Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

7 Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar, Tinggi & Kuat

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar
Advertisements

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar – Seperti halnya hewan lainnya, dalam memelihara ayam bangkok pakan menjadi faktor penting untuk diperhatikan. Dimana apabila kalian menginginkan ayam aduan yang sehat, kuat serta tangguh, maka berikanlah ayam bangkok pakan yang tepat, entah itu dari segi jenis, waktu ataupun tata cara pemberiannya.

Perlu diketahui, sebenarnya kebutuhan nutrisi dan gizi ayam bangkok pada setiap tahapan pertumbuhannya berbeda-beda. Maka dari itu, jenis pakan yang diberikan kepada salah satu jenis ayam aduan ini juga berbeda, tergantung pada usia ataupun umurnya sehingga kalian harus benar-benar memahaminya.

Advertisements

Menurut pengalaman dari beberapa orang sebagai penggemar ayam aduan, mereka lebih memilih menggunakan pakan racikan (rasum) untuk hewan peliharaannya tersebut. Pakan racikan sendiri merupakan sebuah kombinasi atau campuran dari berbagai macam jenis bahan dan alternatif makanan pengganti.

Menariknya lagi, jika waktu beserta cara pemberian racikan pakan ayam bangkok tersebut dilakukan dengan benar, maka bisa mempercepat masa pertumbuhannya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar berdasarkan umurnya.

Manfaat Racikan Pakan Ayam Bangkok

Sebelum membahas manfaat racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Adapun beberapa manfaat ataupun keuntungan dalam memberikan pakan buatan sendiri untuk ayam bangkok tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Membuat pakan racikan sendiri bisa menghemat biaya pengeluaran karena hanya mengkombinasikan sejumlah bahan alternatif lebih murah.
  • Pemilik ayam bangkok jadi bisa mengetahui kebutuhan nutrisi hewan peliharaannya sehingga takaran porsi pemberiannya dapat disesuaikan.
  • Melalui pakan bernutrisi pastinya mampu meningkatkan kesehatan serta kualitas bertarung ayam bangkok sehingga dapat mengeluarkan semua performa maksimalnya.
  • Bisa menyeimbangkan pakan bermutu rendah dengan cara mengkombinasikannya dengan pakan bermutu tinggi.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar Berdasarkan Umur
Advertisements

Setelah mengetahui beberapa manfaat pemberian racikan makanan buatan sendiri untuk ayam bangkok, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara pembuatannya. Daripada penasaran, simak baik-baik cara pembuatan racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar, sehat dan berkualitas berdasarkan umurnya berikut ini.

Advertisements

Racikan Pakan Awal Menetas

Saat setelah 2 hari dari ayam bangkok awal menetas, anakan cukup diberikan air minum dengan campuran vitamin. Karena di umur tersebut anak ayam bangkok masih belajar mematuk dan belum bisa menelan makanan berukuran besar, maka berikanlah voer bertekstur halus.

Agar ayam bangkok bisa tumbuh besar dengan cepat, maka sebaiknya cukupi kebutuhan gizinya, khususnya protein dan lemak. Selain ukurannya pas, protein dan lemak juga memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi sehingga mampu membantu ayam cepat besar serta tinggi.

Racikan Pakan Anakan

Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar selanjutnya yaitu diberikan pada saat mereka berusia 2 minggu sampai 1 bulan (anakan). Pada usia tersebut, umumnya anak ayam bangkok sudah mulai aktif mencari makanan sendiri.

Supaya anakan ayam bangkok cepat besar, buatlah racikan pakan dengan komposisi nilai gizi 20% protein, 3% lemak serta 6% serat. Dalam memenuhi gizi anakan ayam bangkok tersebut, kalian bisa menggunakan makanan seperti jagung, bekatul, tepung ikan dengan perbandingan 2:3:1.

Racikan Pakan Remaja

Setelah ayam bangkok memasuki masa remaja atau sekitar umur 1 sampai 3 bulan, kalian perlu melakukan perawatan harian dengan cara diumbar di luar kandang. Namun pengumbaran ayam bangkok ini harus dibatasi, karena pada umur tersebut ayam masih mudah terserang penyakit.

Maka dari itu, berikanlah ayam bangkok makanan yang bisa menambah imunitas agar ayam dapat lebih tahan terhadap berbagai macam jenis penyakit. Adapun jenis pakan paling sesuai untuk ayam bangkok usia remaja agar cepat besar diantaranya yaitu seperti berikut ini,

  • Voer 591 : Umur 1 bulan.
  • Voer 592 : Umur 2 bulan.
  • Voer 593 : Umur 3 bulan.

Sementara untuk menambah nutrisi serta menghemat biaya, kalian juga bisa membuat racikan pakan ayam bangkok pada usia tersebut. Berikut adalah daftar bahan-bahan ataupun komposisinya.

  • Ampas tahu.
  • Nasi.
  • Menir goreng.
  • Tepung ikan.

Racikan Pakan Menengah

Di usia ayam bangkok menengah atau sekitar 3 sampai 6 bulan, mereka akan jauh lebih aktif di luar kandang dalam mencari pakan hingga belajar bertarung. Apabila ayam bangkok dilepas diluar kandang, maka energi mereka akan cepat terkuras dan habis.

Oleh sebab itu, berikanlah jenis pakan yang bisa memberikan energi dan stamina lebih untuk ayam bangkok. Dimana pakan ini dapat kalian buat sendiri dengan racikan khusus dar campuran voer seperti voer 593 serta beras merah.

Atau kalian juga bisa memberikan ayam bangkok umur 3 sampai 6 bulan ini pakan tambahan seperti suplemen, kalsium dan vitamin B kompleks. Dimana beberapa pakan tambahan tersebut berguna untuk mempercepat pertumbuhan tulang dan bulu serta membantu ayam gemuk dan cepat besar.

Racikan Pakan Dewasa

Racikan pakan khusus ayam bangkok agar cepat besar terakhir ini lebih ditujukan untuk usia dewasa, yaitu 6 hingga 8 bulan. Kebanyakan orang memberikan ayam bangkok pakan voer 594 untuk hewan peliharaannya tersebut. Pasalnya, voer 594 sangat bermanfaat bagi ayam aduan, termasuk meningkatkan staminanya.

Pada intinya, saat ayam bangkok sudah dewasa, maka mereka biasanya lebih membutuhkan makanan tinggi protein untuk membentuk otot. Disamping voer 594, ayam bangkok juga dapat diberikan racikan makanan seperti kombinasi beras merah dan jagung.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar berdasarkan umur dilengkapi cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat racikan makanan ayam bangkok supaya cepat besar buatan sendiri di rumah.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.