Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Lovebird Creamino

LOVEBIRD CREAMINO

Lovebird Creamino – Creamino adalah salah satu dari sekian banyaknya jenis burung Lovebird. Jenis Lovebird ini sudah menjadi bahan perbincangan hangat sobat kicau di seluruh nusantara.

Tak hanya di Indonesia, pecinta Lovebird mancanegara juga ada yang memperbincangkan jenis Creamino ini. Entah dari keunikan warna atau apa, yang jelas burung tersebut menjadi trending topik hangat.

Lovebird dengan jenis warna tersebut diakibatkan karena hilangnya pigmen warna hitam. Kemudian, ada juga Lovebird Creamino mata merah, ini juga diakibatkan karena kehilangan Eumilamin.

Jenis ini memang terlihat sangat unik dan menarik. Karena itu, para pecinta burung kicau khususnya Lovebird, akan terus mencari sampai mendapatkan burung Lovebird jenis Creamino.

Lovebird Creamino dari Ciri, Harga dan Perawatan

Lovebird jenis ini memiliki harga jual yang cukup mahal, sama halanya seperti harga LOVEBIRD BATMAN karena burung tersebut memiliki warna bulu yang khas, dibandingkan jenis lain. Lovebird Creamino atau bisa disebut dengan nama latin yaitu Agapornis Roseicollis. Jika burung ini dirawat dengan baik, maka dapat hidup hingga usia 15 tahun.

Ciri-Ciri Lovebird Creamino

Ciri ciri Lovebird Creamino

Ada beberapa Ciri jenis tersebut, yang termasuk mutasi dari jenis turquoise diantaranya adalah :

  • Bola matanya berwarna merah.
  • Paruh dan jidat berwarna oranye.
  • Leher berwarna kuning.
  • kakinya berwarna pucat, karena tanpa melanin.
  • Tubuhnya berwarna kuning Pucat.

Burung jenis ini sering dijadikan burung Lomba, tetapi pada kontes beautybird. Bukan untuk dilombakan suara ngekeknya, meskipun burung tersebut jika dilatih dapat mengeluarkan suara ngekek panjang.

Harga

Harga

Harga burung Lovebird jenis tersebut biasanya akan dibanderol berkisar Rp 600.000 untuk yang masih anakan atau paud. Sedangkan untuk yang sudah dewasa biasanya mencapai Rp 700.000 untuk perekornya.

Cara Perawatan

Lovebird

Jika kalian menginginkan Lovebird tersebut bisa ngekek panjang dan gacor, kalian bisa ikuti beberapa tips dan langkahnya. Silahkan sobat kicau mengikuti beberapa cara perawatan yang akan kami sampaikan selengkapnya di bawah ini.

1. Pengembunan

Masih sama dengan jenis burung kicauan pada umumnya, pengembunan burung di pagi haru juga perlu dilakukan. Kalian bisa mulai mengembunkan burung tersebut dari jam 4 pagi sampai matahari terbit.

Dengan cara menggantang sangkar di tempat yang aman dan nyaman. Dengan melakukan pengembunan maka akan merangsang burung Lovebird agar mau bunyi. Tentunya burung akan menjadi sehat, tenang, rileks, dan tidak mudah stress.

2. Beri Pakan Berkualitas

Beberapa jenis makanan untuk burung Lovebird yang bagus diantaranya adalah :

  • Milet Putih
  • Biji Kenari
  • Jagung manis
  • Biji oat
  • Tauge
  • Juwawut
  • Kangung
  • Kwaci
  • Tulang sotong
  • Pokcoy
  • Sawi Putih
  • Apel merah
  • Terasi

Itulah makanan yang sangat disarankan untuk burung Lovebird. Karena, beberapa diantara jenis pakan diatas ini mengandung banyak sekali kandungan seperti protein, karbohidrat, dan lainnya. Jika burung rutin diberikan beberapa makanan tersebut maka akan menjadikan burung tetap sehat, serta lebih rajin berkicau.

3. Pemandian Rutin

Setelah pengembunan, kalian bisa langsung memandikan burung tersebut. Kalian bisa menggunakan sprayer atau membiarkan burung tersebut mandi sendiri di dalam cepuk berukuran besar.

Pemandian secara rutin ini berguna agar burung tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, bulu burung Lovebird yang cantik dan menarik juga bisa terlihat lebih mengkilap. Kalian bisa memandikan burung pada jam 07.00, atau saat matahari sudah mulai terbit.

4. Beri Vitamin

Agar kebutuhan VITAMIN BURUNG LOVEBIRD terpenuhi, kalian bisa memberikan vitamin tetes yang biasa dijual di kios-kios burung terdekat. kalian juga harus memperhatikan takaran dosis yang ada, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada Lovebird kalian.

5. Bersihkan Kandang

Selanjutnya bisa kalian membersihkan kandang, biasanya pada alas sangkar banyak sekali kotoran atau sisa makanan yang terjatuh. Kalian bisa bersihkan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Pada dasarnya penyebab terbesar burung mengalami sakit yaitu dari kebersihan kandangnya itu sendiri.

6. Penjemuran

Setelah memandikan burung Lovebird, kalian bisa menjemur burung pada tempat yang terkena terik matahari. biarkan burung mengeringkan bulunya, sembari menangkap vitamin alami yang terdapat pada sinar matahari pagi.

7. Angin-Anginkan

Ketika penjemuran sudah berjalan kurang lebih selama 2 jam, selanjutnya kalian bisa mengangin-anginkan burung. Gantang sangkar burung ditempat yang sejuk seperti di depan teras rumah atau dibawah pepohonan. Hal tersebut menjadikan suhu tubuh burung menjadi normal kembali. Pastinya burung akan merasa segar setelah beberapa saat dijemur di bawah terik matahari.

8. Memaster

Setelah beberapa metode di atas, kalian selanjutnya bisa untuk memaster burung tersebut. Sebaiknya proses pemasteran ini dilakukan pada saat jam 12 malam, dan biarkan burung mendengarkan suara master tersebut sampai keesokan harinya. Supaya burung bisa merekam dengan jelas suara masteran yang diperdengarkan.

Itu saja mungkin beberapa cara perawatan burung Lovebird agar cepat bunyi dan gacor. Kalian bisa melakukan beberapa metode di atas dengan konsisten agar kalian bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan mengenai burung Lovebird Creamino. Lengkap dengan memberikan beberapa tips atau cara perawatan burung Lovebird agar lebih cepat bunyi dan gacor. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Ciri Lovebird Berjodoh

Hidayat
3 min read

Asal Usul Lovebird Kusumo

Hidayat
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *