Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

17 Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina : Fisik & Suara

Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina – Seperti diketahui, Jalak Kebo merupakan salah satu jenis burung kicauan yang tergolong cukup populer di tengah-tengah kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, kicauannya yang cukup bervariasi juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih memelihara Jalak Kebo dibandingkan burung jenis lainnya.

Selain itu, Jalak Kebo juga sebenarnya tergolong ke dalam jenis burung pintar. Sebab mereka bisa diajari atau dilatih untuk berkicau serta menirukan beberapa kata yang diucapkan oleh manusia, sehingga tidak heran jika di pasaran harga Jalak Kebo cukup tinggi. Maka dari itu, suara Jalak Kebo terlatih kerap dijadikan sebagai suara masteran bagi burung lainnya.

Bagi beberapa orang khususnya para pemula, mungkin antara Jalak Kebo jantan dan betina tidak memiliki perbedaan dari segi fisiknya. Padahal, ternyata Jalak Kebo jantan dan betina mempunyai beberapa karakteristik yang bisa dijadikan sebagai acuan ketika ingin membedakannya.

Nah, jika kalian berencana membeli Jalak Kebo sebagai peliharan di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara membedakannya, apakah burung tersebut berkelamin jantan ataupun betina. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara membedakan Jalak Kebo jantan dan betina di bawah ini.

Ciri Fisik Jalak Kebo Jantan dan Betina

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara membedakan Jalak Kebo jantan dan betina berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa perbedaannya. Dimana sebenarnya Jalak Kebo jantan dan betina bis dibedakan dar segi ciri fisiknya. Adapun ciri fisik Jalak Kebo jantan dan betina tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Jalak Kebo Jantan

Jalak Kebo Jantan
  • Warna hitam di kepala dan sayap jantan sangat jelas.
  • Badan jantan besar serta panjang.
  • Kepala jantan berbentuk kotak serta tampak lebih besar.
  • Kloaka jantan menonjol serta ditumbuhi bulu-bulu halus.
  • Paruh jantan tampak lebih kokoh, kuat dan panjang.
  • Jambul di sekitar pangkal paruh jantan relatif lebih panjang, rapi serta hitam mengkilap.
  • Bulu ekor jantan sering menyatu atau rapat (tidak membuka).
  • Suara gacoran Jalak Kebo jantan bervariasi serta bervolume lantang.

Jalak Kebo Betina

Jalak Kebo Betina
  • Bulu hitam di bagian kepala dan sayap Jalak Kebo betina cenderung pudar.
  • Postur tubuh betina mungil (kecil dan pendek).
  • Betuk kepala betina bulat.
  • Ven atau kloaka Jalak Kebo betina relatif datar dan bulu halusnya kurang lebat.
  • Jalak kebo betina memiliki paruh tampak pendek dan tipis.
  • Mahkota di atas pangkal paruh Jalak Kebo betina pendek dan kurang rapi.
  • Bulu ekor betina biasanya sering membuka, lebar hingga mengembang.
  • Suara kicauan Jalak Kebo betina kualitasnya kalah dengan pejantan.

Cara Membedakan Jalak Kebo Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Jalak Kebo Jantan dan Betina

Setelah mengetahui ciri fisik burung Jalak Kebo jantan dan betina, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara membedakannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, cara membedakan Jalak Kebo pejantan dan betina bisa dilihat dari berbagai macam aspek, mulai dari bentuk tubuh, kepala, paruh hingga kaki.

Memang benar bahwa dengan melihat penjelasan ciri fisik Jalak Kebo jantan dan betina di atas kalian sudah bisa membedakannya. Namun, agar lebih jelas alangkah baiknya perhatikan baik-baik tata cara membedakan burung Jalak Kebo jantan dan betina berikut ini.

Bentuk Tubuh Jalak Kebo

Cara membedakan Jalak Kebo jantan dan betina pertama yaitu dilihat dari segi postur tubuhnya. Jalak Kebo jantan mempunyai bentuk tubuh lebih besar dan panjang sehingga akan terasa berat serta berisi ketika dipegang. Sedangkan Jalak Kebo betina, tubuhnya cenderung lebih pendek.

Kloaka Jalak Kebo

Jalak Kebo jantan mempunyai saluran pembuangan urin dan feses atau bisa disebut dengan kloaka yang lebih menonjol dibandingkan betina. Dimana tonjolan kloaka Jalak Kebo jantan tersebut berbentuk seperti mengerucut. Selain itu, di bagian kloakanya juga terdapat bulu-bulu halus lebat.

Bentuk Kepala Jalak Kebo

Cara membedakan Jalak Kebo Jantan dan betina selanjutnya yaitu dilihat dari segi bentuk kepalanya. Bentuk kepala Jalak Kebo jantan terlihat kotak, sementara betina terlihat lebih membulat serta ukurannya tampak lebih kecil sehingga bisa dibedakan dengan mudah.

Paruh Jalak Kebo

Selain bentuk tubuh dan kepala, cara membedakan antara Jalak Kebo jantan dan betina juga bisa dilihat dari segi paruhnya. Jalak Kebo jantan bisa dikenali dari bentuk paruhnya yang panjang, tebal serta kokoh. Berbeda dengan Jalak Kebo betina yang paruhnya sedikit lebih pendek serta tipis.

Sementara apabila dilihat pada bagian pangkal paruh, maka Jalak Kebo jantan muda mempunyai paruh terlihat basah, terutama di bagian pangkal mulut. Paruh Jalak Kebo jantan muda juga biasanya tampak berwarna lebih muda sehingga bisa dijadikan sebagai acuan ketika hendak membelinya.

Kaki Jalak Kebo

Membedakan Jalak Kebo jantan dan betina juga bisa dilihat dari postur atau bentuk kakinya. Jalak Kebo jantan muda umumnya bisa dikenali dari kakinya yang masih terlihat bersih atau belum bersisik. Pasalnya, sisik di kaki Jalak Kebo jantan biasanya akan tumbuh ketika sudah dewasa.

Selain tidak memiliki sisik, kaki Jalak Kebo jantan juga cenderung berwarna lebih muda atau cerah, bahkan terlihat sedikit basah. Sebagai informasi tambahan, jika kaki Jalak Kebo jantan berwarna kuning muda, maka besar kemungkinan bahwa usianya sudah tua atau dewasa.

Kuku Kaki Jalak Kebo

Kemudian cara membedakan Jalak Kebo jantan dan betina selanjutnya yaitu pada kuku kakinya. Jalak Kebo jantan masih muda atau anakan mempunyai kuku kaki lebih pendek. Akan tetapi, hal tersebut sebenarnya tidak bersifat mutlak karena jika sudah dewasa, pemilik bisa saja memotongnya menjadi lebih pendek sehingga tampak lebih rapi.

Warna Tubuh Jalak Kebo

Secara garis besar, warna tubuh Jalak Kebo jantan dan betina ialah ungu cenderung kehitaman. Selain itu, saat Jalak Kebo terbang, mereka juga biasanya akan memperlihatkan sedikit bercak putih di bagian tubuhnya, entah itu pada bagian tunggir ataupun ekornya. Namun, umumnya warna bulu Jalak Kebo jantan muda lebih condong ke cokelat.

Sikap Jalak Kebo

Cara membedakan Jalak Kebo jantan dan betina sebagai salah satu jenis burung peliharaan yaitu dari sikap ataupun postur tubuhnya. Dimana Jalak Kebo jantan muda berpotensi menjadi Jalak Kebo dewasa berkualitas bisa dilihat dari postur dan sikap tubuhnya, yaitu tegak dan menengadah dengan baik.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk membedakan burung Jalak Kebo betina dan pejantan sebenarnya bisa dilihat dari berbagai macam aspek, mulai dari fisik, suara hingga tingkah lakunya. Dimana fisik atau postur tubuh Jalak Kebo jantan tampak lebih gagah ketika berdiri dengan tegak.

Demikian sekiranya penjelasan versi Birdsny.com seputar cara membedakan Jalak Kebo jantan dan betina mulai dari segi fisik, warna, suara hingga perilakunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membedakan antara Jalak Kebo betina dan pejantan.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *