Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Ciri Ciri Kacer Over Birahi & Cara Mengatasinya!

Ciri Ciri Kacer Over Birahi
Advertisements

Ciri Ciri Kacer Over Birahi – Seperti diketahui, Kacer ialah jenis burung tipe fighter yang sangat agresif dan sangat garang pada saat bertemu dengan burung sejenis. Dimana Kacer sendiri memiliki suara kicauan yang lantang dan bervariasi dengan gaya tarung ngobra buka ekor yang eksotis.

Akan tetapi, meskipun terlihat sangat garang ketika bertarung, Kacer juga seringkali berperilaku negatif pada saat mengalami over birahi (OB). Adapun salah satu perilaku atau tingkah laku negatif yang menjadi pertanda khas ketika over birahi yaitu Kacer mbagong.

Advertisements

Secara garis besarnya, mbagong atau mbedesi ialah sebuah perilaku negatif burung Kacer yang paling menjadi momok menakutkan para pemain Kacer lapangan. Pasalnya, perilaku negatif tersebut akan membuat Kacer jarang berbunyi atau bahkan tidak mau berkicau sama sekali.

Maka dari itu, bagi kalian yang sedang mengalami tingkah laku aneh pada Kacer peliharaan di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa ciri-ciri over birahi. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai ciri ciri Kacer over birahi dilengkapi cara mengatasinya.

Seputar Kacer Over Birahi

Sebelum pembahasan poin utama mengenai ciri ciri Kacer over birahi lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Ketika hendak mencari tahu apakah Kacer over birahi atau tidak, maka kalian harus mengamati dan menganalisa perilaku burung terlebih dahulu.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Kacer merupakan salah satu tipe burung petarung dengan sifat dasar single fighter yang memiliki sifat emosi dan birahi tinggi jika bertemu burung sejenisnya. Dimana sifat emosi yang stabil atau bisa disebut dengan birahi serta burung Kacer yang kurang bergairah atau lesu karena dalam kondisi rendah ataupun kurang birahi.

Advertisements

Jadi, secara garis besarnya kondisi yang pasti akan dialami oleh Kacer terbagi menjadi 3 jenis, yaitu birahi, over birahi serta kurang birahi. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang seluk beluk Kacer over birahi terkait dengan perilaku atau tingkah lakunya, terutama mengenai ciri-cirinya.

Ciri Ciri Kacer Over Birahi

Ciri Kacer Over Birahi
Advertisements

Setelah memahami sekilas tentang kondisi pada burung Kacer, maka selanjutnya kalian tinggal memahami bagaimana tingkah lakunya ketika dalam keadaan over birahi. Perlu diingat, kondisi Kacer over birahi sendiri menjadi sebuah keadaan yang harus segera ditangani oleh para pemiliknya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya over birahi akan membuat Kacer menjadi berperilaku negatif, seperti mbagong sehingga menjadi jarang atau bahkan tidak mau bunyi sama sekali. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik mengenai ciri ciri Kacer over birahi di bawah ini.

  • Ciri Kacer over birahi pertama yaitu mereka menjadi terlalu agresif dan menjadi banyak tingkah dengan seiring naik turun tangkringan, namun jarang berkicau.
  • Ciri selanjutnya yaitu mereka menjadi sering ngeruji serta mematuki sarang atau kandangnya.
  • Kacer over birahi juga sering mengembangkan bulunya, atau bisa disebut juga dengan istilah mbangong/mbedesi.
  • Ketika Kacer over birahi, maka kan membuatnya memiliki perilaku mencabuti bulunya sendiri.
  • Mengejar-ngejar ketika bertemu lawan seperti ingin menerkam dan beradu fisik, bahkan pada saat melihat orang membawa sangkar kosong juga terkadang akan mengejar.
  • Ciri ciri Kacer over birahi terakhir yaitu mereka menjadi malas bunyi.

Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ciri ciri Kacer over birahi, terutama dari tingkah laku atau perilaku kesehariannya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, ketika Kacer mengalami kondisi over birahi, maka pemiliknya harus segera melakukan langkah penanganan yang tepat.

Seperti halnya saat mengatasi Kacer takut orang, sebenarnya terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi Kacer over birahi. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara mengatasi Kacer over birahi berikut ini, entah itu dari segi perawatan maupun pemberian pakannya.

1. Mengisolasi

Cara mengatasi Kacer over birahi pertama yaitu mengisolasi dengan menempatkannya di tempat yang tenang. Usahakan jauhkan dari Kacer lain dan jangan sampai mendengar suara burung lain untuk sementara waktu sampai kondisinya benar-benar pulih seperti semula.

2. Mengumbar

Kemudian cara selanjutnya yaitu masukkan Kacer ke dalam kandang umbaran pada siang hari. Setelah memasuki waktu sore hari, barulah masukkan Kacer ke kandang atau sangkarnya. Sebaiknya kondisikan supaya suasana di sekitar kandang umbaran tenang dan sejuk.

Supaya proses penurunan birahi Kacer berjalan lebih baik, sediakan juga bak mandi di dalam kandang umbaran agar mereka bisa mandi semaunya. Selain itu, berikan juga pasir atau tanah sebagai alas di kandang umbaran supaya Kacer bisa kipu (mandi pasir).

3. Pemberian Ekstra Fooding

Cara mengatasi Kacer over birahi terakhir yaitu memangkas porsi pemberian pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, kroto atau ulat hongkong. Apabila kondisi over birahi Kacer sudah terlalu parah, ada baiknya stop pemberian ekstra fooding untuk sementara waktu.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar ciri ciri Kacer over birahi dari tingkah laku dilengkapi dengan tata cara mengatasinya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi Kacer kesayangan di rumah sedang over birahi.

Sumber gambar : burungnya.com

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *