Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

6 Manfaat Daun Bayam Untuk Kenari : Cara & Waktu Pemberian

Manfaat Daun Bayam Untuk Kenari
Advertisements

Manfaat Daun Bayam Untuk Kenari – Memelihara burung kicauan seperti Kenari tidak hanya dari segi pola perawatan hariannya saja, namun juga perlu dilakukan dari aspek pemberian pakannya. Dimana Kenari sendiri sudah cukup terkenal sebagai salah satu jenis burung pemakan makanan biji-bijian seperti millet, biji sawi, biji selada, biji lobak dan lain sebagainya.

Meskipun gemar memakan makanan biji-bijian, ternyata Kenari juga sangat suka dengan pakan jenis lainnya seperti buah-buahan hingga sayur-sayuran. Biasanya pakan seperti buah dan sayuran ini diberikan untuk Kenari sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) untuk meningkatkan kualitas dan performanya.

Advertisements

Salah satu jenis sayuran yang kerap dijadikan sebagai pakan tambahan Kenari oleh para pemiliknya yaitu daun bayam. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya daun bayam sendiri memiliki segudang kandungan nutrisi bergizi yang pastinya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuhnya.

Nah, jika diantara kalian berencana memberikan daun bayam untuk Kenari, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas apa saja manfaat daun bayam untuk Kenari dilengkapi dengan cara hingga waktu ideal pemberiannya.

Kandungan Nutrisi Daun Bayam

Kandungan Nutrisi Daun Bayam

Seperti dijelaskan di atas, daun bayam memiliki cukup banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi beberapa jenis burung peliharaan, termasuk Kenari. Sebagai bahan pertimbangan sebelum pembahasan poin utama mengenai manfaat daun bayam untuk Kenari berlanjut, berikut kami berikan beberapa kandungan nutrisi di dalam sayuran tersebut.

  • Karbohidrat.
  • Kalsium.
  • Protein.
  • Zat besi.
  • Vitamin A.
  • Vitamin B.
  • Vitamin C.
  • Vitamin K.
  • Magnesium.
  • Phosphor.
  • Mangan.
  • Kalium.
  • Seng.
  • Zat besi.

Manfaat Daun Bayam Untuk Kenari

Manfaat Daun Bayam Untuk Burung Kenari
Advertisements

Dengan melihat segudang nutrisi di dalamnya, daun bayam tidak hanya dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh manusia saja, namun juga untuk satwa seperti burung Kenari. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah manfaat daun bayam untuk Kenari di bawah ini, baik itu Kenari jantan maupun betina.

Advertisements

1. Mengembalikan Tenaga Kenari

Manfaat daun bayam pertama yaitu untuk mengembalikan tenaga Kenari seperti semula. Artinya, daun bayam sangat cocok diberikan untuk Kenari setelah mereka selesai mengikuti kontes maupun perlombaan. Hal tersebut dikarenakan daun bayam memiliki kandungan karbohidrat dan protein sehingga bisa memulihkan tenaga kenari.

2. Memperkuat Tulang Tubuh Kenari

Kemudian daun bayam juga bermanfaat untuk memperkuat tulang tubuh burung kenari, hampir sama seperti halnya manfaat sayur brokoli. Seperti dijelaskan sebelumnya, daun bayam memiliki kandungan kalsium cukup tinggi yang mampu menjaga kesehatan tulang tubuh Kenari tetap kuat.

3. Melancarkan Pencernaan Kenari

Daun bayam juga sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan Kenari. Mungkin memperlancar sistem pencernaan dapat dilakukan dengan memberikan tulang sotong untuk Kenari. Namun, seperti diketahui bahwa tulang sotong memiliki struktur cukup keras, tidak seperti daun bayam yang lunak.

4. Meningkatkan Daya Ingat Kenari

Manfaat daun bayam untuk Kenari selanjutnya yaitu mampu meningkatkan daya ingat atau memori burung. Jika daya ingatnya sangat baik, maka kemungkinan besar Kenari bisa mengeluarkan semua suara isian kicauannya. Hal tersebut juga pastinya bisa membuat Kenari semakin gacor siang malam.

5. Meningkatkan Kemampuan Penglihatan Kenari

Daun bayam memiliki kandungan atau khasiat vitamin A yang sangat penting untuk organ penglihatan, pertumbuhan tubuh, kesehatan reproduksi hingga sistem kekebalan tubuh Kenari. Maka dari itu, supaya kemampuan penglihatan Kenari tetap terjaga, cobalah berikan daun bayam secara rutin sesuai porsinya.

6. Menjaga Stamina Kenari

Manfaat terakhir daun bayam yaitu untuk menjaga stamina Kenari supaya tetap stabil dan prima seperti biasanya. Bahkan pemberian daun bayam sangat cocok dilakukan pada saat Kenari akan ataupun selesai mengikuti perlombaan. Pasalnya, supaya Kenari bisa mengeluarkan performa terbaiknya, maka harus diimbangi dengan stamina yang prima.

Cara Pemberian Daun Bayam Untuk Kenari

Setelah mengetahui apa saja manfaat daun bayam untuk Kenari, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara hingga waktu ideal pemberiannya. Mungkin pemberian daun bayam hampir sama seperti saat kalian memberikan sawi putih untuk Kenari sebagai pakan tambahan.

Kalian hanya perlu mempersiapkan daun bayam segar, kemudian cuci menggunakan air sampai bersih supaya terhindar dari zat racun seperti pestisida. Setelah daun bayam dibersihkan, silahkan gantungkan secara langsung di dalam sangkar atau kandang burung Kenari.

Karena daun bayam termasuk ke dalam pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) bagi Kenari, maka saran kami sebaiknya porsi pemberiannya dilakukan hanya sebanyak 3 kali seminggu. Sebab, jika porsi pemberian daun bayam berlebihan, maka bisa menimbulkan efek samping negatif untuk Kenari.

Efek Samping Daun Bayam Untuk Kenari

Di atas sudah dijelaskan bahwa pemberian daun bayam untuk Kenari secara berlebihan bisa berakibat buruk bagi kondisi kesehatannya. Dimana salah satu efek samping negatif pemberian daun bayam berlebihan yaitu bisa membuat Kenari mengalami gangguan pencernaan seperti diare.

Pasalnya daun bayam sendiri termasuk ke dalam sayuran berserat tinggi sehingga bisa membuat Kenari mengalami gangguan pencernaan. Selain itu, jika saat pemberian daun bayam untuk Kenari namun mereka memberikan reaksi tidak suka, sebaiknya segera hentikan. Sebab, kemungkinan besar daun bayam bisa menyebabkan reaksi alergi.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa daun bayam sebagai salah satu jenis sayuran berserat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Kenari. Akan tetapi, pastikan porsi pemberian daun bayam untuk Kenari tidak berlebihan, karena bisa menimbulkan efek samping negatif pada kesehatannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Birdsny.com seputar manfaat daun bayam untuk Kenari dilengkapi dengan cara dan waktu ideal pemberian hingga efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memberikan daun bayam untuk Kenari kesayangan.

Advertisements
Hidayat Seorang yang suka dengan dunia burung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.