4 Makanan Untuk Ayam Jatuh Mental Paling Ampuh!!

Makanan Untuk Ayam Jatuh Mental
Advertisements

Makanan Untuk Ayam Jatuh Mental – Memelihara ayam aduan memang membutuhkan perhatian khusus atau perawatan khusus. Pasalnya perilaku atau perawatan pemilik terhadap ayam tersebut sangat berpengaruh dengan kinerja dari ayam aduan.

Seperti halnya pada salah satu kasus tentang ayam yang sedang jatuh mental. Dimana pada ayam jatuh mental atau pilih-pilih lawan bisa diakibatkan kesalahan perawatan sebelum dan sesudah ayam di abar. Namun bagaimana cara mengatasi ayam yang jatuh mental? Apakah ada makanan untuk ayam jatuh mental?

Advertisements

Masalah ayam jatuh mental bisa saja terjadi pada ayam muda maupun tua. Sedangkan penggunaan makanan untuk ayam jatuh mental sebenarnya hanya pendukung atau pendorong agar mental ayam kembali pulih dan normal. Dan yang terpenting yaitu mengenai perawatan saat ayam mengalami jatuh mental.

Nah pada artikel kali ini, admin Birdsny akan menyajikan ulasan mengenai makanan untuk ayam jatuh mental beserta dengan beberapa tips merawatnya. Untuk penjelasan lebih detail mengenai makanan dan perawatan ayam yang pilih-pilih lawan, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Makanan Untuk Ayam Jatuh Mental

Makanan Untuk Ayam Jatuh Mental Beserta dengan Tips Merawatnya

Ada beberapa makanan tambahan yang dapat dikonsumsi kan ke ayam sedang takut melihat musuh atau lawan. Dimana makanan tersebut bisa berupa jamu, obat herbal dan obat khusus ayam mental turun. Makanan untuk ayam yang mentalnya turun diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Makanan Kesukaan Ayam

Makanan Pur Kesukaan Ayam

Makanan pertama bisa menambah mental unggas yaitu makanan yang biasa diberikan dan disukai oleh unggas tersebut. Dimana jika bisanya diberi makanan pur ayam 594 atau 592, maka silahkan berikan makanan tersebut kepada ayam yang sedang mentalnya rusak. Dengan begitu nantinya ayam akan kembali merasakan nyaman dan bisa membatu mengembalikan mental ayam.

Advertisements

2. Bawang Putih

Bawang Putih

Makanan untuk ayam jatuh mental kedua yaitu bawang putih. Dimana pemberian makanan bawang putih ini bertujuan untuk menambah birahi dari ayam tersebut. Sehingga mental ayam berangsur kembali pulih. Cara memberi makanan bawang putih pada ayam kena mental yaitu setiap sore setelah diberi makanan utamanya. Silahkan beri makanan bawang putih setiap hari sampai metal ayam kembali normal.

Selain untuk meningkatkan mental ayam, bawang putih juga bermanfaat buat burung merpati dan perkutut, kemarin admin Birdsny pernah merangkum mengenai manfaat bawang putih untuk merpati dan manfaat bawang putih untuk perkutut.

3. Belut

Belut

Makanan untuk ayam mental pilih-pilih ketiga yakni belut. Dimana pemberian belut bertujuan untuk meningkatkan protein. Sehingga bisa membantu meningkatkan mental si ayam yang sedang jatuh mental. Selain belut, anda bisa juga dengan memberi makanan daging yang memiliki protein tinggi lainnya. Namun sebaiknya ini hanya selingan saja dengan bawang putih.

4. Jamu atau Obat Khusus Ayam Jatuh Mental

Jamu atau Obat Khusus Ayam Jatuh Mental

Makanan untuk ayam jatuh mental selanjutnya yaitu menggunakan jamu herbal atau obat khusus ayam jatuh mental. Anda bisa menemukan produk tersebut melalui aplikasi belanja online. Pasalnya sekarang ini sudah banyak sekali produsen jamu ayam yang menyediakan khusus jamu ayam kalah mental.

Jamu Ayam Jatuh Mental
Advertisements

Selain dengan memberi makanan tambahan di atas, mengatasi ayam kalah mental juga bisa dilakukan dengan perawatan yang lebih khusus. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Tips Merawat Ayam Jatuh Mental

Ada beberapa tips untuk merawat ayam yang sedang jatuh mental. Dimana perawatan tersebut pastinya harus bertujuan untuk menenangkan ayam agar mental kembali normal dan pulih. Cara untuk merawat ayam jatuh mental adalah sebagai berikut :

  • Pisahkan ayam jatuh mental dari ayam jago lainnya
  • Biarkan ayam bebas tanpa perlu dikerodong
  • Usahakan ayam jatuh mental tidak mendengar suara jago lain
  • Dekatkan dengan ayam betina (namun tidak disarankan satu kandang)
  • Jangan sampai ayam jatuh mental melihat ayam jago kampung
  • Boleh di dekatkan dengan ayam lainnya yang jauh lebih muda
  • Berikan makanan ayam jatuh mental secukupnya
  • Jaga kebersihan kandang agar ayam jatuh mental semakin nyaman
  • Lakukan tips di atas sampai mental ayam kembali pulih

Itulah informasi yang berhasil admin Birdsny rangkum tentang makanan dan beberapa tips untuk merawat ayam yang kena mental. Bagaimana, apakah masih ada yang mengalami kebingungan ketika sedang merawat ayam jatuh mental?

Akhir Kata

Menarik kesimpulan ulasan di atas, bahwa makanan ayam jatuh mental bisa menggunakan makanan kesukaan ayam tersebut, bawang putih, belut dan jamu atau khusus untuk ayam jatuh mental. Selain dengan memberikan makanan tambahan, ayam dengan mental pilih-pilih juga perlu perawatan khusus. Seperti dijauhkan dari ayam jago kampung, di untul atau di dekatkan dengan ayam betina dan usahakan ayam jatuh mental tidak mendengar kokok kan ayam jago lainnya.

Sekian artikel kali ini yang berhasil admin Birdsny rangkum tentang makanan untuk ayam mental down. Terima kasih telah bersedia mengunjungi Birdsny.com dan semoga ulasan di atas mengenai makanan untuk ayam kena mental bisa menambah wawasan buat anda semuanya.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *