Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Lovebird Parblue

LOVEBIRD PARBLUE

Lovebird Parblue – Sampai saat ini Lovebird Parblue masih menjadi buah bibir di kalangan pecinta burung kicau di Indonesia. Tak hanya itu, Lovebird jenis ini juga banyak diburu untuk dijadikan koleksi, disebabkan karena adanya beberapa faktor.

Salah satu alasanya yaitu karena Lovebird merupakan salah satu burung yang memiliki banyak jenis, diantaranya ada Lovebird Parblue, Biola, Euwing, Violet dan lainnya. Jenis Parblue sendiri juga bisa dibabedakan menjadi beberapa mutasi warnanya.

Selain itu, pada kolektor burung Lovebird juga melihat atau menilai dari kecantikan fisik dan warna bulunya. Serta suara kicauan yang dikeluarkan akan terdengar sangat merdu, bahkan durasi kicauannya juga terbilang panjang.

Parblue ini sering disebut juga dengan Lovebird yellow face atau muka kuning keputihan. Para peternak belakangan ini juga sedang menyilangkan Lovebird tersebut dengan jenis lain, agar menghasilkan keturunan dengan warna yang lebih bervariasi.

Lovebird Parblue

Burung tersebut memiliki paruh berwarna oranye, tetapi ada beberapa anakan Lovebird Parblue ini memiliki paruh berwarna putih. Namun, ketika sudah besar dan beranjak dewasa kemudian paruhnya berubah warna menjadi oranye.

Istilah Parblue merupakan sebutan lain dari partial blue (sebagian biru), karena adanya warna biru yang terletak pada sebagian bulu yang menyelimuti tubuh burung tersebut.

Kemudian, Lovebird Parblue ini pertama kali ditemukan oleh Felix del Valle, seorang peternak yang berasal dari Tampa, Florida, AS, pada tahun 2001. Pada waktu itu Felix del Valle mulai mengembangkan dan mempopulerkan jenis tersebut hingga terkenal di seluruh dunia.

Seiring berjalannya waktu peternak di Indonesia mulai mengimpor burung tersebut dari Amerika. Karena, jika tidak ada indukan dengan warna tersebut, maka peternak tidak akan mendapatkan anakan dari jenis Parblue itu sendiri.

Jenis-Jenis Parblue

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, jika Lovebird warna tersebut juga bisa dibedakan karena adanya mutasi beberapa warna. Harga burung tersebut juga berbeda-beda sesuai dengan seberapa menarik bulu Lovebird tersebut dan beberapa faktor lainnya.

Parblue Standar Hijau

Standar Hijau

Parblue ini merupakan jenis pertama yang ditemukan oleh Felix del Valle pada tahun 2001. Burung tersebut memiliki bulu dengan warna hijau yang eksotis dan terlihat kalem. Kemudian, untuk harganya yakni masih bisa dibilang cukup mahal yaitu mencapai Rp 4.000.000 per-ekor. Sedangkan untuk yang sudah dewasa dibanderol lebih mahal yaitu bisa mencapai Rp 6.500.000.

Parblue Standar Pastel

Standar Pastel

Parblue Standar Pastel ini ternyata masih bisa dibilang sekelas dengan jenis Parblue Standar Hijau, hanya saja terdapat warna kekuningan yang cukup pekat pada daerah dadanya. Sedangkan untuk harganya burung tersebut dibanderol mencapai Rp 5.000.000 hingga Rp 6.000.000 untuk per-ekornya. Harganya bisa berubah-ubah tergantung dari beberapa faktor, seperti perfoma, ukuran tubuh, jenis kelamin, usia, dan juga dari faktor trah atau indukannya.

Parblue Sable Head

Sable Head

Parblue Sable Head mungkin adalah jenis yang paling menonjol daripada jenis Parblue lainnya, jenis inilah yang paling eksotis dan harganya mahal. Tubuh dan kepalanya yang murni tanpa ada corak membuat burung tersebut terlihat menarik. Harganya yang sangat fantastis yakni bisa dibanderol mencapai kisaran Rp 8.000.000 sampai Rp 12.000.000 untuk perekornya.

Parblue Blorok

Parblue Blorok

Jenis yang terakhir kami bahas disini adalah Parblue Blorok. Burung tresebut memiliki corak warna berantakan, namun terlihat menarik dan cukup elegant. Jenis Parblue Blorok kini di Indonesia sudah bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu Parblue Blorok Dark Violet dan Parblue Biru. Sedangkan untuk harga per-ekornya ini mencapai Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000.

Jenis ParblueHarga
Parblue Standar HijauRp 4.000.000 – Rp 6.500.000
Parblue Standar PastelRp 5.000.000 – Rp 6.000.000
Parblue Sable HeadRp 8.000.000 – Rp 12.000.000
Parblue BlorokRp 5.000.000 – Rp 8.000.000

Itulah beberapa jenis Parblue atau hasil dari mutasi warna yang dihasilkan dari perkawinan silang antara BURUNG LOVEBIRD Parblue dengan jenis lainnya. Karena, para peternak Lovebird pastinya akan terus mencari variasi warna baru, untuk menambah nilai jual burung Lovebird tersebut.

Akhir Kata

Demikian yang dapat birdsny.com sajikan untuk sobat kicau mengenai Lovebird Parblue, lengkap dengan jenis mutasi warna dan harga burung tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini akan menjadi ladang ilmu untuk sobat kicau. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Perkutut Putih

Hidayat
1 min read

Burung Hantu

Hidayat
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *