Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Lovebird Kacamata Topeng (Ciri Khas, Daerah Persebaran & Harga)

Lovebird Kacamata Topeng

Lovebird Kacamata Topeng – Seperti diketahui, Lovebird ialah salah satu jenis burung yang mungkin paling banyak memiliki penggemar atau pecintanya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya burung ini mempunyai warna bulu yang cantik serta memiliki suara merdu dan sangat bervariasi.

Sama halnya seperti Kenari, Lovebird juga mempunyai berbagai macam jenis dengan variasi warna yang sangat indah. Salah satu jenis Lovebird yang mungkin sudah banyak diketahui oleh para pecinta khususnya bagi para senior yaitu Lovebird Kacamata Topeng (Agapornis Personata).

Secara garis besar, burung jenis ini memiliki ciri atau karakteristik yang hampir sama seperti jenis Lovebird lainnya, misalnya saja LOVEBIRD BATMAN. Namun, masih ada saja sebagian pecinta burung kicau di luar sana yang masih kebingungan bagaimana cara mengenali Lovebird Topeng.

Oleh sebab itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan seputar Lovebird Kacamata Topeng mulai dari ciri khas, daerah persebaran hingga tingkah lakunya. Selain itu, di bawah ini juga akan kami berikan kisaran harga burung jenis tersebut di pasaran Indonesia.

Ciri Khas Lovebird Kacamata Topeng

Lovebird jenis Kacamata Topeng mempunyai ciri khas atau karakteristik uang terletak pada ukuran tubuhnya. Dimana rata-rata Lovebird Kacamata mempunyai ukuran panjang sekitar 14.5 cm dengan berat antara 43 sampai 47 gram.

Selain itu, antara burung Lovebird muda dan dewasa juga biasanya memiliki sejumlah perbedaan karakteristik. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan ciri khas jenis Lovebird Kacamata muda dan dewasa.

Lovebird Dewasa

  • Warna bulu tubuh Lovebird didominasi oleh warna hijau.
  • Lorus, ubun-ubun serta pipi bagian depan berwarna hitam kecokelatan.
  • Bulu dibagian kepala lainnya berwarna kehitam-hitaman namun sedikit pudar.
  • Bulu kerongkongan berwarna oranye mengarah kemerahan.
  • Bagian atas dada dan kerahnya mempunyai warna kuning.
  • Bulu ekor Lovebird identik dengan warna hijau.
  • Lingkar matanya putih.
  • Paruh berwarna merah dengan iris kecokelatan.
  • Kakinya berwarna abu-abu.

Lovebird Muda

  • Warna bulu lebih pudar, khususnya di bagian kepala.
  • Pangkal paruh terdapat semacam bercak hitam.

Daerah Persebaran Lovebird Kacamata

Setelah mengetahui ciri khas Lovebird Kacamata Topeng, selanjutnya kalian juga harus mengerti dimana daerah persebarannya. Daerah persebaran Lovebird jenis ini yaitu umumnya berada di Tanzania Utara dan bagian Tengah.

Perlu diketahui, antara Lovebird Kacamata berjenis kelamin jantan dengan betina ini relatif sulit untuk dibedakan. Sehingga untuk MEMBEDAKAN LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA, kalian perlu memahami teknik dasarnya terlebih dahulu. Sementara untuk warna mutasi Lovebird Kacamata sendiri yaitu menjadi Lovebird berwarna biru.

Meskipun demikian, sebenarnya terdapat berbagai macam mutasi warna Lovebird, yaitu warna cobalt, ungu, ungu muda, lutino serta albino. Secara umum, Lovebird Kacamata hidup di padang rumput dan juga pada pepohonan Baobab.

Tingkah Laku Lovebird Topeng

Di kehidupan aslinya, Lovebird Kacamata Topeng memanfaatkan celah-celah lubang pada pohon Baobab sebagai sarangnya. Dimana di dalam sarang tersebut tentunya juga digunakan sebagai tempat untuk berkembang biak Lovebird dengan pasangannya.

Borong Lovebird jenis ini akan menyusun sarang menggunakan bahan yang diangkut menggunakan paruhnya untuk kemudian di bawah ke dalam rongga pohon. Pastinya bahan-bahan tersebut nantinya akan digunakan untuk membuat sarang.

Telur Lovebird Kacamata biasanya memiliki telur dengan warna putih dan umumnya berjumlah 4 hingga 5 butir. Umumnya indukan betina akan mengerami telur kurang lebih selama 23 hari. Anakan Lovebird tersebut nantinya akan meninggalkan sarangnya pada umur kurang dari 42 hari setelah telur menetas.

Harga Lovebird Kacamata Topeng

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap seputar jenis Lovebird Kacamata Topeng mulai dari karakteristik, daerah persebaran hingga tingkah lakunya. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui jenis burungnya namun tidak mengetahui HARGA BURUNG LOVEBIRD di pasaran.

Untuk saat ini, Lovebird Topeng rata-rata dijual dengan harga mulai dari Rp 300.000. Harga Lovebird jenis Kacamata tersebut sebenarnya dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari warna bulu, ukuran tubuh, kesehatan burung dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar jenis Lovebird Kacamata Topeng mulai dari ciri khas, daerah persebaran, tingkah laku hingga harganya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli salah satu jenis Lovebird tersebut.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *