Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

8 Manfaat Bawang Putih Untuk Merpati : Cara Pemberian & Efek Samping

Manfaat Bawang Putih Untuk Merpati
Advertisements

Manfaat Bawang Putih Untuk Merpati – Selama ini pastinya kalian sudah mengetahui kalau bawang putih mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Dimana bawang putih sendiri seringkali dijadikan sebagai salah satu bumbu tambahan untuk melengkapi masakan.

Namun, apakah kalian tahu bahwa kandungan di dalam bawang putih ternyata bermanfaat bagi kesehatan burung, salah satunya yaitu Merpati. Selain itu, bawang putih juga kerap dijadikan sebagai solusi untuk mengurangi pemakaian obat-obatan kimia yang memiliki efek samping cukup tinggi.

Advertisements

Akan tetapi, pemberian bawang putih sebagai sebagai salah satu jamu tradisional untuk Merpati juga harus dilakukan sesuai dengan porsinya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jika pemberian bawang putih untuk Merpati dilakukan secara sembarangan, maka bisa berakibat buruk pada kondisi kesehatannya.

Maka dari itu, sebelum memberikan bawang putih untuk burung Merpati, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas apa saja manfaat bawang putih untuk Merpati dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Bawang Putih

Kandungan Bawang Putih

Sebelum membahas poin utama mengenai manfaat bawang putih untuk Merpati lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi di dalamnya. Adapun sejumlah kandungan nutrisi didalam bawang putih tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mangan.
  • Vitamin C.
  • Vitamin B1.
  • Vitamin B6.
  • Selenium.
  • Serat.
  • Kalsium.
  • Tembaga.
  • Fosfor.
  • Zat besi.
  • Kalium.

Manfaat Bawang Putih Untuk Merpati

Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Merpati

Perlu diketahui, penggunaan bawang putih untuk burung Merpati tentunya aman karena tanaman tersebut berasal dari alam. Terlebih lagi karena bawang putih mempunyai banyak kandungan positif sehingga sangat direkomendasikan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh Merpati.

Advertisements

Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah manfaat bawang putih untuk Merpati di bawah ini.

1. Anti Bakteri Untuk Merpati

Manfaat bawang putih pertama untuk burung Merpati yaitu bisa dijadikan sebagai anti bakteri. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya satu siung bawang putih mempunyai kandungan zat alisin sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan Merpati.

2. Anti Jamur Untuk Merpati

Bawang putih juga memiliki khasiat sebagai anti jamur untuk burung Merpati. Melalui pemberian bawang putih secara teratur, maka dapat dipastikan bahwa Merpati kesayangan akan terhindar dari jamur. Dengan kata lain, bawang putih dapat menghambat beragam jenis penyakit akibat jamur.

3. Anti Parasit Untuk Merpati

Sebagaimana diketahui, bawang putih sudah sejak lama digunakan sebagai obat cacing oleh sebagian besar orang, karena memiliki sifat anti parasit. Menurut beberapa penelitian, ternyata bawang putih sangat efektif dalam melawan berbagai macam jenis parasit yang biasa menyerang Merpati.

4. Anti Virus Untuk Merpati

Manfaat bawang putih selanjutnya untuk Merpati yaitu bisa dijadikan sebagai anti virus. Kandungan alisin di dalam bawang putih tersebut mampu menghambat Merpati terkena infeksi terhadap serangan virus, entah itu dari burung liar, lingkungan kotor dan lain sebagainya.

5. Menyembuhkan Pilek Merpati

Obat Untuk Merpati
Advertisements

Sama halnya seperti manfaat kencur untuk Merpati, bawang putih juga sebenarnya sangat bermanfaat untuk menyembuhkan influenza serta pilek. Jadi, cobalah berikan Merpati bawang putih supaya sistem kekebalan tubuhnya tetap terjaga, terutama ketika musim dingin tiba.

6. Sebagai Obat Luka Untuk Merpati

Proses penyembuhan luka pada burung Merpati juga bisa dilakukan dengan cara memberikan bawang putih. Menariknya lagi, bawang putih juga memiliki manfaat untuk menumbuhkan bulu ekor serta sayap Merpati, asalkan pemberiannya dilakukan sesuai porsinya.

7. Menghangatkan Tubuh Merpati

Jika musim dingin atau angin kumbang tiba, kalian bisa memanfaatkan bawang putih untuk menghangatkan tubuh Merpati layaknya gula merah. Sebab, angin dingin pada malam hari bisa membuat Merpati tidak sehat, entah itu karena masuk angin, flu, snot dan lain sebagainya. Melalui pemberian bawang putih untuk Merpati diharapkan dapat mencegah datangnya penyakit karena angin.

8. Meningkatkan Kinerja Merpati

Manfaat terakhir bawang putih untuk Merpati yaitu bisa meningkatkan kinerja fisiknya. Dimana bawang putih bisa mengurangi kelelahan serta meningkatkan kinerja atletik serta kapasitas fisik Merpati. Sehingga bawang putih sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk memulihkan tenaga seperti halnya saat memberikan Jahe untuk Merpati.

Cara Pemberian Bawang Putih Untuk Merpati

Setelah mengetahui apa saja manfaat bawang putih untuk semua jenis burung Merpati, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya pemberian bawang putih untuk Merpati hampir sama seperti saat memberikan bawang putih untuk Lovebird.

Adapun pemberian bawang putih untuk Merpati biasanya dilakukan dengan cara menjadikannya sebagai air minum. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan tata cara pemberian bawang putih sebagai air minum untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh burung Merpati.

  1. Siapkan beberapa siung bawang putih segar.
  2. Kemudian tumbuk bawang putih dan cuci menggunakan air bersih.
  3. Lalu hasil tumbukan bawang putih tersebut campurkan ke dalam gelas berisi air hangat.
  4. Diamkan terlebih dahulu sampai bawang putih benar-benar tercampur bersama air hangat tersebut.
  5. Apabila sudah tercamput, silahkan saring dan simpan di dalam tempat air minum Merpati.
  6. Setelah dingin, silahkan letakkan air minum bawang putih di kandang Merpati.

Pemberian bawang putih untuk Merpati ini dapat dilakukan pada saat pagi hari. Setelah sore hari, silahkan ganti air campuran bawang putih tersebut dengan air mineral biasa.

Efek Samping Bawang Putih Untuk Merpati

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja manfaat bawang putih untuk Merpati hingga tata cara beserta waktu ideal pemberiannya. Meskipun bawang putih sangat bermanfaat untuk Merpati, namun tetap saja bahwa tanaman tersebut bisa menimbulkan efek samping negatif bagi kesehatan tubuhnya.

Jika pemberian bawang putih untuk Merpati dilakukan secara berlebihan, maka bisa memicu kerusakan sel darah merah. Selain itu, bawang putih juga sebenarnya dapat mengiritasi area mulut ataupun kerongkongan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya bawang putih mengandung sulfur atau belerang.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa bawang putih sebenarnya memiliki segudang manfaat bagi kondisi kesehatan tubuh burung Merpati. Akan tetapi, pastikan kalian tidak memberikan bawang putih secara berlebihan kepada Merpati karena bisa menimbulkan efek samping negatif.

Itulah sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat bawang putih untuk Merpati dilengkapi dengan cara dan waktu ideal pemberian hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin memberikan bawang putih untuk Merpati.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *