF). Cobalah untuk memberikan 10 jangkrik kepada Kacer setiap harinya, dengan porsi 5 jangkrik saat pagi hari serta 5 jangkrik saat sore hari. Atau kalian juga bisa memberikan Kacer kroto dan ulat hongkong sekali selama seminggu.

Sementara untuk tahap terakhirnya, kalian bisa mendekatkan Kacer dengan betina supaya emosi serta birahinya semakin meningkat. Selain itu, jangan lupa untuk melatih Kacer setiap hari dengan cara mengajaknya berkomunikasi seperti bersiul atau memperdengarkannya masteran suara burung Kacer.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ciri ciri Kacer kurang emosi bisa dilihat dengan jelas dari gerak-gerik tubuhnya. Jika Kacer menunjukan perilaku atau tingkah laku aneh seperti gelisah dengan suhu tubuh lebih dingin, maka kemungkinan besar burung tersebut sedang dalam kondisi tidak baik.

Demikian sekiranya pembahasan dari Birdsny.com seputar ciri ciri Kacer kurang emosi dilengkapi dengan penyebab hingga cara mengatasinya, entah itu dari segi pola perawatan harian maupun pemberian pakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengetahui tanda-tanda Kacer kurang emosi.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *