Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

4 Manfaat Daun Krokot Untuk Kenari : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Daun Krokot Untuk Kenari

Manfaat Daun Krokot Untuk Kenari – Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa daun krokot merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh liar di sekitar rumah. Meskipun termasuk ke dalam jenis tanaman liat, namun sebagian besar masyarakat di Indonesia menganggap bahwa daun krokot mempunyai cukup banyak khasiat bagi burung, termasuk Kenari.

Di Indonesia sendiri, jenis tanaman krokot mempunyai cukup banyak nama panggilan, tergantung dari daerahnya masing-masing. Dimana krokot sendiri ialah sebuah tanaman terna semak yang memiliki batang beruas dan berwarna kecokelatan. Selain itu, daun krokot juga bersifat tunggal, berwarna hijau dan berbentuk bulat telur.

vitamin burung

Berbicara mengenai daun krokot, saat ini sudah terdapat cukup banyak kicaumania khususnya para senior yang memanfaatkan tanaman tersebut sebagai pakan tambahan untuk Kenari. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana yang mengeluhkan bahwa mereka kebingungan mengenai bagaimana cara pemberiannya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memberikan daun krokot sebagai pakan tambahan untuk Kenari kesayangan di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana caranya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat daun krokot untuk Kenari dilengkapi tata cara pemberiannya.

Kandungan Daun Krokot

Kandungan Daun Krokot

Sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat daun krokot untuk Kenari lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Namun, perlu diingat bahwa daun krokot sebenarnya tidak hanya mengandung gizi dan nutrisi saja, tetapi terdapat juga beberapa kandungan kimia.

Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa daftar kandungan gizi, nutrisi hingga kimia di dalam daun krokot.

1. Kandungan Gizi

  • Aneka jenis mineral.
  • Asam amino.
  • Vitamin A.
  • Kalsium.
  • Asam linolenat.
  • Niacin.
  • Karotenoid.
  • Pydoxine.
  • Riboflavin.
  • Vitamin B Kompleks.

2. Kandungan Kimia

  • Dopa.
  • Tanin.
  • Noradrenalin.
  • Acid.
  • I-noadrenalin.
  • Nicotin Acid.
  • Vitamin A, B, C.
  • Saponin.
  • KNO3.
  • KCI.
  • KSO4.

Manfaat Daun Krokot Untuk Kenari

Manfaat Daun Krokot Untuk Burung Kenari

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang memanfaatkan daun krokot untuk Kenari yaitu karena sejumlah kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah manfaat daun krokot untuk semua jenis burung Kenari berikut ini.

1. Meningkatkan Durasi Kerja Kenari

Manfaat daun krokot untuk Kenari pertama yaitu mampu meningkatkan durasi kinerjanya di lapangan. Dengan kata lain, khasiat daun krokot ini akan sangat terasa ketika pemilik memberikannya pada saat burung Kenari hendak mengikuti sebuah perlombaan ataupun kontes.

2. Membuat Kenari Semakin Gacor

Masih berhubungan dengan poin pertama, kandungan gizi dan nutrisi di dalam daun krokot juga sangat bermanfaat untuk membuat Kenari semakin gacor. Hampir sama seperti halnya pembahasan mengenai daun yang membuat Lovebird gacor, daun krokot juga ternyata mampu membuat Kenari semakin gacor.

3. Menambah Power Kenari

Menambah power burung juga termasuk ke dalam salah satu manfaat daun Krokot untuk Kenari. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya daun krokot sendiri mengandung beraneka jenis mineral yang pastinya akan menunjang power suaranya. Terlebih lagi jika diberikan secara rutin, maka akan membuat Kenari semakin gacor dan ngeplong.

4. Mengatasi Kenari Cacingan

Sebelumnya sebenarnya sudah dijelaskan bahwa daun krokot dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit burung kicau, salah satunya yaitu cacingan. Nah, ternyata sudah terdapat cukup banyak orang yang membuktikan bahwa daun krokot bisa dimanfaatkan untuk mengatasi Kenari cacingan.

Cara Pemberian Daun Krokot Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa manfaat daun krokot untuk Kenari berdasarkan kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Kurang lengkap rasanya apabila sudah mengetahui sejumlah khasiat daun krokot untuk Kenari, akan tetapi tidak mengerti bagaimana tata cara pemberiannya.

Untuk saat ini, tata cara pemberian daun krokot untuk Kenari sebenarnya dapat dilakukan melalui beberapa metode, entah itu secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik pembahasan mengenai tata cara hingga waktu ideal pemberian daun krokot untuk Kenari di bawah ini.

  1. Daun dan batang krokot dibersihkan, kemudian digantung pada sela-sela jeruji sangkar Kenari.
  2. Daun krokot dikeringkan di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering, lalu giling dengan blender untuk dijadikan tepung krokot.

Waktu ideal pemberian krokot untuk Kenari sebenarnya sama saja seperti halnya jenis pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) pada umumnya. Namun, perlu diingat bahwa pemberian daun krokot untuk Kenari sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering, supaya terhindar dari efek negatif yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat daun krokot untuk Kenari semua jenis dilengkapi dengan tata cara hingga waktu ideal pemberiannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memberikan daun krokot sebagai pakan tambahan bagi Kenari kesayangan di rumah.

Sumber gambar : sehaq.com, goldenfeatheredaviary.com

Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.